Pengembangan Buku Ajar Geometri di SD dengan Pendekatan RME Berbasis Simbol Budaya Suku Dayak Ngaju Kalimantan Tengah

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v10i1.7800

Keywords:

geometri, buku ajar, simbol, dayak ngaju

Abstract

Integrasi kearifan lokal pada pembelajaran matematika masih jarang dilaksanakan. Selain itu, mayoritas pembelajaran matematika di kelas kurang bermakna dan monoton sehingga siswa merasa bosan dan jenuh ketika belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengembangkan buku ajar materi geometri di SD dengan pendekatan RME berbasis simbol budaya Suku Dayak Ngaju di KalimantanTengah; 2) Melakukan sosialisasi produk pengembangan buku ajar materi geometri di Sekolah Dasar dengan pendekatan RME berbasis simbol budaya Suku Dayak Ngaju melalui pembelajaran di kelas. Metode penelitian ini yaitu metode Research and Development (RnD) dengan model 4-D. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi berupa skala Likert untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan buku ajar materi geometri berbasis kearifan lokal suku dayak di SD telah terkategori layak untuk digunakan; (2) Diseminasi produk pengembangan buku ajar materi geometri berbasis kearifan lokal suku dayak dapat menimbulkan kepuasan dalam pembelajaran matematika guru dan siswa SD. Kesimpulan dalam penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1)  Pengembangan buku ajar materi geometri berbasis kearifan lokal suku dayak di SD telah terkategori layak untuk digunakan; (2) Diseminasi produk pengembangan buku ajar materi geometri berbasis kearifan lokal suku dayak dapat menimbulkan kepuasan dalam pembelajaran matematika guru dan siswa SD.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rospala Hanisah Yukti Sari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Istighfaris Rezki, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Dewi, W. S., Maimunah, & Roza, Y. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Materi Geometri Kelas Vii Smp Kota Pekanbaru,” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 635–642.

Dimpudus, A., & Ding, A. C. H. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kebudayaan Suku Dayak Sebagai Sumber Belajar Matematika Di Smp Negeri 1 Linggang Bigung Kutai Barat. Primatika, 8(2), 111–118.

Fatchurahman, M., Fahmi, F., & Solikin, A. (n.d.). Huma Betang: Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kalimantan Tengah. Akademia Pustaka. Retrieved November 26, 2024, from Http://Repository.Umpr.Ac.Id/Id/Eprint/192

Fitriani, F., Wahidah, W., & Junaidi, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Berbasis Kearifan Lokal Aceh. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 41–58. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.1.41-58

Hidayat, L. D., & Novikasari, I. (2023). Effectiveness of Realistic Mathematics Approach to Increasing Mathematical Representation Ability at SMP N 9 Purwokerto. International Journal of Research in Mathematics Education, 1(2), 116–125. https://doi.org/10.24090/ijrme.v1i2.9139

Ihsan, F., & Ahmad, S. (2021a). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Berpenyebut Berbeda Di Kelas V Sekolah Dasar. Journal Of Basic Education Studies, 4(2).

Ihsan, F., & Ahmad, S. (2021b). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Berpenyebut Berbeda Di Kelas V Sekolah Dasar. Journal Of Basic Education Studies, 4(2), 449–458.

Ja’Faruddin, M. A., Naufal, & Ihsan, H. (2023). Ethnomathematics Exploration Of Traditional Bugis-Makassar Food Based On The Mathematization Of Iceberg Realistic Mathematics Education. Issues In Mathematics Education, 7(1), 92–98. Http://Www.Ojs.Unm.Ac.Id/Imed

Jawas, U. (2020). Cultural Diversity and its Influence on English Teaching and Learning in an EFL Context. International Journal of Instruction, 13(4), 559–574. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13435a

Juandi, D., Kusumah, Y. S., & Tamur, M. (2022). A Meta-Analysis of the Last Two Decades of Realistic Mathematics Education Approaches. International Journal of Instruction, 15(1), 381–400. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15122a

Khotimah, S. H., & As’ad, M. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 491–498.

Milkhaturrohman, S. D. S., & Wakit, A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar Di Sdn 2 Mantingan Jepara. Mathema Journal, 4(2), 94–106.

Mu’tiah, S., Armis, A., & Heleni, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Scientific Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp/Mts. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1359. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6903

Nasution, P. H., & Ginting, S. W. (2023). Design of a Rumah Budaya in the Context of Preserving Karo Culture in Desa Lingga, Karo Regency, North Sumatra. International Journal of Cultural and Art Studies, 7(2), 77–85. https://doi.org/10.32734/ijcas.v7i2.13692

Puspitasari, W. D., & Febrinita, F. (2021). Pengujian Validasi Isi (Content Validity) Angket Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Matakuliah Matematika Komputasi. Focus Action Of Research Mathematic, 4(1), 77–90. https://doi.org/10.30762/Factor-M.V4i1.3254

Rosalina, L., Oktarina, R., Rahmiati, R., & Saputra, I. (2023). Buku Ajar Statistika (Pertama). Cv Muharika Rumah Ilmiah. Www.Muharikarumahilmiah.Com

Sari, R. H. Y. (2023). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran Untuk Pgsd/Pgmi. Penerbit Adab. Https://Penerbitadab.Id/Konsep-Dasar-Belajar-Dan-Pembelajaran-Untuk-Pgsd-Pgmi/

Sari, R. H. Y., & Usop, D. S. (2022). Stress level analysis of students on online mathematics course. Proceedings Of The 6th National Conference On Mathematics And Mathematics Education, 020058. https://doi.org/10.1063/5.0096206

Widiyasari, R., Astriyani, A., & Purwoko, R. Y. (2023, October). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal Dengan Pendekatan Pmri. Seminar Nasional Penelitian Lppm Umj, Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta. Http://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Semnaslit

Widyastuti, M. (2021). Peran Kebudayaan Dalam Dunia Pendidikan The Role Of Culture In The World Of Education. Jurnal Kebhinekaan Dan Wawasan Kebangsaan, 1(1), 54–64. Https://Journal.Unindra.Ac.Id/Index.Php/Jagaddhita

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

Sari, R. H. Y., & Rezki, I. (2024). Pengembangan Buku Ajar Geometri di SD dengan Pendekatan RME Berbasis Simbol Budaya Suku Dayak Ngaju Kalimantan Tengah. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 86–95. https://doi.org/10.33084/neraca.v10i1.7800