Chatbot AI Sebagai Media Pencarian Informasi Dengan Menggunakan Metode Large Language Models (LLM)

Ai Chatbot As A Media For Searching Information With Natural Language Processing Methods

Authors

  • Hoiriyah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Muhammad Saidi Rahman Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Fakhriani Ekawati Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Yusup Indra Wijaya Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

Keywords:

LLM, Flowise AI, Chatbot, AI

Abstract

Pemanfaatan  teknologi dalam menghasilkan informasi mulai digunakan  di setiap bidang pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya pemakaian  aplikasi untuk memudahkan semua orang yang berada di dalam lingkungan itu untuk bisa mengakses  informasi. Perguruan Tinggi juga wajib memiliki  informasi yang terdokumentasi dalam bentuk  tertulis agar  informasi tersampaikan dengan lebih terstruktur dan mudah dipahami.Salah satu perguruan tinggi yang melaksanakan proses tersebut adalah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Banjari Banjarmasin terutama di Fakultas Teknologi Informasi yang memanfaatkan Chatbot sebagai salah satu  bagian dari  Artificial Intelligent (AI) yang mana merupakan salah satu bidang  ilmu komputer yang mengembangkan dalam bidang  mesin yang bisa melakukan pekerjaan yang semestinya atau sering dilakukan oleh manusia  Dengan menggunakan Flowise AI, pengembang dapat memanfaatkan kemampuan LangChain untuk mengelola dan memproses alur kerja kompleks secara efisien dalam aplikasi LLM dengan Pengujian akurasi chatbot ini dilakukan dengan memasukkan dataset sebanyak 50 buah diperoleh 47 jumlah jawaban sesuai dan 3 jawaban tidak sesuai dengan akurasi sebesar 92,5%.

Downloads

Author Biographies

Hoiriyah, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

Muhammad Saidi Rahman, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

Fakhriani Ekawati, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

Yusup Indra Wijaya, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

References

Aprilinda, Y., Martavia, T., Erlangga, E., Afandi, F. N., & Rizal, U. (2022). Chatbot Menggunakan Natural Language Processing untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android. EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi, 12(1), 23. https://doi.org/10.36448/expert.v12i1.2629

Asyrofi, R., Dewi, M. R., Lutfhi, M. I., & Wibowo, P. (2023, August). Systematic Literature Review Langchain Proposed. In 2023 International Electronics

Symposium (IES) (pp. 533-537). IEEE.

Elcholiqi, A., & Musdholifah, A. (2020). Chatbot in Bahasa Indonesia using NLP to Provide Banking Information. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 14(1), 91. https://doi.org/10.22146/ijccs.41289

Hamdhana, D. (2024). A low code approach to q&a on care records using flowise ai with llm integration and rag method. 9(4), 2435–2445.

Lo, L. S. (2023). The CLEAR path: A framework for enhancing information literacy through prompt engineering. The Journal of Academic Librarianship, 49(4), 102720.

Muliyono, M., & Sumijan, S. (2021). Identifikasi Chatbot dalam Meningkatkan Pelayanan Online Menggunakan Metode Natural Language Processing. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 3, 142–147. https://doi.org/10.37034/infeb.v3i4.102

Putra, J. A., & Budi, A. (2020). Penerapan Natural Language Processing dalam Aplikasi Chatbot Sebagai Media Pencarian Informasi Dengan Menggunakan React (Studi Kasus: Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie). Jurnal Informatika Dan Bisnis, 9(2), 1–12.

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Hoiriyah, Muhammad Saidi Rahman, Fakhriani Ekawati, & Yusup Indra Wijaya. (2025). Chatbot AI Sebagai Media Pencarian Informasi Dengan Menggunakan Metode Large Language Models (LLM) : Ai Chatbot As A Media For Searching Information With Natural Language Processing Methods. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 7(2), 70–76. Retrieved from https://journal.umpr.ac.id/index.php/jsakti/article/view/9952