PENINGKATAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL MENGGUNAKAN METODE RESITASI BERBANTUAN MEDIA POWER POINT DI SMKN 2 KOTA KASONGAN

Main Article Content

Andi Muhadi
Chandra Anugrah Putra
Suriansyah Suriansyah

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Aktivitas pembelajaran peserta didik SMKN 2 Kasongan yang menggunakan metode Resitasi dan media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas pembelajaran menjadi sangat baik. Hal tersebut terlihat pada siklus I dengan skor rata-rata 67,74 dengan kategori cukup baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,58 dengan kategori baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar simulasi dan komunikasi digital dengan menggunakan metode resitasi berbantuan media Power Point. Hal tersebut di peroleh dari skor rata-rata peserta didik pada soal pre-test adalah 57,7 dengan nilai klasikal 22,6%, setelah itu di lakukan tindakan siklus I dengan nilai rata rata peserta didik meningkat menjadi 68,75% kemudian pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 72,68 dengan presentasi ketuntasan klasikal 87,50%. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Muhadi, A., Putra, C. A., & Suriansyah, S. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL MENGGUNAKAN METODE RESITASI BERBANTUAN MEDIA POWER POINT DI SMKN 2 KOTA KASONGAN. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 9(1), 9–14. https://doi.org/10.33084/bitnet.v9i1.7129
Section
Articles

References

Anang Nugroho, 2015, Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu.

Arikunto S, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : PT Bumi Aksara.

Azhar Arsyad, 1997, Media Pengajaran, Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Cahyawati, 2015, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis

Macromedia Flash 8 Standar Kompetensi Menangani Surat/Dokumen Kantor

Pada Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK

Muhammadiyah 1 Wates, Yogyakarta : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Diplan dan Setiawan, M Andi. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish.

Djamarah Syaiful Bahri, 2019, Guru dan Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Everett M. Rogers and F. Floyd Shoemaker, 1971, Communication of Innovations: A Cross-Cultural Approach. New York: The Free Press.

Hasan Basri, 2013, Landasan Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia.

Udin Syaefudin Sa’ud , 2015, Perencanaan Pendidikan Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>