Rancang Bangun Permainan Misi Panglima Batur Menggunakan Engine Scirra Construct 2
DOI:
https://doi.org/10.33084/jsakti.v1i2.870Keywords:
Game Adventure, Scirra Construct 2, Panglima BaturAbstract
Banyak game bermunculan yang dikembangkan oleh perorangan ataupun organisasi, dengan adanya sosial media facebook game didalamnya juga berhasil membius para pecinta game mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana membuat sebuah game facebook dengan menggunakan tokoh Panglima Batur sebagai karakter utamanya yang bertujuan untuk mengangkat nama tokoh dari Panglima Batur itu sendiri. Game ini merupakan game berbasis web yang dibuat menggunakan game engine Scirra Construct 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pengembangan multimedia yang terdiri dari 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting dan assembly. Hasil penelitian ini adalah sebuah Game Facebook bertipe adventure dengan mengangkat tokoh Panglima Batur sebagai karakter utama nya dan dikombinasikan dengan musik latar serta karakter musuh pada setiap stage. Game ini dapat menjadi sarana untuk mengangkat budaya dalam bentuk visual game.
Downloads
References
Haris, Ferdiyani. 2018. Rancang Bangun Aplikasi Ensiklopedia Berbasis Android. Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi. Vol 1 Issue 1 e-ISSN 2655-7460. https://doi.org/10.33084/jsakti.v1i1.448
Hartono, D. A. 2014. Perancangan Game Multiplatform Menggunakan Scirra Construct 2 dan HTML 5, AMIKOM, Yogyakarta.
Junitasari, D. S. 2013. Perancangan dan Pembuatan Game Diponegoro Adventure sebagai Media Pembalajaran IPS Menggunakan Engine Scrirra Construct 2, AMIKOM, Yogyakarta.
Jogiyanto, HM. 2005. Analisis dan Desain. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Novak, Jeannie. 2012. Game Development Essentials Third Edition. Canada: Delmar, Cengage Learning..
Qamaruzzaman, M. H. 2018. Sistem Informasi Berbasis Mobile Benda-Benda Tradisional Pada Museum Balanga Palangkaraya. Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi. Vol 1 Issue 1 e-ISSN 2655-7460.
https://doi.org/10.33084/jsakti.v1i1.455
R. Pressman. 2010. Software Engineering A Practitione’s Aproach 7th. United States : Mc. Graw Hill.
Sutopo, Ariesto Hadi. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Whitten JL, Bentley LD, Dittman KC. 2004. System Analysis and Design Methods. Diterjemahkan oleh : Tim Penerjemah Andi. Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.