Rancang Bangun Game Edukasi Budaya Khas Kalimantan Tengah Menggunakan Aplikasi Microsoft Visual Studio

Design Of Cultural Educational Games Typical Of Central Kalimantan Using Microsoft Visual Studio Application

Authors

  • Arliyana STMIK Palangkaraya
  • Hafiz Riyadli STMIK Palangka Raya
  • Dewanto Zulkarnain STMIK Palangka Raya
  • Yazidhan Fachri STMIK Palangka Raya

Keywords:

rancang, bangun, game, edukasi, budaya

Abstract

Budaya atau kebudayaan diartikan sebagai suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Kalimantan Tengah memiliki banyak budaya yang dapat dikenal, mulai dari makanan tradisional, rumah tradisional, senjata tradisional, tari tradisional, hewan tradisional, peninggalan budaya dan masih banyak lagi. Seiring dengan perkembangan zaman, kebudayaan yang ada di kalimantan tengah pada saat ini secara perlahan mulai terlupakan, hal ini terjadi karna begitu banyak kebudayaan asing yang masuk dan dengan mudah diterima oleh masyarakat, terutama banyak diantaranya anak anak dan kaum mudalebih menyukai budaya asing dari pada budaya tanah air. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu program aplikasi game yang mampu mendukung dan mempermudah proses pengenalan dan pembelajaran pada anak anak di Kalimantan Tengah. Dalam pembuatan aplikasi ini Menggunakan Microsoft Visual Studio 2010 dan juga aplikasi ini dapat di harapkan bisa membuat anak-anak mengenal kembali kebudayaan Khas Kalimantan Tengah. Metode pengembangan yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah pengumpulan data game/permainan khas Kalimantan Tengah berupa gambar, sejarah dan deskripsi permainan. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran dan pengenalan budaya Kalimantan Tengah dapat dilakukan dengan mudah terhadap anak anak dengan menggunakan media interaktif.

Downloads

Author Biographies

Arliyana, STMIK Palangkaraya

Hafiz Riyadli, STMIK Palangka Raya

Dewanto Zulkarnain, STMIK Palangka Raya

Yazidhan Fachri, STMIK Palangka Raya

References

Asmiatun, Siti, and Astrid Novita Putri. (2017). Belajar Membuat Game 2D dan 3D Menggunakan Unity. Yogyakarta: Deepublish.

Blazing, Ali. (2019). Belajar ASP. NET Core MVC Dengan Visual Studio 2017. Yogyakarta: Dibuild.

Ridoi, Mokhammad. (2018). Cara Mudah Membuat Game Edukasi dengan Construct 2. Jakarta: Maskha.

Wali, Muhammad. (2018). Membangun Aplikasi Windows dengan Visual Basic.NET 2015 Teori dan Praktikum. Banda Aceh: KITA Publisher.

Yulianti, Ary. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar, Jurnal IT-EDU, Volume 05 Nomor 01 2020, 527-533

Reigeluth, C. M., Beatty, B. J., & D., R. (2016). Instructional-design theories and models, Volume IV: The learner-centered paradigm of education. Routledge. New York: Routledge.

Irsyadi, F. Y., Annas, R., & Kurniawan, Y. I. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pengenalan Benda-Benda di Rumah bagi Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI), 9(2), 78-92.

Sam’ani. Sutami. Qamaruzzaman, M.H. Moch. Ichsan, Ade Yudha Ervan N. (2024). Rancang Bangun Permainan Penyelamatan Satwa Orang Utan Kalimantan Tengah Berbasis Android. Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi. Volume 7No.1, November 2024.

Sam’ani, & Qamaruzzaman, M.H. (2019). Rancang Bangun Visualisasi pembelajaran Berbasis Android Untuk Anak. Jurnal SISTEMASI, 8(3), 386-396.

Saputro, T. A., Kriswandani, & Ratu, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Construct 2 pada Materi Aljabar Kelas VII. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), 01-08

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Arliyana, Hafiz Riyadli, Dewanto Zulkarnain, & Yazidhan Fachri. (2025). Rancang Bangun Game Edukasi Budaya Khas Kalimantan Tengah Menggunakan Aplikasi Microsoft Visual Studio: Design Of Cultural Educational Games Typical Of Central Kalimantan Using Microsoft Visual Studio Application. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 7(2), 15–22. Retrieved from https://journal.umpr.ac.id/index.php/jsakti/article/view/9463