Rancang Bangun Permainan Penyelamatan Satwa Orang Utan Kalimantan Tengah Berbasis Android
Design and Development of an Android-Based Game for the Rescue of Orangutans in Central Kalimantan
Keywords:
Satwa Orang Utan, Model Multimedia, Game AndroidAbstract
Banyaknya perburuan liar terhadap satwa-satwa langka membuat populasi satwa langka tersebut berkurang. Salah satunya adalah orang utan Kalimantan Tengah. Maka dibuatlah permainan (game) Android “Save Orang Utan” yang melibatkan satwa langka orang utan Kalimantan Tengah sebagai pusat dari game yang dibuat, agar para pemain bisa belajar memahami betapa pentingnya melindungi satwa langka agar dikemudian hari tidak terjadi kepunahan pada satwa langka seperti orang utan. Game ini merupakan game 2D (dua dimensi) dan dibuat menggunakan software Unity 3D dengan bahasa pemrograman C# (C sharp). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan multimedia yang terdiri dari 6 tahap yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Metode pengembangan yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah pengumpulan model karakter beserta suara, penambahan script pada model karakter orang pertama/pemain untuk mengontrol karakter agar dapat berjalan sesuai yang diharapkan, dan pengisian suara. Dari hasil pengujian dengan black box testing menghasilkan game berjalan dengan benar dan tidak terdapat kesalahan.
Downloads
References
Ariyanti, D., Kaestria, R., Sam’ani, & Suratno. (2023). Analisis Pengelolaan Surat Perintah Tugas (SPT) Dan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) Menggunakan Metode Naratif (Studi Kasus Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan (DISPERKIMTAN) Provinsi Kalimantan Tengah). Jurnal Sistem Informasi, Manajemen Dan Teknologi Informasi, 1(2), 187–202. https://doi.org/https://doi.org/10.33020/jsimtek.v1i2.500
Ichsan, M., Sam’ani, Haris, F., & M. Haris Qamaruzzaman. (2021). Rancang Bangun Digital Signage Sebagai Papan Informasi Digital Masjid Di Kota Palangka Raya Berbasis Web Responsive. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 4(1), 50–55. https://doi.org/10.33084/jsakti.v4i1.2591
Muhammad Haris Qamaruzzaman, Sutami, Sam’ani, & Budiman, I. (2022). Penerapan Metode Harris Benedict Pada Media Informasi Kebutuhan Gizi Harian Berbasis Android. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(5), 1346–1355. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v9i5.4867
Pristiandi, L., Sam’ani, & Rosmiati. (2023). Analisis dan Desain Jaringan Wireless pada SMAN 1 Tanah Siang Selatan Menggunakan Wireshark dan Cisco Packet Tracer. Jurnal Sistem Informasi, Manajemen Dan Teknologi Informasi (J-SIMTEK), 1(1), 72–80. https://doi.org/https://doi.org/10.33020/jsimtek.v1i1.410
Qamaruzzaman, M. H., & Sam’ani. (2023). Penerapan Model Air Terjun pada Perancangan Panduan Wisata Kalimantan Tengah dengan Berbasis Android. Jurnal Informatika, 2(1), 17–21. https://doi.org/https://doi.org/10.57094/ji.v2i1.824
Qamaruzzaman, M. H., & Sam’ani. (2023). Perancangan Panduan Wisata Kalimantan Tengah dengan Permodelan Air Terjun Berbasis Android. Jurnal Sistem Informasi, Manajemen Dan Teknologi Informasi (J-SIMTEK), 1(1), 81–88. https://doi.org/https://doi.org/10.33020/jsimtek.v1i1.411
Qamaruzzaman, M. H., Sutami, & Sam’ani. (2021). Rancang bangun informasi obat tradisional kalimantan dengan permodelan air terjun berbasis android. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(1), 80–89. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i1.2567
Sam’ani, Haris, F., Ichsan, M., & Qamaruzzaman, M. H. (2023). Sosialisasi Media Informasi Kebutuhan Gizi Harian Pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Mandomai. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Jupemas), 4(1), 49–55. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36465/jupemas.v4i1.1021
Sam’ani, Haris, F., Ichsan, M., Sulistyowati, & Fikry, M. I. (2022). Rancang Bangun Kendali Lampu Dengan Bluetooth Berbasis Android. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 5(1), 14–20.
