Model Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

  • Elida Mahriani Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
Keywords: Model Bisnis, Pandemi, Covid-19

Abstract

Pandemi covid-19 merupakan wabah yang tidak hanya dirasakan Indonesia saja tetapi juga berbagai negara yang ada di dunia, dengan beberapa bulan saja wabah ini mematikan berbagai sektor kehidupan manusia termasuk sektor perekonomian, yang merupakan elemen penting untuk berkontribusi sebagai sarana  pemasukan suatu negara.

Penelitian ini berupaya untuk mendeskripsikan bagaimana Model Bisnis yang dilakukan oleh masyarakat pada masa pendemi covid-19 dalam mempertahankan bisnisnya. Agar perekonomian tetap baik walaupun dengan pola penjualan yang berbeda dari sebelumnya.

Penelitian ini merupakan penelitian etnografi yaitu penelitian dengan analisis yang mendalam dari kelompok sosial, datanya biasa dikumpulkan melalui observasi dan dokumen, adapun jenis penelitian ini terfokus pada membangun catatan perilaku dan kepercayaan dari kelompok dari waktu ke waktu, dengan menggunakanpendekatankualitatif.Sedangkan metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, teknikpengumpulandata dalam penelitian ini menggunakan yaitu observasi dan studidokumentasi.

 Hasilpenelitianinimenunjukan bahwa pada masa pendemi covid-19 ini model bisnis yang di lakukan oleh masyarakat Indonesia lebih banyak menggunakan teknologi digital dengan memanfaatkan media sosial yang sangat efektif dalam memasarkan produknya kepada para konsumen dan kebijakan pemerintah dengan menerbitkan POJK Nomor 11/POJK.03/2020 tentang stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Elida Mahriani, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

References

Ariyadi, A. (2018). Bisnis Dalam Islam. Jurnal Hadratul Madaniyah, 5(1), 13-26.
Badroen Faisal, 2007, Etika Bisnis dalam Islam, Jakarta: Kencana
J. Moleong, Lexy., 2013, Metode penelitian kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarja
Kasali Renald, dkk, 2009, Manual untuk Instruktur; Modul Wirausaha untuk Program Starata 1, Bekasi: Yayasan Rumah Perubahan.
Manulang M, 2002, Pengantar Bisnis, Yogyakarta: Gadjah Mada University Pers.
Sukirno Sadono, dkk, 2005, Pengantar Bisnis edisi Pertama, Jakarta: Prenada Perdana Group
Published
2020-06-02
How to Cite
Mahriani, E. (2020). Model Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Hadratul Madaniyah, 7(1), 9-14. https://doi.org/10.33084/jhm.v7i1.1596