Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran IPS
Limited Face-Face Learning In The Covid-19 Pandemi In Social Studies Subjects
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4370Keywords:
Tatap Muka TerbatasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah Kuala Kapuas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif menggunakan analisi ssecara mendalam. Ada dua jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran tatap muka terbtas peserta didik masih merasa kesulitan dalam pembelajarannya dikarenakan sistem pembelajaran tatap muka terbatas masih dianggap baru, Pembelajaran tatap muka terbatas menggunakan sistem shifting atau bergiliran ini pihak sekolah melakukan pembatasan jumlah peserta didik per ruang kelas yang mengakibatkan keterbatasan jam belajar peserta didik dalam pertemuan tatap muka terbatas disekolah. Hal ini akan menimbulkan Kendala terkait ketidak capaian materi jam belajar. Ketidak capain materi belajar tentunya akan berdampak dan mempengaruhi kompetensi peserta didik yang dihasilkan, apabila tidak segera ditangani maka akan berpotensi menyebabkan penurunan capaian belajar peserta didik.
Downloads
References
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194
Fernanda, E. P., Astuti, R. P. F., & Hidayat, T. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan ( Daring ) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Tengah Pandemi Covid - 19 Di Smpn 1 Padangan. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2).
Ferri, F., Grifoni, P., & Guzzo, T. (2020). Online learning and emergency remote teaching: Opportunities and challenges in emergency situations. Societies, 10(4), 1–18. https://doi.org/10.3390/soc10040086
Nurul Hidayah, F., Prima Rias Wana, & Djoko Hari Supriyanto. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Siswa Kelas 3 Pada Mata Pelajaran Tematik di SDN Kedunggalar IV. Inventa, 5(2), 212–219. https://doi.org/10.36456/inventa.5.2.a3819
Reka Yulia. (2021). Pengaruh pembelajaran daring dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kejuruan x ips SMAN 2 Rembang. Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, Vol 7 No 2(November), 235–244. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snk/article/view/2471
Saiful, N. I., Rudiyansyah, R., & Aslam, S. L. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pendemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 20 Gowa ). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 86–92. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4539
Tsegay, S. M., Ashraf, M. A., Perveen, S., & Zegergish, M. Z. (2022). Online Teaching during COVID-19 Pandemic: Teachers’ Experiences from a Chinese University. Sustainability (Switzerland), 14(1), 1–13. https://doi.org/10.3390/su14010568
Yuliana, D. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Gratis Di Desa Gebangan. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 10. https://doi.org/10.31100/matappa.v2i1.287
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Istighfaris Rezki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.