Penerapan Pendekatan Saintifik Di Kelas V SDN-8 Palangka Kota Palangka Raya

Application Of The Saintific Approach In Grade V SDN-8 Palangka Kota Palangka Raya

Authors

  • Ichyatul Afrom Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v5i1.1190

Keywords:

Pendekatan Saintifik

Abstract

Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginspirasi, menguatkan dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu. Pendekatan (approach) pembelajaran adalah cara yang ditempuh guru dalam pelaksanaan agar konsep yang disajikan bisa beradaptasi dengan peserta didik. Pembelajaran saintifik menerapkan lima keterampilan ilmiah dalam pembelajaran yaitu keterampilan mengamati (observasing), menanya (questioning), mencoba/mengumpulkan informasi (experimenting), mengasosiasi/menalar (associanting), dan mengkomunikasikan hasil temuan (networking). Pembelajaran dengan pendekatan saintifik diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada siswa dalam mengenal dan memahami berbagai materi yang diberikan dengan menggunakan metode ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ichyatul Afrom, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika aditama.
Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2013. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
B Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Daryanto, (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Pustaka Setia.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Joseph Abruscato & Donald A Derosa. (2010). Teaching Children Science A Discovery Approach. USA: Pearson.
Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Loeloek Endah Poerwati & Sofan Amri. (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Downloads

Published

2019-12-27

How to Cite

Afrom, I. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Di Kelas V SDN-8 Palangka Kota Palangka Raya: Application Of The Saintific Approach In Grade V SDN-8 Palangka Kota Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 44–49. https://doi.org/10.33084/tunas.v5i1.1190

Most read articles by the same author(s)