Pengaruh Keterampilan Menggunakan Variasi Oleh Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa

The Effect of Skills Using Variations by The Teacher on The Learning Activeness Of Students

Authors

  • Sitti Hajerah Hasyim Universtas Negeri Makassar
  • M Yusuf A Ngampo Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Wahab Universitas Negeri Makassar
  • Nurjannah Nurjannah Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4379

Keywords:

Keterampilan Menggunakan Variasi, Aktivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh keterampilan menggunakan variasi oleh guru terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pangkep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Pangkep yang berjumlah 104 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif persentase, uji instrumen, dan uji hipotesis. Sedangkan uji hipotesis terdiri dari analisis regresi linier sederhana, uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh nilai 0,010<0,05 yang berarti bahwa keterampilan menggunakan variasi guru berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar. Dari hasil analisis koefisien determinasi (r2) diperoleh nilai r2=17,8% yang berarti keterampilan menggunakan variasi oleh guru mempunyai kontribusi terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 17,8 persen dan sisanya 82,2 persen dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sitti Hajerah Hasyim, Universtas Negeri Makassar

M Yusuf A Ngampo, Universitas Negeri Makassar

Abdul Wahab, Universitas Negeri Makassar

Nurjannah Nurjannah, Universitas Negeri Makassar

References

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamiyah, Nur & Jauhar, Mohammad. (2014). Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Helmiati. (2013). Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja pressindo

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta

Ridwan & Akdon. (2009). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, Hamzah B. (2012). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. & Mohamad, Nurdin. (2012). Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Wandira, Sri Ayu. (2019). Pengaruh Keterampilan Guru Mengadakan Variasi Mengajar Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Singingi. Skripisi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Hasyim, S. H., Ngampo, M. Y. A., Wahab, A., & Nurjannah, N. (2022). Pengaruh Keterampilan Menggunakan Variasi Oleh Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa : The Effect of Skills Using Variations by The Teacher on The Learning Activeness Of Students. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 66–74. https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4379