Hubungan Usia Menarke, Status Gizi, Kadar Lemak, dan Kadar Hemoglobin dengan Kejadian Dismenore Siswa SMP Negeri 4 Palangka Raya

Relationship Between Menarche Age, Nutritional Status, Fat Levels, and Hemoglobin Levels with the Incidence of Dysmenorrhea in Students of SMP Negeri 4 Palangka Raya

Authors

  • Abi Bakring Balyas Universitas Palangka Raya
  • Donna Novina Kahanjak Universitas Palangka Raya
  • Nisa Kartika Komara Universitas Palangka Raya
  • Farah Fauziah Ahmad Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsm.v10i2.4796

Keywords:

Usia Menarke, Status Gizi, Kadar Lemak, Kadar Hemoglobin, Dismenore

Abstract

Jumlah kelompok usia 10-19 tahun di Indonesia menurut Sensus Penduduk 2010 sebanyak 43,5 juta atau sekitar 18 % dari jumlah penduduk.. Secara biologis, remaja biasa juga disebut dengan pubertas. Ciri pubertas sendiri ada berbagai macam. Pada laki-laki hal yang paling mendasar ialah terjadinya mimpi basah sedangkan pada wanita terjadinya menstruasi. Nyeri menstruasi terjadi karena prostaglandin, yaitu zat yang menyebabkan otot rahim berkontraksi. dismenore dibagi menjadi dua klasifikasi yaitu dismenore primer fisiologis dan dismenore sekunder patologis. Berdasarkan data demografi yang ditemukan bahwa dismenore dipengaruhi oleh berbagai factor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian observasional dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini menganalisis mengenai Usia Menarche, Status Gizi, Persentase Lemak tubuh dan Kadar Hemoglobin Terhadap Kejadian Dismenorea.. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara Usia Menarche, Status Gizi, Persentase Lemak tubuh dan Kadar Hemoglobin Terhadap Kejadian Dismenorea. Variabel yang diteliti ialah Usia Menarche, Status Gizi, Persentase Lemak tubuh dan Kadar Hemoglobin dan kejadian dismenorea. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat dengan menggunakan uji chi square, serta multivariat.  Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan antara hubungan usia menarche dan status gizi dengan kejadian dismenore tetapi ada hubungan antara persentase lemak tubuh dan kadar hemoglobin dengan kejadian dismenorea pada siswi Smp Negeri 4 Palangka Raya

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Abi Bakring Balyas, Universitas Palangka Raya

Donna Novina Kahanjak, Universitas Palangka Raya

Nisa Kartika Komara, Universitas Palangka Raya

Farah Fauziah Ahmad, Universitas Palangka Raya

References

Dewi, N.P.S.R., Citrawathi, D.M., Savitri, N.P.W. 2019. Status Gizi dan Usia Saat Menarche Berkorelasi terhadap Kejadian Dismenore Siswi SMP. JPPSH. 3 (2). 99 – 108.

Febrianti, S., Muslim, F. R. 2018. Penyuluhan Upaya Remaja Putri Dalam Mengatasi Dismenorea Di SMK YBKP3 Tarogong Kidul Garut’ Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(2): 83–91.

Imaniar, A.O.N.I., WIdyana, E.D., Yuliani, I. 2019. Hubungan antara Lemak Subkutan, Indeks Massa Tubuh, Kadar Hemoglobin dengan Dismenore Primer pada Remaja Putri di SMA N 1 Sumberpucung. Jurnal Pendidikan Kesehatan. 8 (2) : 176-188.

Juliana, J. 2018. Determinan Dismenorea Di Sman 2 Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. J Endurance. 3(1) : 61 – 68.

Kemenkes RI. 2017. BKKBN remaja.

Lestari. 2013. Pengaruh Dismenorea Pada Remaja. Prosiding Seminar Nasional MIPA Undiksha 2013. 2013

Nuaraini, S., Sa’diah, Y.S., Fitriany, E. 2021. Hubungan Usia Menarche, Status Gizi, Stres, dan Kadar Hemoglobin Terhadap Kejadian Dismenorea Primer pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran, Universitas Mulawarman. JSK. 3 (3) : 443 – 450.

Rahmawati, F.C. 2022. Hubungan Asupan Zat Besi dan Usia Menarche dengan Kejadian Dismenore pada Remaja Putri. JUPIN. 2 (3) : 469 – 476.

Sarni. 2019. Pengaruh tehnik akupresur terhadap penurunan tingkat nyeri pada siswi kelas x yang mengalami dismenore primer di sma neg. 2 kota sungai penuh tahun 201. Menara Ilmu, XIII (5), 124.

Vitiasaridessy, F. 2014. Kadar Hemoglobin dengan Kejadian Dismenorea pada Remaja Putri. Jurnal Edu Health. 4 (2) : 112 – 117.

Downloads

Published

2024-08-04

How to Cite

Balyas, A. B., Kahanjak, D. N., Komara, N. K., & Ahmad, F. F. (2024). Hubungan Usia Menarke, Status Gizi, Kadar Lemak, dan Kadar Hemoglobin dengan Kejadian Dismenore Siswa SMP Negeri 4 Palangka Raya: Relationship Between Menarche Age, Nutritional Status, Fat Levels, and Hemoglobin Levels with the Incidence of Dysmenorrhea in Students of SMP Negeri 4 Palangka Raya. Jurnal Surya Medika (JSM), 10(2), 349–353. https://doi.org/10.33084/jsm.v10i2.4796