Chatbot AI Sebagai Media Pencarian Informasi Dengan Menggunakan Metode Large Language Models (LLM)
Ai Chatbot As A Media For Searching Information With Natural Language Processing Methods
Keywords:
LLM, Flowise AI, Chatbot, AIAbstract
Pemanfaatan teknologi dalam menghasilkan informasi mulai digunakan di setiap bidang pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya pemakaian aplikasi untuk memudahkan semua orang yang berada di dalam lingkungan itu untuk bisa mengakses informasi. Perguruan Tinggi juga wajib memiliki informasi yang terdokumentasi dalam bentuk tertulis agar informasi tersampaikan dengan lebih terstruktur dan mudah dipahami.Salah satu perguruan tinggi yang melaksanakan proses tersebut adalah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Banjari Banjarmasin terutama di Fakultas Teknologi Informasi yang memanfaatkan Chatbot sebagai salah satu bagian dari Artificial Intelligent (AI) yang mana merupakan salah satu bidang ilmu komputer yang mengembangkan dalam bidang mesin yang bisa melakukan pekerjaan yang semestinya atau sering dilakukan oleh manusia Dengan menggunakan Flowise AI, pengembang dapat memanfaatkan kemampuan LangChain untuk mengelola dan memproses alur kerja kompleks secara efisien dalam aplikasi LLM dengan Pengujian akurasi chatbot ini dilakukan dengan memasukkan dataset sebanyak 50 buah diperoleh 47 jumlah jawaban sesuai dan 3 jawaban tidak sesuai dengan akurasi sebesar 92,5%.
Downloads
References
Aprilinda, Y., Martavia, T., Erlangga, E., Afandi, F. N., & Rizal, U. (2022). Chatbot Menggunakan Natural Language Processing untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android. EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi, 12(1), 23. https://doi.org/10.36448/expert.v12i1.2629
Asyrofi, R., Dewi, M. R., Lutfhi, M. I., & Wibowo, P. (2023, August). Systematic Literature Review Langchain Proposed. In 2023 International Electronics
Symposium (IES) (pp. 533-537). IEEE.
Elcholiqi, A., & Musdholifah, A. (2020). Chatbot in Bahasa Indonesia using NLP to Provide Banking Information. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 14(1), 91. https://doi.org/10.22146/ijccs.41289
Hamdhana, D. (2024). A low code approach to q&a on care records using flowise ai with llm integration and rag method. 9(4), 2435–2445.
Lo, L. S. (2023). The CLEAR path: A framework for enhancing information literacy through prompt engineering. The Journal of Academic Librarianship, 49(4), 102720.
Muliyono, M., & Sumijan, S. (2021). Identifikasi Chatbot dalam Meningkatkan Pelayanan Online Menggunakan Metode Natural Language Processing. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 3, 142–147. https://doi.org/10.37034/infeb.v3i4.102
Putra, J. A., & Budi, A. (2020). Penerapan Natural Language Processing dalam Aplikasi Chatbot Sebagai Media Pencarian Informasi Dengan Menggunakan React (Studi Kasus: Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie). Jurnal Informatika Dan Bisnis, 9(2), 1–12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nina Hoiriyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.