Pengaruh Faktor Eksternal Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v9i2.6158Keywords:
Faktor Eksternal, Kinerja GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor eksternal terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kota Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah faktor eksternal (X) dan kinerja guru (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru di SMK Negeri di Kota Makassar. Pengukuran Variabel menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif persentase, uji instrumen dan uji hipotesis. Uji instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Sementara uji hipotesis terdiri dari analisis regresi linear sederhana, analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, dan uji t. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa faktor eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kota Makassar.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, K., Putra, A. R. B., Nurrohman, H., Supriyadi, A. ., & Sabela, W. (2023). The Influence of Learning Discipline and Family Environment on Learning Outcomes in Economics Subjects. International Journal of Universal Education, 1(2), 44–50. https://doi.org/10.33084/ijue.v1i2.6899
Barnawi & Arifin. 2014. Kinerja Guru Professional. Jogjakarta: Ar-ruzz media.
Busyra, S & Sani, L. 2020. Kinerja Mengajar Dengan Sistem Work From Home (WFH) Pada Guru Di SMK Purnawarman Purwakarta: Thesis. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Gaffar.M.F. 2005. Profesionalisasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Bandung.FIP UPI
Hasanah, N. & Mutiasari. 2020. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru SMK. Thesis. Purwokerto: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satria Purwokerto
Martini, N., Putra, C. A., & Rahmaniati, R. (2023). Implementation of Strengthening Character Education in Pancasila Education Learning . International Journal of Universal Education, 1(2), 56–60. https://doi.org/10.33084/ijue.v1i2.6930
Mulia, E. 2019. Pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa. Skripsi. Riau Pekanbaru: UIN.
Narimawati, U. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media
Risnawati, Ririn. 2012. Konsep kinerja pegawai dan guru. Jakarta: rajawali pers
Rosyid. 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.
Siregar, S. 2013. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Siregar, S. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Manual dan SPSS. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Supardi. 2016. Kinerja guru. Jakarta: Rajawali pers.
Susanto. 2018. Konsep strategi, dan implementasi manajemen peningkatan kinerja guru. Depok: Prenadamedia group
Wenda. 2015. Analisis pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap kinerja guru. Skripsi. Mimika:universitas terbuka Jakarta.
Widiasworo, Erwin. 2017. Strategi & Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif & Kominikatif. Yogyakarta: Arruz Media
Yamin & Maisah. 2010. Standarisasi kinerja guru. Jakarta: Persada press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sitti Hajerah, Nuraisyiah, Nurjannah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.