IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHSINUL QUR’AN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KECAMATAN AMUNTAI UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Authors

  • Agus Diannor STAI RAKHA AMUNTAI
  • Fatimatul Zahra Sekolah Tinggi Agama Ismal (STAI) Rasyidiyah Khalidiyah (RAKHA) Amuntai
  • Rosa Bella Napitupullu Sekolah Tinggi Agama Ismal (STAI) Rasyidiyah Khalidiyah (RAKHA) Amuntai

DOI:

https://doi.org/10.33084/jhm.v11i2.9111

Keywords:

Implementasi, pembelajaran, tahsinul, Al Qur'an

Abstract

Penghafal belum mampu membaca apalagi belum menguasai tajwidnya akan kesulitan didalam menghafalkan Al Qur’an. Diantara berkembangnya ilmu - ilmu pengetahuan beserta majunya teknologi bahkan mungkin timbul usaha manipulasi serta pengubahan isi dalam segala bentuk ataupun redaksi oleh para orang kafir. Metode metode pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah penelitian yang dimaksudkan guna menangkap kejadian mengenai segala sesuatu yang dialami oleh pokok penelitian misalnya persepsi, perilaku dan lainnya, penelitian ini bertempat Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Amuntai Utara. Hasil Peneliti menunjukan bahwa dalam implementasi yang dilakukan telah dilakukan dengan cara yang sebaik mungkin dengan 1 jam pembelajaran tahfizh. Akan tetapi masaih ada kendala karena masih kurangnya Tingkat membaca al qur’an pada anak-anak zaman sekarang.  bisa dilakukan dengan pengembangan metode maupun strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas bacaan siswa sesuai dengan tajwidnya. Serta membuat target tujuan yang ingin dicapai setiap tahunnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya Nova Nugraha. (2024). Implementasi Program Klinik Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Melalui Metode Tahsinul Qur’an di MAN 1 Sukabumi. Bandung Conference Series: Islamic Education, 4(1). https://doi.org/10.29313/bcsied.v4i1.12375

Hardani et al. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In LP2M UST Jogja (Issue March).

Himalul Mawaddah, A., & Surur, S. (2023). PENERAPAN TAHSINUL QIRA’AH DENGAN METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN KITAB MATAN JAZARIYAH (Studi Kasus di Pondok Pesantren Izzatul Qur’an Kayangan Jombang). Education, Learning, and Islamic Journal, 5(2). https://doi.org/10.33752/el-islam.v5i2.5145

Karmila, W., & Tarmana, U. (2021). PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI MELALUI PROGRAM BPI (BINA PRIBADI ISLAM) DI SMPIT AL KHOIRIYAH GARUT. Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal, 6(1). https://doi.org/10.51729/6133

Ramdhani, M. T., Ariyadi, S., & Lastaria, M. P. PEMBELAJARAN EKONOMI ISLAM PADA PONDOK PESANTREN. Penerbit K-Media.

Rosita, M. (2016). MEMBENTUK KARAKTER SISWA MELALUI METODE KISAH QURANI. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(1). https://doi.org/10.24952/fitrah.v2i1.455

Suryani, L., Anwar, K., & Majir, A. (2022). Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik melalui Program Pembinaan Pribadi Islami. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.549

Syarif, A., Ariyadi, A., Mazrur, M., & Erawati, D. (2023). Strategi manajemen mutu sekolah melalui fungsi pengorganisasian di SMP Islam terpadu Al-Ghazali Modern School Palangka Raya. Jurnal Hadratul Madaniyah, 10(1), 1-10.

V.A.R.Barao, R.C.Coata, J.A.Shibli, M.Bertolini, & J.G.S.Souza. (2022). STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TAHSINUL QIRO’AH DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) DESA PARANGJORO. Braz Dent J., 33(1).

Downloads

Published

2025-01-08

How to Cite

Diannor, A., Zahra, F., & Napitupullu, R. B. (2025). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHSINUL QUR’AN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KECAMATAN AMUNTAI UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. Jurnal Hadratul Madaniyah, 11(2), 56–62. https://doi.org/10.33084/jhm.v11i2.9111