Aplikasi Cuci Mobil Abc Berbasis Web Mobile
DOI:
https://doi.org/10.33084/jsakti.v2i1.1159Keywords:
Aplikasi, Cuci Mobil, Web MobileAbstract
Mengantri merupakan salah satu fenomena yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan sering ditemui dalam fasilitas pelayanan umum. Antrian akan terjadi bila banyak pelanggan yang dilayani melebihi kapasitas layanan yang tersedia. Antrian sering dijumpai di fasilitas-fasilitas umum seperti tempat pengisian bahan bakar, supermarket, bank, anjungan tunai mandiri dan fasilitas umum lainnya tidak terkecuali tempat pencucian mobil. Meningkatnya jumlah kendaraan roda dua dan roda empat menyebabkan meningkatnya permintaan jasa pencucian mobil atau motor. Hal ini tentu saja mempengaruhi persaingan bisnis dalam bisnis ini salah satunya tentu saja dengan meningkatkan layanan pelanggan dalan hal antrian sehingga pelanggan tidak terlalu menunggu lama atau setidaknya ada kemudahan dalam proses mencuci mobilnya dimana antrian dapat diakses melalui smartphone. Metode – metode penulisan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode pengumpulan data (metode kepustakaan, metode dokumentasi, dan metode eksperimen) dan metode pengembangan sistem. Pada penelitian ini telah berhasil diimplementasikan sebuah aplikasi cuci mobil ABC berbasis web mobile dengan menggunakan bahasa pemrograman php dan database yang digunakan berbasis Struktured Query Language (SQL) yaitu MySQL dengan nama carwash.sql dengan 5 (lima) buah tabel. penulis menerapkan metode pengembangan perangkat lunak waterfall.
Downloads
References
Abdurahman, M. 2016. “Sistem Informasi Jadwal Perkuliahan Berbasis Web Mobile pada Politeknik Sains dan Teknologi Wiratama Maluku Utara”. Indonesian Journal on Networking and Security - Volume 5 No 2 – Mei 2016.
Bassil, Y., 2012. “A Simulation Model For the Waterfall Software Development Life Cycle”. Int. J. Eng. Tecnol Computech & Bisnis, Vol. 2, No. 5, pp.2049-3444.
Fadlillah, M., P., N. 2017. “Sistem Antrian pada Pelayanan Customer Servis PT. Bank X”. Jurnal Gaussian, Volume 6, Nomor 1, Tahun 2017, Halaman 71-80.
Ganevi dan Wardati. 2013. “Pembuatan Sistem Antrian Pelayanan Masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pacitan”. Indonesian Jurnal on Computer Science Speed (IJCSS) 19 FTI UNSA Vol 11 No 2 – Mei 2013 - ijcss.unsa.ac.id.
Ichsan, M., Qamaruzzaman, M, H., Rahmadianur, M, A., 2019. “Rancang Bangun Permainan Misi Panglima Batur Menggunakan Engine Scirra Construct 2”. Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi. Vol 1 Issue 2 e-ISSN 2655-7460.
https://doi.org/10.33084/jsakti.v1i2.870.
Kimmel, P. 2015. “UML Demystified”. McGraw-Hill Education. Los Angeles.
Mayangsari, Y., dan Pratiwi. 2016. “Sistem Antrian Teller Bank Mandiri Sebagai Upaya Meningkatkan Efiensi Kecepatan Transaksi”. Indonesian Jurnal Ekonomi & Bisnis, Hal 49 – 60 Vol 1 No 1.
Sam’ani. Annisa, S., Heri., 2018. “Rancang Bangun Aplikasi Pengawasan Dan Pengendalian Komputer Laboratorium Multimedia STMIK Palangkaraya”. Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi. Vol 1 Issue 1 e-ISSN 2655-7460.
https://doi.org/10.33084/jsakti.v1i1.548
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.