Rancang Bangun Permainan Penyelamatan Satwa Orang Utan Kalimantan Tengah Berbasis Android

Design and Development of an Android-Based Game for the Rescue of Orangutans in Central Kalimantan

Authors

  • Sam'ani Program Studi Teknik Informatika - Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangka Raya http://orcid.org/0000-0003-0346-3791
  • Sutami Program Studi Ilmu Komputer - Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Muhammad Haris Qamaruzzaman Program Studi Sistem Informasi - Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Mochammad Ichsan Program Studi Manajemen Informatika - STMIK Palangkaraya
  • Ade Yudha Ervan N. Program Studi Teknik Informatika - STMIK Palangkaraya

Keywords:

Satwa Orang Utan, Model Multimedia, Game Android

Abstract

Banyaknya perburuan liar terhadap satwa-satwa langka membuat populasi satwa langka tersebut berkurang. Salah satunya adalah orang utan Kalimantan Tengah. Maka dibuatlah permainan (game) Android “Save Orang Utan” yang melibatkan satwa langka orang utan Kalimantan Tengah sebagai pusat dari game yang dibuat, agar para pemain bisa belajar memahami betapa pentingnya melindungi satwa langka agar dikemudian hari tidak terjadi kepunahan pada satwa langka seperti orang utan. Game ini merupakan game 2D (dua dimensi) dan dibuat menggunakan software Unity 3D dengan bahasa pemrograman C# (C sharp). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan multimedia yang terdiri dari 6 tahap yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Metode pengembangan yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah pengumpulan model karakter beserta suara, penambahan script pada model karakter orang pertama/pemain untuk mengontrol karakter agar dapat berjalan sesuai yang diharapkan, dan pengisian suara. Dari hasil pengujian dengan black box testing menghasilkan game berjalan dengan benar dan tidak terdapat kesalahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sam'ani, Program Studi Teknik Informatika - Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangka Raya

Sutami, Program Studi Ilmu Komputer - Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Muhammad Haris Qamaruzzaman, Program Studi Sistem Informasi - Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Mochammad Ichsan, Program Studi Manajemen Informatika - STMIK Palangkaraya

Ade Yudha Ervan N., Program Studi Teknik Informatika - STMIK Palangkaraya

References

Ariyanti, D., Kaestria, R., Sam’ani, & Suratno. (2023). Analisis Pengelolaan Surat Perintah Tugas (SPT) Dan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) Menggunakan Metode Naratif (Studi Kasus Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan (DISPERKIMTAN) Provinsi Kalimantan Tengah). Jurnal Sistem Informasi, Manajemen Dan Teknologi Informasi, 1(2), 187–202. https://doi.org/https://doi.org/10.33020/jsimtek.v1i2.500

Ichsan, M., Sam’ani, Haris, F., & M. Haris Qamaruzzaman. (2021). Rancang Bangun Digital Signage Sebagai Papan Informasi Digital Masjid Di Kota Palangka Raya Berbasis Web Responsive. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 4(1), 50–55. https://doi.org/10.33084/jsakti.v4i1.2591

Muhammad Haris Qamaruzzaman, Sutami, Sam’ani, & Budiman, I. (2022). Penerapan Metode Harris Benedict Pada Media Informasi Kebutuhan Gizi Harian Berbasis Android. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(5), 1346–1355. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v9i5.4867

Pristiandi, L., Sam’ani, & Rosmiati. (2023). Analisis dan Desain Jaringan Wireless pada SMAN 1 Tanah Siang Selatan Menggunakan Wireshark dan Cisco Packet Tracer. Jurnal Sistem Informasi, Manajemen Dan Teknologi Informasi (J-SIMTEK), 1(1), 72–80. https://doi.org/https://doi.org/10.33020/jsimtek.v1i1.410

Qamaruzzaman, M. H., & Sam’ani. (2023). Penerapan Model Air Terjun pada Perancangan Panduan Wisata Kalimantan Tengah dengan Berbasis Android. Jurnal Informatika, 2(1), 17–21. https://doi.org/https://doi.org/10.57094/ji.v2i1.824

Qamaruzzaman, M. H., & Sam’ani. (2023). Perancangan Panduan Wisata Kalimantan Tengah dengan Permodelan Air Terjun Berbasis Android. Jurnal Sistem Informasi, Manajemen Dan Teknologi Informasi (J-SIMTEK), 1(1), 81–88. https://doi.org/https://doi.org/10.33020/jsimtek.v1i1.411

Qamaruzzaman, M. H., Sutami, & Sam’ani. (2021). Rancang bangun informasi obat tradisional kalimantan dengan permodelan air terjun berbasis android. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(1), 80–89. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i1.2567

Sam’ani, Haris, F., Ichsan, M., & Qamaruzzaman, M. H. (2023). Sosialisasi Media Informasi Kebutuhan Gizi Harian Pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Mandomai. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Jupemas), 4(1), 49–55. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36465/jupemas.v4i1.1021

Sam’ani, Haris, F., Ichsan, M., Sulistyowati, & Fikry, M. I. (2022). Rancang Bangun Kendali Lampu Dengan Bluetooth Berbasis Android. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 5(1), 14–20.

