Teknik 3D Tracking Untuk Media Informasi Visual Objek Wisata Palangka Raya

3D Tracking Technique for Visual Information Media for Palangka Raya Tourism Objects

Authors

  • Arli Yana STMIK Palangka Raya
  • Hafiz Riyadli STMIK Palangka Raya
  • Aditya Muhammad Yogi Ramadhan STMIK Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsakti.v5i1.4296

Keywords:

Media Informasi, Objek Wisata , Tracking

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin pesat dibidang teknologi salah satunya dengan membuat video promosi tempat wisata yang ada di Palangka Raya. Bentuk animasi 3D dalam media promosi tempat wisata menjadi salah satu alternative dalam teknik periklanan dimana dengan memanfaatkan Teknik 3D Tracking akan menghasilkan visual yang menyerupai dengan video aslinya. Agar masyarakat dalam dan luar kota Palangka Raya tertarik berkunjung ke objek wisata Kereng Bangkirai maka diperlukan sebuah video promosi wisata Dermaga Kereng Bengkirai dalam bentuk animasi dengan memanfaatkan Teknik 3D Tracking agar lebih menarik minat wisatawan dalam dan luar Kota Palangka Raya. Media informasi objek wisata Dermaga Kereng Bengkirai di Palangka Raya dalam bentuk video 3D dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang objek wisata dalam bentuk animasi. Dalam pembuatan video 3D ini menggunakan beberapa aplikasi yaitu untuk modelling 3D menggunakan software Sketchup dan untuk menggabungkan beberapa objek 3D menggunakan Software Lumion, untuk pengeditan video promosinya menggunakan Software Adobe Premier, Adobe After Effect untuk menambahkan 3D Tracking dan menggunakan Google Earth Studio untuk lokasi map. Dengan video 3D ini dapat menyampaikan informasi  tentang wisata Dermaga Kereng Bangkirai menjadi lebih menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Arli Yana, STMIK Palangka Raya

Hafiz Riyadli, STMIK Palangka Raya

Aditya Muhammad Yogi Ramadhan, STMIK Palangka Raya

References

Annisa, Ane. dkk .(2017). Rancang Bangun Aplikasi Konversi Bahasa Isyarat Ke Abjad Dan Angka Berbasis Augmented Reality Dengan Teknik 3D Object Tracking. JOIN. Volume 2 No. 1. Juni 2017.

Affandy, Bobby. (2015). Potensi Wisata Alam Di Pematang Tanggang Desa Negeri Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Lampung.

Eka, M.A. dkk. (2016). Analisis Penggunaan Marke Tracking Pada Augmented Reality Huruf Hijaiyah. ISSN : 2085-3688, Vol. 8, No.1, Mei 2016.

Huang, J. et al., 2016. 6-DOF computation and marker design for magnetic 3D dexterous motion-tracking system. In Proceedings of the 22nd ACM Conference on Virtual Reality Software and Technology - VRST ’16. New York, New York, USA: ACM Press, pp. 211–217.

I. F. Faiztyan, R. R. Isnanto, and E. D. Widianto, (2015). Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Visualisasi 3D Interaktif Masjid Agung Jawa Tengah Menggunakan Unity3D. J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 3, no. 2, p. 207, 2015

Putri, Yesty Desca Refita. (2017). Pembuatan Motion Graphics Sebagai Media Sosialisasi Dan Promosi Untuk Aplikasi Trading Online Mandiri Sekuritas. Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika Dan Komputer. Volume 1, Jakarta.

Pamujianto, Slamet. dkk (2018). Teknik Hand Tracking Menggunakan Metode Inverse Kinematics Pada Pembuatan Animasi 3D. Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS) Vol. 3, No. 1, Januari 2018.

Wibisono, Guntur dan Wahyu Eko Susanto. (2015). Perancangan Website Sebagai Media Informasi Dan Promosi Batik Khas Kabupaten Kulonprogo. Jurnal Evolusi. Volume 3, Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Yana, A., Riyadli, H., & Ramadhan, A. M. Y. (2022). Teknik 3D Tracking Untuk Media Informasi Visual Objek Wisata Palangka Raya: 3D Tracking Technique for Visual Information Media for Palangka Raya Tourism Objects. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 5(1), 26–32. https://doi.org/10.33084/jsakti.v5i1.4296