Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Ceramah dan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Siswa/i Kelas V di SDN 12 Langkai Kota Palangka Raya
The Effect of Health Education Using the Lecture Method and Audio Visual Media on Increasing Knowledge About Washing Hands with Soap (CTPS) in Fifth Grade Students at SDN 12 Langkai City of Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/jsm.v10i2.7755Keywords:
Pengetahuan, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pendidikan Kesehatan, Metode Ceramah, Media Audio VisualAbstract
Anak usia sekolah memiliki pergaulan yang sangat luas baik itu dilingkungan bermain dan sekolah, sehingga perlu diperhatikan kebersihan diri salah satunya menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan dengan baik dan benar, akan tetapi tidak banyak anak-anak yang mengetahui cara cuci tangan yang baik dan benar sehingga perlu untuk diperhatikan. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) adalah upaya pencegahan penyakit karena tangan dapat menjadi agen pembawa kuman dari individu ke individu lain, baik itu kontak langsung maupun tidak langsung. Pengetahuan memiliki peran penting bagi seseorang untuk meningkatkan pengetahuan salah satunya adalah dengan pemberian pendidikan kesehatan upaya dalam meningkatkan pengetahuan mengenai Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pendidikan kesehatan tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan metode ceramah dan media audio visual terhadap peningkatan pengetahuan siswa/i. Penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan jenis penelitian yaitu one group pretest-posttest. Sampel pada penelitian ini berjumlah 70 responden yaitu siswa/i kelas V di SDN 12 Langkai Palangka Raya. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Analisis data menggunakan uji Paired sample t-test. Hasil uji Paired sample t-test (p value = 0,000 atau p<0,05), yaitu artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada pemberian pendidikan kesehatan tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan metode ceramah dan media audio visual terhadap peningkatan pengetahuan siswa/i kelas V di SDN 12 Langkai Palangka Raya. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dan menggunakan media audio visual terbukti efektif dalam menyampaikan informasi pada anak usia sekolah. Saran yang diberikan yaitu untuk melakukan pendidikan kesehatan secara rutin dengan berkerjasama dengan fasilitas kesehatan terkait pemberian pendidikan kesehatan tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) guna meningkatkan pengetahuan siswa/i mengenai pentingnya cuci tangan yang baik dan benar.
Downloads
References
Anwar, S., Salsabila, I., Sofyan, R., & Amna, Z. 2019. Laki-Laki Atau Perempuan, Siapa Yang Lebih Cerdas Dalam Proses Belajar? Sebuah Bukti Dari Pendekatan Analisis Survival. In Jurnal Psikologi (Vol. 18, Issue 2). https://doi.org/10.14710/jp.18.2.281-296
BPS. 2022. Badan Pusat Statistik, Jakarta : Badan Pusat Statistik (BPS). In Statistik Indonesia 2022 (Statistical Yearbook Of Indonesia 2022). https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk-2020.html
Ernawati, Eka Rora Suci Wisudawati, & M. Romadhon. 2021. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Tindakan Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps). Jurnal Kesehatan Dan Pembangunan, 11(21), 28–34. https://doi.org/10.52047/jkp.v11i21.95
Fadila, A. N. 2021. Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Masyarakat.
Marselina, Elisabeth, E. a. 2020. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Pada Peserta Didik Di SD GMIM 14 Manado.
Michael. 2017. Handbook of Human Resources Management Practice. Ed.11. Jakarta. Replika Press.
Muh. Fajaruddin, N. 2018. Pengaruh penyuluhan CTPS terhadap peningkatan pengetahuan siswa SDN 169 bonto parang Kabupaten Jeneponto. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 1(2), 1–9. http://journal.unhas.ac.id/index.php/jnik/article/view/5977
Notoadmojo. 2018. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku.
Nugroho, T., & Rosidah, S. 2020. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak SD Kelas 2. Jurnal Kesehatan, VIII(1), 41–48.
Nurmala. 2018. Promosi Kesehatan.
Pakpahan, A. F. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran.
Rahmadhani Dwi Aditya. 2022. Pengaruh Media Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia, 8 (2), 82–89.
Rahman, E. Q. 2018. Pengaruh Penyuluhan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Cuci Tangan Pada Siswa Kelas V SDN Sangkiang Baru Kecamatan Kelumpang Selatan Tahun 2018.
Saputri, A. A. 2019. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Audio_Visual Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Pada Anak Kelas IV Di Mi Jamilurrahman Bantul. 14.
Sinaga, L. R. V, Sianturi, E., Maisyarah, M., Amir, N., Simamora, J. P., Ashriady, A., Hardiyati, H., & Simarmata, J. 2021. Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku.
Swarjana IK. 2022. Konsep Pengetahuan, Sikap, Perilakua, Persepsi, Stres, Kecemasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan, Pandemi Covid-19, Akses Layanan Kesehatan- Lengkap dengan Konsep Teori, Cara Mengukur Variabel, dan Contok Kuesioner. In CV Andi Offset (Vol. 5, Issue 3).
UNICEF. 2020. To beat COVID-19, hand hygiene must become an everyday reality for all Indonesians. Unicef, 1. https://www.unicef.org/indonesia/press-releases/beat-covid-19-hand-hygiene-must-become-everyday-reality-all-indonesians
WHO/UNICEF. 2021. State of the World’s Hand Hygiene. In Before theFall. https://www.taylorfrancis.com/books/9781351314596/chapters/10.4324/9781351314602-33
Wijaya, D. R. 2023. Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Santri TPA Nurul Muallim Kab. Gowa. Journal of Public Health Service, 2(1), 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Natalia Septriana, Melisa Frisilia, Riska Ovany
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.