Pemahaman Visi Misi dan Implementasi Civitas Akademika pada Prodi D3 Keperawatan Kolaka

Understanding the Vision, Mission and Implementation of the Academic Community in the Study Program D3 Nursing Kolaka

Authors

  • Bangu Bangu Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Fajar Vilbra Ayu Lestari Universitas Sembilanbelas November Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsm.v10i3.8964

Keywords:

Implementasi Kegiatan, Akademik, Pemahaman, Visi, Misi

Abstract

Visi adalah pandangan jauh tentang suatu institusi ataupun lembaga, visi juga dapat di artikan sebagai tujuan pogram studi atau lembaga dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuannya tersebut pada masa yang akan datang atau masa depan. Misi adalah suatu pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh Program Studi Diploma Tiga Keperawatan dalam usaha mewujudkan Visi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan imlementasi civitas akademika Program studi Diploma Tiga Keperawatan, Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Sembilanbelas Nopember Kolaka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian  kuantitatif dengan pendekatan desain Deskriptif. Sasaran penelitian adalah sejumlah responden yang ditetapkan secara sengaja (purpossive) oleh peneliti. Kriteria itu meliputi; Dosen prodi, Stakeholder, ketua dan sekertaris prodi, Dekan Fakultas tenaga kependidikan, Alumni dan mahasiswa Prodi diploma tiga keperawatan.  Hasil penelitian ini memberi penjelasan bahwa visi misi prodi selaras dengan visi misi fakultas dan universitas. Namun visi misi belum dipahami secara merata baik dosen maupun tenaga kependidikan. Implementasi Visi misi masih sebahagian civitas akademika yang melaksanakan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan (pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat). Implementasi visi misi belum sepenuhnya tercermin pada kurikulum.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Bangu Bangu, Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Fajar Vilbra Ayu Lestari, Universitas Sembilanbelas November Kolaka

References

Aditama, C. Y. 2015. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. (Edisi 2). Jakarta: UI Press.

Al-assaf, A. F. 2015. Mutu Pelayaan Kesehatan: Perspektif Internasional. Jakarta: EGC.

Aminatul zahro. 2014. Total Quality Managemen Teori dan Praktek Manajemen untuk Mendongkrak Mutu Pendidkan. Jogjakarta: Arruzzmedia.

Bangu., Yuhanah., Tulak, G.T., & Siagian, H. J. 2021 Peran Keluarga Dalam Merawat Anggota Keluarga Dengan Hipertensi Puskesmas Kolakaasi Kelurahan Kolakaasi Kecamatan Latambaga. Jurnal Kesmas Indonesia. 13 (1): 126-.143.

Edison, E. dkk. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Erwin, W. 2017. Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas.Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Faruq, M. H. Al, & Supriyanto, S. 2020. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan. 5 (1): 68. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p68- 76

Gilang, A., & Zuliana. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1): 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280.

Kusdi. 2011. Budaya Organisasi : Teori, Penelitian, dan praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Lutfih, M. 2014. Hermeneutika: Pemahaman konseptual dan metodologi http://journal.unair.ac.id/filerPDF/Hermeneutika.

Minan, M. 2019. Praktik Kepemimpinan Tranformasional Dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru Perspektif AlQur’an. Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam. 1 (1):177–196. Https://Doi.Org/10.36671/Andragogi.V1i1.53

Purnomo, S. 2017. Pengembangan Sasaran, Visi dan Misi Hubungan Masyarakat di Lembaga Pendidikan Berbasis Kepuasan Pelanggan. Jurnal Kependidikan. 3(2). https://doi.org/10.24090/jk.v3i2.89

Suryani, Y. T. 2016. Implementasi Balanced Scorecard Dalam Pengukuran Kinerja Manajemen Rumah Sakit. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. 5(1) : 2. http://jurnalmahasiswa.statiesia.ac.id

Sukaningtyas, D., Satori, D., & Sa’ud, U.S. 2017. Pengembangan Kapasitas Manajemen Sekolah Dalam Membangun Pemahaman Visi dan Misi. Cakrawala Pendidikan. 36(2): 257-266

Sugiyono, P. D. 2017. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Saujana. http://handpage.blogspot.com/p/pengertian-Visi-dan-Misi.html (23 Maret 2014)

Wirawan. 2014. Kepemimpinan: Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikaasi dan Penelitian.

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Bangu, B., & Ayu Lestari, F. V. (2024). Pemahaman Visi Misi dan Implementasi Civitas Akademika pada Prodi D3 Keperawatan Kolaka: Understanding the Vision, Mission and Implementation of the Academic Community in the Study Program D3 Nursing Kolaka. Jurnal Surya Medika (JSM), 10(3), 59–64. https://doi.org/10.33084/jsm.v10i3.8964