RANCANG BANGUN JADWAL PETUGAS IBADAH PADA PERSEKUTUAN FAMILY BLESSING GALILEA YHS CHURCH PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.33084/jsakti.v6i1.5724Keywords:
Media, Jadwal, Petugas Ibadah, Extreme Programming, Family Blessing YHS ChurchAbstract
Kegiatan ibadah yang rutin dilaksanakan pada Persekutuan Family Blessing (FB) Galilea YHS Church Palangka Raya, mengharuskan beberapa orang anggota setiap pelaksanaannya menjadi sebagai petugas pelayanan yang mencakup petugas; doa pembuka, doa syafaat, pemberita firman/ khotbah, pemimpin/doa persembahan, dan doa berkat setiap kegiatan ibadah. Maka untuk menginfokan siapa saja orang-orang yang akan menjadi petugas di ibadah tiap minggunya selalu di informasikan melalui pesan di group persekutuan. Dan biasanya infomasi ini setiap awal bulan sudah dibagikan. Akan tetapi yang sering terjadi adalah, informasi yang cenderung penting tadi mengenai petugas yang melayani sering tertimpa isi percakapan yang lain sehingga biasanya yang bertugas m elayani kadang tidak ingat jadwalnya dalam bertugas melayani. Akibatnya membuat sering berulang-ulang menanyakan jadwal pelayanan dalam percakapan di group tersebut. Sehingga perlu adanya suatu aplikasi berupa media informasi untuk jadwal petugas ibadah yang bisa diakses dengan cepat melalui smartphone oleh anggota Persekutuan, kemudian untuk pengurus inti Persekutuan pun bisa dengan mudah memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mengirimkan jadwal petugas ibadah dan informasi penting lainnya secara dinamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian Terapan (applied research). Pengembangan perangkat lunak (software) menggunakan model pengembangan perangkat lunak Agile yaitu Extreme Programming.
Downloads
References
Bruce R. Maxim, Roger S. Pressman. Software Engineering: A Practitioner’s Approach (8th edition). 2014. Booch, G. James, R. Ivar, J, 2005.
F. Ada Adi. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia Dengan Menggunakan Adobe Flash Cs6 Pada Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Hessa Air Genting. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi. Vol 2 No. 1. 15-20.
Gunawan, R., Yusuf, A.M., & Nopitasari, L. (2021). Rancang Bangun Sistem Presensi Mahasiswa Menggunakan Qr Code Berbasis Android. Diakses dari https://doi.org/10.51903/elkom.v14i1.369
Kendall, K.E. dan Julie, E.K., 2011, Systems Analysis and Design, Prentice Hall, New Jersey.
M. Gina, J. Asahar, dkk. (2014). Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Konsep Gaya Pada Mata Pelajaran Fisika Smp Kelas VIII. Jurnal Rekursif, Vol. 2 No. 2, 112-120. Retrieved from:
http://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/article/view/312/272
N. Nurcikawati, dkk. (2018). Rancang Bangun Media Pembelajaran Trigonometri Berbasis Multimedia Interkatif. Jurnal LP3M Universitas Sarjanawijaya Tamansiswa Yogyakarta. Vol.4 No. 2. 114-121.
R. Rahmat & Irfan, D. (2019). Rancang Bangun Media Pemebelajaran Interaktif Komputer dan Jaringan Dasar di SMK. Jurnal Vocational Teknik Elektro Dan Informatika, Vol. 7 No. 1, 48-53. Retrieved from: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/103642/101428
U. Jihad Satrio dan I Kadek D. N. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Penjadwalan Skripsi dan Tugas Akhir Berbasis Web Menggunakan Framwork Laravel. Jurnal Manajemen Informatika Unesa, Vol. 11 No. 1. 1-10. Retrived from: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/11/article/view/36041
Link:
https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/116 (diakses : Sabtu, 11 Agutus 2023, jam 09.15 wib)
https://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_10.01.2803.pdf (diakses : senin, 14 Agutus 2023, jam 11.05 wib)
https://perpustakaan.pancabudi.ac.id/dl_file/penelitian/19775_2_BAB_II.pdf (diakses : Kamis, 10 Agutus 2023, jam 13.45 wib)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sherly Jayanti, Deden Andriawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.