Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran IPS Limited Face-Face Learning In The Covid-19 Pandemi In Social Studies Subjects
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah Kuala Kapuas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif menggunakan analisi ssecara mendalam. Ada dua jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran tatap muka terbtas peserta didik masih merasa kesulitan dalam pembelajarannya dikarenakan sistem pembelajaran tatap muka terbatas masih dianggap baru, Pembelajaran tatap muka terbatas menggunakan sistem shifting atau bergiliran ini pihak sekolah melakukan pembatasan jumlah peserta didik per ruang kelas yang mengakibatkan keterbatasan jam belajar peserta didik dalam pertemuan tatap muka terbatas disekolah. Hal ini akan menimbulkan Kendala terkait ketidak capaian materi jam belajar. Ketidak capain materi belajar tentunya akan berdampak dan mempengaruhi kompetensi peserta didik yang dihasilkan, apabila tidak segera ditangani maka akan berpotensi menyebabkan penurunan capaian belajar peserta didik.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194
Fernanda, E. P., Astuti, R. P. F., & Hidayat, T. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan ( Daring ) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Tengah Pandemi Covid - 19 Di Smpn 1 Padangan. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2).
Ferri, F., Grifoni, P., & Guzzo, T. (2020). Online learning and emergency remote teaching: Opportunities and challenges in emergency situations. Societies, 10(4), 1–18. https://doi.org/10.3390/soc10040086
Nurul Hidayah, F., Prima Rias Wana, & Djoko Hari Supriyanto. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Siswa Kelas 3 Pada Mata Pelajaran Tematik di SDN Kedunggalar IV. Inventa, 5(2), 212–219. https://doi.org/10.36456/inventa.5.2.a3819
Reka Yulia. (2021). Pengaruh pembelajaran daring dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kejuruan x ips SMAN 2 Rembang. Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, Vol 7 No 2(November), 235–244. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snk/article/view/2471
Saiful, N. I., Rudiyansyah, R., & Aslam, S. L. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pendemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 20 Gowa ). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 86–92. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4539
Tsegay, S. M., Ashraf, M. A., Perveen, S., & Zegergish, M. Z. (2022). Online Teaching during COVID-19 Pandemic: Teachers’ Experiences from a Chinese University. Sustainability (Switzerland), 14(1), 1–13. https://doi.org/10.3390/su14010568
Yuliana, D. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Gratis Di Desa Gebangan. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 10. https://doi.org/10.31100/matappa.v2i1.287
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45.