PERANCANGAN APLIKASI ANDROID PENGENALAN TANAMAN HERBAL SEBAGAI OBAT HERBAL UNTUK PENYAKIT DIABETES MELLITUS

Android Application Design Introduction Of Herbal Plants As Herbal Medicine For Diabetes Mellitus

Authors

  • Bella Mailinda Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Ika Safitri Windiarti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Haryadi Haryadi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsakti.v5i2.4533

Keywords:

android studio, aplikasi android, diabetes mellitus, obat herbal, tanaman herbal

Abstract

Diabetes mellitus adalah penyakit metabolik yang berlangsung kronik progresif, dengan gejala hiperglikemi yang disebabkan oleh ganguan sekresi insulin, gangguan insulin, atau keduanya. Penyakit diabetes dapat disembuhkan dengan tanaman herbal yang mengandung bahan zat aktif yang tedapat dalam tanaman herbal. Kurangnya informasi tentang tanaman herbal pada kalangan masyarakat sehingga menyebabkan penyalahgunaan dalam mengonsumsi tanaman herbal sebagai obat, untuk mengatasi masalah tersebut maka dibangun suatu aplikasi berbasis android yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan sebagai media dalam pengenalan tanaman obat herbal. Adapun tujuan dari pembuatan aplikasi android ini adalah untuk membantu dan memudahkan masyarakat dalam mengenali tanaman herbal untuk penyakit diabetes. Aplikasi ini dirancang menggunakan software android studio menggunakan bahasa pemrograman java dan menggunakan metode waterfall. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, aplikasi android tanaman herbal yang telah dirancang dapat membantu dan memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi mengenai tanaman herbal. Tampilan dan data mengenai tanaman herbal untuk aplikasi android ini agar dibuat lebih menarik dan lebih lengkap lagi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Bella Mailinda, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Ika Safitri Windiarti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Haryadi Haryadi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abdurahman, R. (2014). Aplikasi pinjaman pembayaran secara kredit pada BANK Yudha Bhakti. Computech & Bisnis, 8(2), 63.

Ade, H. (2016). Pemodelan UML sistem informasi monitoring penjualan dan stok barang (studi kasus: distro zhezha Pontianak. Jurnal Khatulistiwa Informatika, IV, 111.

Ade, H. (2016). Pemodelan UML sistem informasi monitoring penjualan dan stok barang (studi kasus: distro Zhezha Pontianak. Jurnal Khatulistiwa Informatika, IV, 110.

Darnita, T. K. (2020). Penerapan metode K-MEANS clustering pada aplikasi android pada tanaman obat herbal. pseudocode, VII(2), 105-108.

Darnita, T. R. (2020). Penerapan metode K-MEANS clustering pada aplikasi android pada tanaman obat herbal. Jurnal Pseudocode, 106.

Deni, P. (2016). Analisis sistem informasi akuntansi penjualan kredit di PT Eka Timur Raya Purwodadi Pasuruan. journal riset mahasisea akuntansi (JRMA), XX, 2.

Dewi, Z. (2021). PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) DAN KHASIATNYA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. 1, 28.

Fatimah, W. (2017). Perancangan dan pengujian perangkat lunak ensiklopedia pencarian tanaman herbal untuk penyakit diabetes. 1, 39-40.

Gunawan. (2013). Metode penelitan kualitatif. Jakarta: Academia.

Hamzah, D. F. (2019). Analisis penggunaan obat herbal pasien diabetes mellitus tipe II di kota Langsa. JUMANTIK, 4, 169.

Hawaij, T. R. (2021). Manfaat olahan tanaman herbal. Tasikmalaya: LANGGAM PUSTAKA.

Hidayat, M. (2018). Pengujian sistem informasi pendaftaran dan pembayaran wisuda online menggunakan back box testing dengan metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis. Jurnal Teknik Informatika UNIS, 6, 27.

Indrawati, B. H. (2019). Analisis tingkat kepuasan pengguna sistem informasi perpustakaan. jurnal ilmiah, 11, 119.

Downloads

Published

2023-06-07

How to Cite

Mailinda, B., Windiarti, I. S., & Haryadi, H. (2023). PERANCANGAN APLIKASI ANDROID PENGENALAN TANAMAN HERBAL SEBAGAI OBAT HERBAL UNTUK PENYAKIT DIABETES MELLITUS: Android Application Design Introduction Of Herbal Plants As Herbal Medicine For Diabetes Mellitus. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 5(2), 7–10. https://doi.org/10.33084/jsakti.v5i2.4533

Most read articles by the same author(s)