Pengaruh Keterampilan Menggunakan Variasi Oleh Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa The Effect of Skills Using Variations by The Teacher on The Learning Activeness Of Students
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh keterampilan menggunakan variasi oleh guru terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pangkep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Pangkep yang berjumlah 104 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif persentase, uji instrumen, dan uji hipotesis. Sedangkan uji hipotesis terdiri dari analisis regresi linier sederhana, uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh nilai 0,010<0,05 yang berarti bahwa keterampilan menggunakan variasi guru berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar. Dari hasil analisis koefisien determinasi (r2) diperoleh nilai r2=17,8% yang berarti keterampilan menggunakan variasi oleh guru mempunyai kontribusi terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 17,8 persen dan sisanya 82,2 persen dipengaruhi oleh faktor lain.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
 - Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
 - Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
 - Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 - The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
References
Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamiyah, Nur & Jauhar, Mohammad. (2014). Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Helmiati. (2013). Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja pressindo
Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta
Ridwan & Akdon. (2009). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Uno, Hamzah B. (2012). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Uno, Hamzah B. & Mohamad, Nurdin. (2012). Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.
Wandira, Sri Ayu. (2019). Pengaruh Keterampilan Guru Mengadakan Variasi Mengajar Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Singingi. Skripisi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.