Sam’ani, Haris, F., Mochammad Ichsan, M. H. Q., & Ari, M. (2024). Sistem Pengamanan Kunci Elektrik Dengan Mikrokontroler ATMega 328P-Pu Berbasis Android (Studi Kasus Kunci Sepeda Motor). Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(2), 8–13. https://journal.umpr.ac.id/index.php/jsakti/article/view/6994
Sam’ani, Haris, F., Rosmiati, Ichsan, M., Qamaruzzaman, M. H., & Rudini. (2024). Pelatihan Pengembangan Materi Pembelajaran Multimedia Interaktif Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Palangka Raya. Jurnal Abdimas Gorontalo, 7(1), 14–20. https://doi.org/https://jurnal.poligon.ac.id/index.php/jag/article/view/1310
Sam’ani, Haris, F., Suparno, Ichsan, M., Qamaruzzaman, M. H., & Yana, P. (2023). Rancang Bangun E-Learning Pelajaran Pilihan Pada SMAN 3 Palangkaraya Berbasis Web (Studi Kasus Pelajaran Bahasa Jerman). Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(1), 9–17. https://doi.org/https://journal.umpr.ac.id/index.php/jsakti/article/view/5880
Sam’ani, & Qamaruzzaman, M. H. (2018). Sistem Pakar Pendeteksi Kerusakan Notebook Menggunakan Metode Certainty Factor. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 10(1), 90–94.
Sam’ani, & Qamaruzzaman, M. H. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Kamus Kahayan – Indonesia – Ma’ayan Berbasis Web. Sistemasi, 8(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i1.417
Sam’ani, & Qamaruzzaman, M. H. (2019). Rancang Bangun Visualisasi Pembelajaran Berbasis Android Untuk Anak. Jurnal SISTEMASI, 8(3), 386–396. https://doi.org/https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i3.518
Sam’ani, Qamaruzzaman, M. H., & Sutami. (2020). Implementasi Sistem Pengawasan Dan Pengendalian Serta Penggunaan Komputer Pada Laboratorium Komputer SMK Isen Mulang Palangkaraya. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 303–307. https://doi.org/10.31604/jpm.v3i2.303-307
Sam’ani, Qamaruzzaman, M. H., & Sutami. (2020). Rancang Bangun Biografi Pahlawan Nasional Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Informatika, 5(2), 133–143. https://doi.org/10.35316/jimi.v5i2.892
Sam’ani, Rosiani, Putra, R. N. P., Putra, K. U., & Siska. (2023). Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DUKCAPIL) Kota Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat (PIMAS), 2(4), 212–217. https://doi.org/https://ejournal.uhb.ac.id/index.php/PIMAS/article/view/1270
Sam’ani, Rosiani, Putra, R. N. P., Putra, K. U., Siska, Ichsan, M., & Haris, F. (2023). Bimbingan Bagi Masyarakat Dalam Proses Pengisian Data E-KTP Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Palangka Raya. Jurnal Abdimas Gorontalo, 6(2), 114–120. https://doi.org/https://doi.org/10.30869/jag.v6i2.1261
Sam’ani, Rosmiati, & Haris, F. (2021). Rancang Bangun Sistem Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus Toko Fauzi Palangka Raya). Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(2), 51–55. https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i2.2197
Setiawan, A. F., Sam’ani, Suratno, & Maryamah, S. (2024). Rancang Bangun Aplikasi Badan Eksekutif Mahasiswa STMIK Palangkaraya Berbasis Framework Codeigniter. Jurnal Sistem Informasi, Manajemen Dan Teknologi Informasi, 2(1), 36–44. https://ojs.stmikplk.ac.id/index.php/simtek/article/view/501
Sulistyowati, Norhayati, Haris, F., Rosmiati, Sam’ani, Jayanti, S., Pakpahan, H. S., Suparno, & Ichsan, M. (2024). Workshop Peningkatan Kompetensi Guru-Guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama (SMP) dikota Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat (PIMAS), 3(2), 98–104. https://ejournal.uhb.ac.id/index.php/PIMAS/article/view/1377
Sulistyowati, Rosmiati, Sam’ani, Nugroho, B. P., Rudini, Suparno, & Alfarabhi, F. (2024). Permodelan Prototype Pada Sistem Panduan Wisata, Kuliner Dan Belanja Berbasis Client-Server. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(2), 14–19. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/jsakti.v6i2.6995
Sutami, Sam’ani, Qamaruzzaman, M. H., & Faradila, A. (2022). Peningkatan Literasi Digital Multimedia Video Editing Bagi Siswa-Siswi SMAN 1 Kahayan Tengah. Jurnal Abdimas Gorontalo, 5(2), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.30869/jag.v5i2.936
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sam'ani, Sutami, Muhammad Haris Qamaruzzaman, Mochammad Ichsan, Ade Yudha Ervan N.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.