STRATEGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PERSPEKTIF ZAKIAH DARADJAT
DOI:
https://doi.org/10.33084/jhm.v8i2.3084Keywords:
Strategi, Pendidikan islam, Zakiah Drajat, Sumber daya, ManusiaAbstract
Realitas Pendidikan Islam saat ini bisa dibilang telah mengalami masa intellectual deadlock. Hal tersebut terjadi karena akibat dari minimnya upaya pembaharuan dan praktek pendidikan Islam sejauh ini masih memelihara warisan yang lama dan tidak banyak melakukan pemikiran kreatif, inovatif dan kritis terhadap isu-isu aktual. Selain itu, model pembelajaran pendidikan Islam terlalu menekankan pada pendekatan intelektualisme-verbalistik dan menegasikan pentingnya interaksi edukatif dan komunikasi humanistik antara guru-murid. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kepustakaan (library research). Data-data yang dikumpulkan berasal dari tulisan-tulisan Zakiah Daradjat sebagai data utama (primer) dan sumber-sumber lainnya yang relevan dengan pembahasan sebagai data sekunder, baik itu berupa buku, majalah, artikel, makalah, hasil-hasil penelitian ataupun buletin yang ada kaitannya dengan penelitian ini.
Dari hasil penelitian pemikiran Zakiah Daradjat tentang strategi pendidikan Islam dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), dapat di sederhanakan menjadi :Pertama, Konsep Strategi pendidikan Islam menurut Zakiah Daradjat untuk meningkatkan kualitas SDM terdiri dari dua model, yaitu strategi pendidikan yang bersifat makro dan strategi pendidikan yang bersifat mikro. Kedua, Manusia merupakan makhluk yang memiliki kemampuan istimewa di antara makhluk lainnya. Agar umat islam berperan aktif dan survive di era globaliasasi, Menpunyai keterampilan untuk melaksanakan peranan kemasyarakatan dengan baik, dan berakhlak mulia. dalam bidang sokial, politik, dan kemajuan iptek. Ketiga, Starategi pendidikan Islam yang digagas Zakiah Daradjat ,Potensi-potensi yang diberikan kepada manusia pada dasarnya merupakan petunjuk (hidayah) Allah yang diperuntukkan bagi manusia supaya ia dapat melakukan sikap hidup yang serasi dengan hakekat penciptaannya.
Downloads
References
Arifin, Muhammad, Ilmu Pendidikan Islam : Tinjauan Teoritis Dan Praktik Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta, Bumi Aksara, 2014
Daradjat, Zakiah, Islam dan Kesehatan Mental, Jakarta, Gunung Agung, 1982
_____________, Perawatan Jiwa Untuk Anak,Jakarta :Bulan Bintang ,1973
______________, Kesehatan Mental, Jakarta, Gunung Agung, 1983
______________, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta, Bumi Aksara, 1995
______________, Pendidikan Agama Dalam Pembinaan Mental,Jakarta : Bulan Bintang, 1975
______________, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta, Ruhana, 1995
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 2002
Fattah, Nanang, Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan, Bandung, Remaja Rosda Karya, 2001
Jaelani, Dian Iskandar, 2015, Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia: Konsep Dan Strategi Implementatif, Jurnal Pendidikan Islam Edukasi, Vol. 3 No. 2, STAI Muhammadiyah Tulungagung
Latif, Abdul, Pengembangan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas Menghadapi Era Pasar Bebas, Jakarta, DPP HIPPI, 1996
Ma’zumi, Syihabudin, dan Najmudin, Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Sunnah : Kajian Atas Istilah Tarbiyah, Taklim, Tadris, Ta’dib dan Tazkiyah, Jurnal Tarbawy, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Vol. 6 No.2, 2019.
Mujib, Abdul dan Yusuf Mudzakir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kencana Prenada Media, 2006
Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta, Logos Wacana Ilmu, 2001.
Nata, Abuddin, Tokoh-Tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2005
Nurvita Octaviani , 2011, Konsep Pendidikan Islam Perspektif Abdul Malik Fadjar, Skripsi, Fakultas, Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel, Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Agama Islam : Surabaya
Pamungkas, Sri Bintang, Dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dan IPTEK Mengatasi Kemiskinan, Mencapai Kemandirian, Jakarta, Seminar dan Sarasehan Teknologi, 1993
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia, 2008.
Resya Oktavia, 2017, Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Muhaimin, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Raden Intan Lampung.
Suyuthi, Ahmad, Ta’dib Sebagai Upaya Rekonstruksi Pendidikan Islam Perspektif Syed Naquib Al-Attas Jurnal Al Hikmah, Volume 1, No. 2, 2011
Suharsimi, Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta,
Ramdhani, M. T., & Istiqlaliyah, I. (2018). Manajemen Pembelajaran di MIS Hidayatul Insan Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(2), 125-129.
Ramdhani, M. T., Lastaria, L., & Ariyadi, A. (2019). Pembelajaran Ekonomi dalam Islam pada Materi Mudharabah di Pondok Pesantren. Anterior Jurnal, 19(1), 32-40.
Ramdhani, M. T., LASTARIA, L., & ARIYADI, A. (2020, September). PEMBELAJARAN EKONOMI DALAM ISLAM PADA MATERI SYIRKAH DI PONDOK PESANTREN. In Proceeding Antasari International Conference (Vol. 1, No. 1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.