IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHSINUL QUR’AN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KECAMATAN AMUNTAI UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
DOI:
https://doi.org/10.33084/jhm.v11i2.9111Keywords:
Implementasi, pembelajaran, tahsinul, Al Qur'anAbstract
Penghafal belum mampu membaca apalagi belum menguasai tajwidnya akan kesulitan didalam menghafalkan Al Qur’an. Diantara berkembangnya ilmu - ilmu pengetahuan beserta majunya teknologi bahkan mungkin timbul usaha manipulasi serta pengubahan isi dalam segala bentuk ataupun redaksi oleh para orang kafir. Metode metode pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah penelitian yang dimaksudkan guna menangkap kejadian mengenai segala sesuatu yang dialami oleh pokok penelitian misalnya persepsi, perilaku dan lainnya, penelitian ini bertempat Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Amuntai Utara. Hasil Peneliti menunjukan bahwa dalam implementasi yang dilakukan telah dilakukan dengan cara yang sebaik mungkin dengan 1 jam pembelajaran tahfizh. Akan tetapi masaih ada kendala karena masih kurangnya Tingkat membaca al qur’an pada anak-anak zaman sekarang. bisa dilakukan dengan pengembangan metode maupun strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas bacaan siswa sesuai dengan tajwidnya. Serta membuat target tujuan yang ingin dicapai setiap tahunnya.
Downloads
References
Aditya Nova Nugraha. (2024). Implementasi Program Klinik Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Melalui Metode Tahsinul Qur’an di MAN 1 Sukabumi. Bandung Conference Series: Islamic Education, 4(1). https://doi.org/10.29313/bcsied.v4i1.12375
Hardani et al. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In LP2M UST Jogja (Issue March).
Himalul Mawaddah, A., & Surur, S. (2023). PENERAPAN TAHSINUL QIRA’AH DENGAN METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN KITAB MATAN JAZARIYAH (Studi Kasus di Pondok Pesantren Izzatul Qur’an Kayangan Jombang). Education, Learning, and Islamic Journal, 5(2). https://doi.org/10.33752/el-islam.v5i2.5145
Karmila, W., & Tarmana, U. (2021). PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI MELALUI PROGRAM BPI (BINA PRIBADI ISLAM) DI SMPIT AL KHOIRIYAH GARUT. Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal, 6(1). https://doi.org/10.51729/6133
Ramdhani, M. T., Ariyadi, S., & Lastaria, M. P. PEMBELAJARAN EKONOMI ISLAM PADA PONDOK PESANTREN. Penerbit K-Media.
Rosita, M. (2016). MEMBENTUK KARAKTER SISWA MELALUI METODE KISAH QURANI. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(1). https://doi.org/10.24952/fitrah.v2i1.455
Suryani, L., Anwar, K., & Majir, A. (2022). Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik melalui Program Pembinaan Pribadi Islami. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.549
Syarif, A., Ariyadi, A., Mazrur, M., & Erawati, D. (2023). Strategi manajemen mutu sekolah melalui fungsi pengorganisasian di SMP Islam terpadu Al-Ghazali Modern School Palangka Raya. Jurnal Hadratul Madaniyah, 10(1), 1-10.
V.A.R.Barao, R.C.Coata, J.A.Shibli, M.Bertolini, & J.G.S.Souza. (2022). STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TAHSINUL QIRO’AH DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) DESA PARANGJORO. Braz Dent J., 33(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agus Diannor, Fatimatul Zahra, Rosa Bella Napitupullu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.