PENERAPAN KAIDAH RUKHSHAH PADA KASUS HUKUM KELUARGA

Authors

  • Norcahyono Norcahyono Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jhm.v8i1.2439

Keywords:

Kaidah, rukhshah, hukum, keluarga

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran yang menganggap rukhshah sebagai keringanan mutlak yang diberikan syariat tanpa memperhatikan beberapa syarat dan kaidah-kaidah yang dibenarkan. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk mengungkap hakikat rukhshah dan penerapannya pada kasus hukum keluarga menggunakan metode deskriptif-analitik. Berdasarkan fokus masalah penelitian ini menghasilkan tiga hal: (1) Hakekat rukhshah adalah keringanan-keringanan yang telah diberikan syariat islam sebagai bentuk keringanan dalam melaksanakan syariat islam berdasarkan kondisi atau syarat yang dibenarkan, bukan  untuk tujuan melakukan perbuatan maksiat. (2) Kaidah pokok dari kaidah الرخص لا تناط بالمعاصي adalah المشقة تجلب التيسر. (3) Penerapan kaidah الرخص لا تناط بالمعاصي, pada kasus hukum keluarga akan membantu para Mukallaf bersikap lebih bijak dan bertanggungjawab ketika mengambil rukhshah sebagai bentuk keringanan yang diberikan syariat, bukan untuk tujuan mendhalimi dan maksiat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Norcahyono Norcahyono, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abu Zahrah, Muhammad. Ushul Fiqh, cet, 11. (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2008).
Ibn Bakr al-Suyuti, Jalal al-Din ‘Abd al-Rahman. Al-Asybāh wa al-Nazāhir (Beirut: Dār Kitab al-‘Arabi, 1987).
al-Zuhaili, Wahbah. Nazharriyyah al-daruurah al-Syar’iyyah Muqaaranah ma’a al-qanuun al-Wad’i (Damaskus: Maktabah al-Farābi, 1982).
Ariyadi, Ariyadi. "Metodologi Istinbath Hukum Prof. Dr. Wahbah Az Zuhaili." Jurnal Hadratul Madaniyah 4.1 (2017): 32-39.
Ariyadi, Ariyadi. "Tindak Pidana Pelaku Eksploitasi Seksual Pada Anak Di Tinjau Dari Hukum Positif." Jurnal Hadratul Madaniyah 5.2 (2018): 73-88.
Ariyadi, Ariyadi. "Tindak Pidana Pelaku Eksploitasi Seksual pada Anak Menurut Hukum Islam." Jurnal Hadratul Madaniyah 6.1 (2019): 43-67.
Ash-Shiddieqy, Hasbi. Falsafah Hukum Islam (Cet.IV; Jakarta: PT.Bulan Bintang, 1990).
As-Subki, al-Asybaah wa an-Nadhaair (Beirut: Daar al-Kutuub al-Ilmiyah, 1991).
az-Zuhaili, Wahbah. Ushuul al-Fiqh al-Islami, (Damaskus: Daar al-Fikr, 2005).
az-Zuhailii, Wahbah. al-Fiqh al-Islaami wa Adillatuh, (Damaskus: Daar al-Fikr, 1985).
Djazuli, A. Kaidah-kaidah Fikih, Kaidah-kaidah Hukum Islam dalam Menyelesaikan Masalah-masalah yang Praktis, Jakarta : Kencana, 2007.
Kementerian Agama Republik Indonesia, Al-Qur'an dan Terjemahannya (disertai tema penjelas kandungan ayat), cet. 1, (Jakarta: CV. EL MISYKAAH, 2015).
Khallaf, Abd. Wahab, Ilmu Usul Fiqh, (Dar Al-Qalam, Kuwait, tt.).
Musbikin, Imam. Qawaa’id al-Fiqhiyyah (Cet.I; Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2001).
Mubarok, Jaih. Kaidah Fiqih, Sejarah dan Kaidah asasi (Cet.I; Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2001).

Downloads

Published

2021-06-09

How to Cite

Norcahyono, N. (2021). PENERAPAN KAIDAH RUKHSHAH PADA KASUS HUKUM KELUARGA. Jurnal Hadratul Madaniyah, 8(1), 40–51. https://doi.org/10.33084/jhm.v8i1.2439