Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Skizofrenia di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Panarung Palangka Raya

The Correlation of Family Support with Medication Compliance in Schizophrenia Patients in the Work Area UPTD Puskesmas Panarung Palangka Raya

Authors

  • Santri Oktavina STIKES Eka Harap
  • Suryagustina Suryagustina STIKES Eka Harap
  • Tomi Satalar STIKES Eka Harap
  • Siti Santi Sianipar STIKES Eka Harap

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsm.v10i1.7199

Keywords:

Dukungan Keluarga, Kepatuhan Minum Obat, Skizofrenia

Abstract

Latar Belakang : Skizofrenia merupakan salah satu gangguan jiwa, gejala gangguan yang ditandani dengan ilusi, halusinasi, waham, gangguan proses berpikir, dan tingkah laku yang aneh seperti katatonik atau agresivitas. Pengobatan pada pasien Skizofrenia sangat membutuhkan dukungan keluarga dimana dukungan keluarga merupakan system pendukung dalam pemberian bantuan dan pertolongan bagi anggotanya dalam perilaku minum obat dan anggota keluarga akan siap memberikan pertolongan dan bantuan ketika dibutuhkan. Kepatuhan minum obat merupakan ketaatan pasien dalam minum obat baik dosis, waktu dan keberlanjutan sesuai advice yang diberikan dokter. Masalah yang terjadi pada pasien gangguan jiwa yaitu masih tingginya angka ketidakpatuhan minum obat sedangkan salah satu kunci keberhasilan pengobatan pada pasien skizofrenia yaitu kepatuhan penderita dalam pengobatan. Berdasarkan hasil wawancara pada 7 keluarga pasien Skizofrenia didapatkan bahwa masih dominan keluarga yang jarang mengingatkan pasien minum obat dan mendapingi pasien kontrol serta pasien mengatakan masih kadang lupa minum obat dan merasa bosan minum obat. Tujuan: Menganalisis Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Skizofrenia Di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Panarung Palangka Raya. Metode: Penelitian ini menggunakan desain Korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel Purposive Sampling dengan jumlah 50 responden. Hasil: Berdasarkan hasil uji Rank Spearman yaitu didapat p value yaitu  0.000 atau tingkat signifikasi p < 0,05, maka Ha diterima sehingga ada Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Skizofrenia. Kesimpulan: Ada Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Skizofrenia. Diharapkan petugas kesehatan memberikan pendidikan pada keluarga agar dapat meningkatkan dukungan pada anggota keluarga yang mengalami Skizofrenia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Santri Oktavina, STIKES Eka Harap

Suryagustina Suryagustina, STIKES Eka Harap

Tomi Satalar, STIKES Eka Harap

Siti Santi Sianipar, STIKES Eka Harap

References

Dewi, H. A., & Herlianti, L. 2021. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Minum Obat ODGJ dI RSUD dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu-Ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan Dan Farmasi, 21(2), 263–271.

Fadlilah, S. 2019. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kualitas Hidup Pasien Hemodialisis. Jurnal Kesehatan, 10(2), 284–290.

Faturrahman, W. 2021. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Gangguan Jiwa Skizofrenia: Literature Review. Tanjungpura Journal of Nursing Practice and Education, 3(2).

Ginting, S. 2019. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Skizoprenia Di Poli Klinik RSJ Prof. Dr. Muhammad Ildrem Medan.

Mubruroh, H. 2020. Hubungan Antara Peran Perawat Dan Dukungan Keluarga Terhadap Perilaku Kepatuhan Menjalani Terapi Hemodialisa Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Di Rsud Kota Madiun. STIKes Bhakti Husada Mulia Madiun.

Rahayu, E. D., Zainuri, I., & Ningsih, A. D. 2023. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Skizofrenia Di Wilayah Kerja Puskesmas Kedundung Kota Mojokerto. Perpustakaan Universitas Bina Sehat PPNI.

Refnandes, R., & Almaya, Z. 2021. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan minum obat pada pasien skizofrenia. NERS Jurnal Keperawatan, 17(1), 54–62.

Saidah Syamsuddin, S. K. J., Syauki, A. S., Nadya, A. N., Sitompul, S. Y., Sakti, U. A., & Syahrir, S. A. 2022. Buku Ajar Psikiatri: Gangguan Anxietas Fobik dan Lainnya, Obsesif Kompulsif, Reaksi Terhadap Stres, Disosiatif (Konversi), dan Somatoform. Nas Media Pustaka.

Septriani, M. 2017. Resiliensi Pada Pasien Gagal Ginjal Terminal Ditinjau Dari Dukungan Sosial.

Setiyana, N. 2021. Hubungan Pengetahuan dengan Kepatuhan Minum Obat Antihipertensi. Jurnal Medika Hutama, 2(03), 940–943.

Siagian, I. O., & Siboro, E. N. P. 2022. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Minum Obat pada Pasien Skizofrenia. Jurnal Kesehatan, 11(2), 166–173.

Telaumbanua, B. S., & Pardede, J. A. 2023. Penerapan Strategi Pelaksanaan Dalam Pemberian Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Nn. N Dengan Masalah Halusinasi Pendengaran. OSF Preprints. January, 11.

Downloads

Published

2024-04-27

How to Cite

Oktavina, S., Suryagustina, S., Satalar, T., & Sianipar, S. S. (2024). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Skizofrenia di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Panarung Palangka Raya: The Correlation of Family Support with Medication Compliance in Schizophrenia Patients in the Work Area UPTD Puskesmas Panarung Palangka Raya. Jurnal Surya Medika (JSM), 10(1), 152–161. https://doi.org/10.33084/jsm.v10i1.7199