Pengaruh Penyuluhan dengan Media Video dan Poster Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Hygiene Tenaga Penjamah Makanan di Instalasi Gizi RSUD Lamandau

Effect of Counseling Using Video and Posters on Knowledge, Attitude and Hygiene Behavior of Food Holder Personnel in Lamandau Hospital Nutritional Installation

Authors

  • Fretika Utami Dewi Poltekkes Kemenkes Palangkaraya
  • Nur Aina Poltekkes Kemenkes Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsm.v10i2.7752

Keywords:

Hygiene, Penjamah Makanan, Pengetahuan, Sikap, Perilaku

Abstract

Penjamah makanan merupakan seseorang yang secara langsung berhubungan dengan makanan dan peralatan. Jika kesadaran penjamah makanan terhadap hygiene masih rendah berisiko menjadikan makanan tidak aman, oleh karena itu perlu suatu tindakan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku dengan memberikan informasi menggunakan media. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penyuluhan dengan media video dan poster terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku hygiene tenaga penjamah makanan di Instalasi Gizi RSUD Lamandau. Desain penelitian adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan one group pretest-posttest design dengan subyek penelitian 10 orang penjamah makanan terdiri dari 5 orang untuk media video dan 5 orang untuk media poster. Penilaian pengetahuan, sikap dan perilaku penjamah dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji T-test Dependent dan Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik terbanyak jenis kelamin perempuan (80%), umur 32-48 tahun (80%), pendidikan dengan media video SMA (60%), Pendidikan dengan media poster SMA (40%), D-III (40%) dan lama berkerja dengan media video ≤ 5 tahun (60%), media poster ≥ 5 tahun (80%). Pengetahuan dan sikap responden sesudah diberikan penyuluhan dengan media video dan poster dalam kategori baik serta perilaku responden sesudah diberikan penyuluhan dengan media video dan poster dalam kategori cukup. Hasil Uji statistik T-test Dependent dan Wilcoxon diketahui bahwa ada pengaruh penyuluhan dengan media video dan poster terhadap pengetahuan dan perilaku hygiene penjamah makanan (p-value>0,05) serta tidak ada pengaruh penyuluhan dengan media video dan poster terhadap sikap hygiene penjamah makanan (p-value<0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fretika Utami Dewi, Poltekkes Kemenkes Palangkaraya

Nur Aina, Poltekkes Kemenkes Palangkaraya

References

Andayani. 2015. Problematika dan Aksiom dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakart. Deepublish.

Aprivia SA, Yulianti AE. 2021. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Perilaku Dengan Penerapan Personal Hygiene Penjamah Makanan Tahun 2021. jurnal kesehatan lingkungan (journal of enviromental health).

Avrilinda SM dan Kristiastuti D. 2016. Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Higiene Penjamah Makanan di Kantin SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. e-journal Boga. 5(2) : 1-7.

Bakri B, Intiyati A, Widartika. 2018. Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi Bahan Ajar Gizi Sistem Penyelengaraan Makanan. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Depkes RI. 2003. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta: Dirjen Depkes.

Bakri B, Intiyati A. 2018. Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi Tahun 2018.12.

Depkes. 2013. Pedoman PGRS Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Kementerian Kesehatan RI.

Fatmawati S. A. Rosidi dan E. Handarsari. 2013. Perilaku Higiene Pengolah Makanan Berdasarkan Pengetahuan Tentang Higiene Mengolah Makanan Dalam Penyelenggaraan Makanan Di Pusat Pendidikan Dan Latihan Olahraga Pelajar Jawa Tengahari, Erma. Jurnal Gizi Universitas Muhammadiyah Semarang.

Gejir IN, Agung G, Ratih IADK, Suanda IW, Widiari NN, Mustika IW. 2017. Media Komunikasi Dalam Penyuluhan Kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset.

Gunawan DCD, Nofiartika F, Nirasari FA, Prasetiyo B. 2020. Pengaruh Edukasi Higiene Sanitasi Makanan Melalui Media Group Whatsapp Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Penjamah Makanan Di Lapangan Karang Kotagede Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Kesehatan.

Iqbal M, Winarsih NA. 2020. Pengaruh Poster Terhadap Perubahan Perilaku Penjamah Makanan Di Kantin Politeknik Negeri Jember. Jurnal Gizi.

Irawan DWP. 2016. Prinsip Hygiene Sanitasi Makanan dan Minuman. Kursus Hygiene Sanitasi Makanan dan Minuman.

Ismail FH, Chik CT, Muhammad R, Yusoff NM. 2016. Food safety knowledge and personal hygiene practices amongst mobile food handlers in Shah Alam, Selangor. Procedia-Social and Behavioral Sciences.

Kholid Ahmad. 2012. Promosi Kesehatan. Jakarta : Rajawali Pers. Laporan tahunan pusat data dan informasi badan pengawasan Obat dan Makanan Tahun 2019.

Nabila N, Andriani A. 2020. Pengaruh penyuluhan dengan media poster terhadap peningkatan pengetahuan dan penerapan teknik pengolahan bahan makanan pada penjamah makanan di Panti Asuhan Kota Banda Aceh. Jurnal SAGO Gizi Dan Kesehatan. 1(2).

Notoatmodjo S. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo. 2018. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1096/Menkes/Per/VI/2011 Tentang Higiene Sanitasi Jasaboga.

Pitri RH, Sugiarto S, Husaini A. 2020. Faktor Yang Berhubungan Dengan Praktik Hygiene Penjamah Makanan Di Sekolah Dasar Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Pinang. Journal of Healthcare Technology and Medicine.

Profil rumah sakit Rumah Sakit Umum Daerah Lamandau Tahun 2020.

Rahmawati U, Subandriani DN, Yuniarti Y. 2020. Pengaruh Penyuluhan Dengan Booklet Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap Dan Praktik Higiene Perorangan Pada Penjamah Makanan. Jurnal Riset Gizi.

Saputro D. 2019. Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Video Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Higiene Tenaga Penjamah Makanan Di Katering Aulia Kota Palangka Raya. Doctoral Dissertation. Poltekkes Kemenkes Palangka Raya.

Surat Keputusan direktur rumah sakit umum daerah lamandau Nomor: 051./36/VIII/RSUD/2018 Tentang Kebijakan penyediaan makanan.

Sutjipto B, Kustandi C. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wardana A. S dan Marfuah D. 2021. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) di Instalasi Gizi RSUD Kota Salatiga. Profesi (Profesional Islam). Media Publikasi Penelitian.

Wawan, Dewi M. 2019. Teori & Pengukuran Pengetahuan, sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Yahya P. N, Ronitawati P, Sitoayu L, Sa’pang M, Nuzrina R. 2022. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Praktik Keamanan Pangan Pada Penyelenggaraan Makanan Di Sekolah. Gizi Indonesia.

Downloads

Published

2024-08-04

How to Cite

Dewi, F. U., & Aina, N. (2024). Pengaruh Penyuluhan dengan Media Video dan Poster Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Hygiene Tenaga Penjamah Makanan di Instalasi Gizi RSUD Lamandau: Effect of Counseling Using Video and Posters on Knowledge, Attitude and Hygiene Behavior of Food Holder Personnel in Lamandau Hospital Nutritional Installation. Jurnal Surya Medika (JSM), 10(2), 264–275. https://doi.org/10.33084/jsm.v10i2.7752