Penguatan Literasi Keuangan Pedagang Kelontong Akibat Dampak Kehadiran Minimarket (Studi Kasus di Kecamatan Tamalate Kota Makassar)
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v10i2.9804Keywords:
Literasi Keuangan, Pedagang Kelontong, MinimarketAbstract
Perkembangan keberadaan minimarket ritel modern semakin pesat pada era sekarang. Selain daerah perkotaan, ritel modern juga telah menjangkau daerah pedesaan. Mempertahankan bisnis lokal, tradisional, dan usaha kecil, terutama yang menawarkan produk dan layanan yang sama merupakan tantangan umum. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis bagaimana implikasi kehadiran minimarket terhadap keberadaan usaha pedagang kelontong dan bagaimana literasi keuangan dapat memperkuat ketahanan usaha kelontong di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun tahapan pengumpulan data yaitu: Metode wawancara,, observasi, dan metode dokumentasi. Digunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dalam menginterpretasikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran minimarket memberikan implikasi baik secara positif maupun negatif terhadap keberadaan toko kelontong. Dampak positifnya bahwa pelaku usaha toko kelontong bisa membeli perlengkapan yang tidak tersedia di toko milik mereka di minimarket, serta produk yang sedang diskon di minimarket dapat mereka beli lalu menjual kembali dengan harga normal. Dampak negatifnya yaitu banyak konsumen yang beralih ke minimarket mengakibatkan penurunan omzet penjualan yang cukup berdampak bagi operasional usaha.
Downloads
References
A. Razak dkk. (2024). Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Pada Live Streaming Aplikasi Tiktok Shop. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 136–146.
Alimudin, A., Falani, A. Z., Setiawan, E., & Arifin, B. (2017). The Use Of Fuzzy Logic In Developing Competitiveness Strategy Toward Small And Medium Enterprises (Grocery). Advanced Science Letters, 23(12), 11867-11873.
Anggraini, A. M. T. (2020). The Role Of Smes In The Economic Development Of Indonesia: A Study Of Competition Law And Policy In The Field Of Retail Industry. In Proceeding On International Conference Of Science Management Art Research Technology (Vol. 1, No. 1, Pp. 168-174).
Asmayadi, E., & Hartini, S. (2015). The Impact Of Service Quality And Product Quality Towards Customer Loyalty Through Emotional And Functional Values In Traditional Markets In Pontianak, Indonesia. European Journal Of Business And Management, 7(5).
Ferricha, D., & Fauzan, F. (2020). How The Policy And Empowerment Of Traditional Markets In Indonesia?. International Journal Of Scientific & Technology Research, 9(04), 3649-3652.
Indrawan. (2019). Analisis Komparatif Informasi Laporan Keuangan Umk Warung Kelontong Atas Kehadiran Minimarket Di Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. Skripsi, Stie Nobel Indonesia, 1–98.
Islami, S. (2022). “ Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Pada Umkm Toko Kelontong Di Kota Duri ” Diajukan Guna Memenuhi Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Strata ( S-1 ) Pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Un.
Kesuma, M. A., & Setiawina, N. D. (2019). Resistance Of Traditional Storage Traders In Encounter Mini-Market Competitors In Denpasar City. International Research Journal Of Management, It And Social Sciences, 6(4), 1-7.
Masruroh, R. (2017, March). The Impact Of Modern Retail Minimarket Towards The Continuity Of Traditional Retail Businesses. In Iop Conference Series: Materials Science And Engineering (Vol. 180, No. 1, P. 012005). Iop Publishing.
Najib, M. F., & Sosianika, A. (2017). Retail Service Quality In Indonesia: Traditional Market Vs. Modern Market. Academy Of Marketing Studies Journal, 21(2), 1-12.
Najib, M. F., & Sosianika, A. (2018). Retail Service Quality Scale In The Context Of Indonesian Traditional Market. International Journal Of Business And Globalisation, 21(1), 19-31.
Nihayah Nihayah, A., Rifqi, L. H., Vanni, K. M., & Imron, A. (2022). Analisis Ketahanan Keuangan Pelaku Usaha Mikro Kecil Diukur Dari Implementasi Literasi Keuangan Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal E-Bis, 6(2), 438–455. Https://Doi.Org/10.37339/E-Bis.V6i2.912
Qobdiyah. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Jurnal Penelitian Metode Kuantitatif, 11(4), 43–71.
Raharja, S. U. J., Muhyi, H. A., & Adiprihadi, D. (2021). Contribution Of The Retail Sector Towards City Economy: Study In Bandung City, Indonesia. Review Of Integrative Business And Economics Research, 10, 19-32.
Rizki, M. (2018). Analisis Literasi Keuangan Di Kalangan Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Keuangan, 15(2), 1–23.
Rizki, M., & Sri, T. (2020). The Impact Of Regional Regulation Changes On Traditional Markets In The Capital City Of Indonesia. International Journal Of Innovation, Creativity And Change, 13(4), 1259-1272.
Seminari, N. K., Rastini, N. M., & Sulistyawati, E. (2017). The Impact Of Modern Retail On Traditional Retail Traders In The Mengwi, Badung District. Ircs Unud Journals, 1(1), 35-43.
Sugiono, S., Tukasno, T., & Taufiq, T. (2022). The Impact Of Modern Markets Toward Income Of Traditional Market Traders. International Journal Of Economics, Business And Accounting Research (Ijebar), 6(4).
Suyono, E., Farooque, O. A., & Riswan, R. (2016). Toward A Model Of Traditional Retailers And Sellers Empowerment In Improving Competitiveness Against Modern Markets In Banyumas Region, Indonesia. Dlsu Business And Economics Review, 25(2), 147-165.
Triono, R. A., Dalimunthe, Z., & Arif, H. (2018). Can Traditional Retailers Use Strategy To Fight Against Modern Attacks?. Afebi Management And Business Review, 3(1), 1-15.
Tumewu, C., Massie, J. D., & Pandowo, M. H. (2019). The Analysis Of Before And After The Presence Of Modern Retail On Traditional Retail In Motoling. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).
Wahyuti, S., Tani, P. S., Andini, N. A., Keuangan, P., & Info, A. (2022). Pada Pedagang Toko Kelontong Di Samarinda. 2(3), 2–7.
Widiantari, K. S., & Oktaliasari, N. K. I. (2022). Widya Akuntansi Dan Keuangan Universitas Hindu Indonesia Edisi Pebruari 2022. Widya Akuntansi Dan Keuangan, 1, 37–47.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurjannah, Ika Wisudawaty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.