Sam’ani, Haris, F., Mochammad Ichsan, M. H. Q., & Ari, M. (2024). Sistem Pengamanan Kunci Elektrik Dengan Mikrokontroler ATMega 328P-Pu Berbasis Android (Studi Kasus Kunci Sepeda Motor). Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(2), 8–13. https://journal.umpr.ac.id/index.php/jsakti/article/view/6994

Sam’ani, Haris, F., Rosmiati, Ichsan, M., Qamaruzzaman, M. H., & Rudini. (2024). Pelatihan Pengembangan Materi Pembelajaran Multimedia Interaktif Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Palangka Raya. Jurnal Abdimas Gorontalo, 7(1), 14–20. https://doi.org/https://jurnal.poligon.ac.id/index.php/jag/article/view/1310

Sam’ani, Haris, F., Suparno, Ichsan, M., Qamaruzzaman, M. H., & Yana, P. (2023). Rancang Bangun E-Learning Pelajaran Pilihan Pada SMAN 3 Palangkaraya Berbasis Web (Studi Kasus Pelajaran Bahasa Jerman). Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(1), 9–17. https://doi.org/https://journal.umpr.ac.id/index.php/jsakti/article/view/5880

Sam’ani, & Qamaruzzaman, M. H. (2018). Sistem Pakar Pendeteksi Kerusakan Notebook Menggunakan Metode Certainty Factor. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 10(1), 90–94.

Sam’ani, & Qamaruzzaman, M. H. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Kamus Kahayan – Indonesia – Ma’ayan Berbasis Web. Sistemasi, 8(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i1.417

Sam’ani, & Qamaruzzaman, M. H. (2019). Rancang Bangun Visualisasi Pembelajaran Berbasis Android Untuk Anak. Jurnal SISTEMASI, 8(3), 386–396. https://doi.org/https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i3.518

Sam’ani, Qamaruzzaman, M. H., & Sutami. (2020). Implementasi Sistem Pengawasan Dan Pengendalian Serta Penggunaan Komputer Pada Laboratorium Komputer SMK Isen Mulang Palangkaraya. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 303–307. https://doi.org/10.31604/jpm.v3i2.303-307

Sam’ani, Qamaruzzaman, M. H., & Sutami. (2020). Rancang Bangun Biografi Pahlawan Nasional Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Informatika, 5(2), 133–143. https://doi.org/10.35316/jimi.v5i2.892

Sam’ani, Rosiani, Putra, R. N. P., Putra, K. U., & Siska. (2023). Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DUKCAPIL) Kota Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat (PIMAS), 2(4), 212–217. https://doi.org/https://ejournal.uhb.ac.id/index.php/PIMAS/article/view/1270

Sam’ani, Rosiani, Putra, R. N. P., Putra, K. U., Siska, Ichsan, M., & Haris, F. (2023). Bimbingan Bagi Masyarakat Dalam Proses Pengisian Data E-KTP Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Palangka Raya. Jurnal Abdimas Gorontalo, 6(2), 114–120. https://doi.org/https://doi.org/10.30869/jag.v6i2.1261

Sam’ani, Rosmiati, & Haris, F. (2021). Rancang Bangun Sistem Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus Toko Fauzi Palangka Raya). Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(2), 51–55. https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i2.2197

Setiawan, A. F., Sam’ani, Suratno, & Maryamah, S. (2024). Rancang Bangun Aplikasi Badan Eksekutif Mahasiswa STMIK Palangkaraya Berbasis Framework Codeigniter. Jurnal Sistem Informasi, Manajemen Dan Teknologi Informasi, 2(1), 36–44. https://ojs.stmikplk.ac.id/index.php/simtek/article/view/501

Sulistyowati, Norhayati, Haris, F., Rosmiati, Sam’ani, Jayanti, S., Pakpahan, H. S., Suparno, & Ichsan, M. (2024). Workshop Peningkatan Kompetensi Guru-Guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama (SMP) dikota Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat (PIMAS), 3(2), 98–104. https://ejournal.uhb.ac.id/index.php/PIMAS/article/view/1377

Sulistyowati, Rosmiati, Sam’ani, Nugroho, B. P., Rudini, Suparno, & Alfarabhi, F. (2024). Permodelan Prototype Pada Sistem Panduan Wisata, Kuliner Dan Belanja Berbasis Client-Server. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(2), 14–19. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/jsakti.v6i2.6995

Sutami, Sam’ani, Qamaruzzaman, M. H., & Faradila, A. (2022). Peningkatan Literasi Digital Multimedia Video Editing Bagi Siswa-Siswi SMAN 1 Kahayan Tengah. Jurnal Abdimas Gorontalo, 5(2), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.30869/jag.v5i2.936

Downloads

Published

2024-11-12

How to Cite

Sam’ani, Sutami, Muhammad Haris Qamaruzzaman, Mochammad Ichsan, & Ade Yudha Ervan N. (2024). Rancang Bangun Permainan Penyelamatan Satwa Orang Utan Kalimantan Tengah Berbasis Android: Design and Development of an Android-Based Game for the Rescue of Orangutans in Central Kalimantan. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 7(1), 26–32. Retrieved from https://journal.umpr.ac.id/index.php/jsakti/article/view/8481

Most read articles by the same author(s)