Perancangan Aplikasi Android Kegiatan dan Monitoring Ormawa Uniska Mab Banjarmasin

Authors

  • Yusup Indra Wijaya Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Muhammad Saidi Rahman Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsakti.v6i1.5862

Keywords:

Android Application, Activity Monitoring, Ormawa, UNISKA MAB Banjarmasin

Abstract

Perkembangan teknologi mobile yang pesat dan tren penggunaan smartphone telah memberikan peluang besar untuk memanfaatkan aplikasi mobile dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pengorganisasian kegiatan Ormawa (Organisasi Mahasiswa). Dalam konteks ini, perancangan aplikasi Android untuk monitoring kegiatan Ormawa UNISKA MAB Banjarmasin menjadi penting untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan organisasi tersebut. Pada tahap perancangan, penelitian ini akan mempertimbangkan kebutuhan khusus Ormawa UNISKA MAB Banjarmasin, seperti fleksibilitas dan kemudahan penggunaan. Aplikasi akan dirancang dengan menggunakan teknologi terkini dan praktik pengembangan yang baik, sehingga menghasilkan solusi yang handal dan tanggap terhadap kebutuhan Ormawa. Fungsi dan fitur yang akan disertakan dalam aplikasi ini meliputi jadwal kegiatan, pemberitahuan acara, pemantauan kehadiran anggota, pengiriman pengumuman, dan masih banyak lagi. Desain antarmuka pengguna akan dirancang agar intuitif dan mudah digunakan oleh anggota Ormawa dengan berbagai tingkat pemahaman teknologi. Dengan adanya aplikasi Android yang dirancang khusus untuk monitoring kegiatan Ormawa UNISKA MAB Banjarmasin, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan kegiatan, meningkatkan partisipasi anggota, dan menciptakan lingkungan organisasi yang lebih teratur dan efisien. Aplikasi ini juga diharapkan dapat memperkuat identitas dan keberadaan Ormawa di lingkungan kampus. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yusup Indra Wijaya, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

Muhammad Saidi Rahman, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

References

Rio Fedrica Maldhan. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Unit Kegiatan Mahasiswa Iib Darmajaya Berbasis Web Mobile. Fakultas Ilmu Komputer, Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung.

Alvin Setiawan. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Manajemen Organisasi Mahasiswa Dengan Metode Prototyping. Universitas Islam Malang.

Winda Aulia Rahmi. (2018). Aplikasi Sistem Informasi Monitoring Dan Evaluasi Kegiatan Mahasiswa Pada Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.

Fathorazi, Kamil Malik, Halimatus Sa’diya. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Program Kerja Berbasis Android pada Fakultas Teknik Universitas Nurul Jadid.

Danang Dwiyoga Adimurdaka, Handaru Jati. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Sebagai Sarana Pendataan Agenda Kegiatan Ormawa Berbasis Android Di Himpunan Mahasiswa Teknik Elektronika Dan Informatika.

Downloads

Published

2023-11-18

How to Cite

Wijaya, Y. I., & Rahman, M. S. (2023). Perancangan Aplikasi Android Kegiatan dan Monitoring Ormawa Uniska Mab Banjarmasin. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(1), 42–48. https://doi.org/10.33084/jsakti.v6i1.5862