Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Karakter Siswa Program Keahlian Akuntansi
The Effect of Emotional Intelligence on The Character of Students’ Accounting Expertise Program
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4358Keywords:
Kecerdasan Emosional, Karakter Siswa, Program KKeahlian AkuntansiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap karakter siswa program keahlian akuntansi di SMK Negeri 6 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional sebagai variabel bebas (X), dan variabel karakter siswa sebagai variabel terikat (Y). Populasinya seluruh siswa program keahlian akuntansi di SMK Negeri 6 Makassar yang terdiri dari 148 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling dengan sampel sebanyak 60 siswa yang diambil secara acak dan proporsional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrument yang terdiri atas uji validitas dan reliabilitas, uji hipotesi yang terdiri atas analisis regresi linear sederhana, uji t, dan koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS versi 25 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan maka diperoleh model persamaan regresi linear sederhana Y= 46,854 + 0,671X yang berarti tiap penambahan 1 satuan kecerdasan emosional, maka karakter siswa mengalami peningkatan sebesar 0,671. Dari hasil analisis koefisien determinasi (r²) diperoleh nilai yaitu r² = 17,9% yang berarti kecerdasan emosional memiliki pengaruh terhadap karakter siswa sebesar 17,9% dan sisanya 82,1% dipengaruhi oleh factor lain. Sementara dari hasil uji t diperoleh nilai signifikan 0,001<0,05 yang berarti kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap karakter siswa, dengan demikian hipotesis diterima.
Downloads
References
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Gaung Persada Press.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Prenada Media Group.
Kurniawan S. 2017. Pendidikan Karakter. Ar-Ruzz Media.
Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Kemendiknas.
Arikunto. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Papas Sinar Sinanti.
Maryani N. 2017. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Karakter Siswa SMA Negeri 4 Sleman Yogyakarta. Published online.
Fathurrohman. 2017. Pengembangan Pendidikan Karakter. PT. Refika Aditama.
Idi A, Safarina. 2016. Etika Pendidikan. PT Raja Grafindo.
Kesuma D, Triatna C. 2008. Pendidikan Karakter. Rosda Karya.
Koesoema. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Grasindo.
Muslich M. 2010. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara.
Mulyasa. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.
Prawira PA. 2017. Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Ar-Ruzz Media
Saptono. 2011. Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter. Erlangga.
Sumadiredja AS. 2014. Kecerdasan Dan Lingkungan Pendidikan. Mandar Maju.
Sukmadinata NS. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.
Siregar, Syofian. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Kencana.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, Dan R & D. Alfabeta.
Uno H. 2008. Mengelolah Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Bumi Aksara.
Wiyani NA. 2014. Mengelolah &Mengembangkan Kecerdasan Sosial & Emosi Anak Usia Dini. Ar-Ruzz Media.
Yaumi. 2014. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi. Prenadamedia Group.
Narimawati. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif, Teori Dan Aplikasi. Agung Media
Kuswandi M. 2008. Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap karakter siwa mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Rejotangan. Published online.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Abd. Rijal, Nuraisyiah, Nurjannah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.