PENGARUH ALAT PERAGA CALISTUNG TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA SD
THE INFLUENCE OF CALISTUNG TOOLS ON THE LEVEL OF UNDERSTANDING OF ELEMENTARY STUDENTS
DOI:
https://doi.org/10.33084/jhm.v10i1.5403Keywords:
Calistung, Alat Peraga, Pemahaman, SiswaAbstract
Pendidikan sekolah dasar merupakan pendidikan yang didapatkan anak sejak usia 7 tahun. Anak-anak yang masuk pada jenjang ini masih belum memiliki kemampuan dan kesiapan dalam menerima materi. Yang mereka tahu hanyalah bermain dan kegiatan menyenangkan lainnya. Calistung memiliki kepanjangan baca, tulis, dan hitung dimana anak akan diajarkan membaca, menulis, dan menghitung. Masalah yang ingin dicarikan solusi yaitu bagaimana metode efektif untuk menaikkan kapabilitas calistung pada siswa sekolah dasar. Tujuan peneltian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan calistung pada siswa kelas 4 SD Negeri 2 Kereng Bangkirai Tahun Pelajaran 2022/2023.
Downloads
References
Amalina, A. (2020). Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19 Tahun 2020. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 538. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.592
Depdiknas. (2000). Permainan Membaca dan Menulis di Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas
Hamalik, O.(1994). Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bhakti.
Juwairiah. (2013). Alat Peraga dan Media Pembelajaran Kimia. Stikip Bina Bangsa Getsempena. 4(1), 1-13.
Kuntarto. (2013). Pembelajaran Calistung. Jambi: Program Studi PGSD FKIP Universitas Jambi.
Musfiroh,T. (2005). Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas.
Romianto, Rita Rahmaniati dan A'am Rifaldi Khunaifi. (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Audio Visual Di SDN-4 Pahandut. Jurnal Hadratul Madaniyah, 8(1), 64-72.
Saniah, U.(2019). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Metode Jarimatika Pada Materi Mengurutkan Bilangan Pada Siswa Kelas Iii Sdn 5 Madurejo Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Hadratul Madaniyah, 6(2), 67-77.
Susilawati. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada KD 3.6 Menjelaskan dan Menemukan Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana (Kubus Dan Balok) Melalui Penggunaan Media Benda Konkret di Kelas V SD Negeri 5 Madurejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Hadratul Madaniyah, 6(2), 35-43.
Yuce. (2019). Pembelajaran Penjumlahan Pecahan Penyebut Berbeda Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kumai Hilir Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Hadratul Madaniyah, 6(2), 78-86.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rospala Hanisah Yukti Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.