Proses Pembelajaran Di Sd 8 Langkai Selama Pandemi Covid 19 The Learning Process In SD 8 Langkai During The Covid Pandemic 19

Main Article Content

Ichyatul Afrom
Maspin E Nadjan
Darsan Bagus
Dian Oktaviany

Abstract

Belajar memiliki kedudukan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat, dengan belajar dapat mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan dan informasi yang berguna untuk sepanjang hayat. Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri atas berbagai komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lain, serta proses intraksi dalam penyampaian pengetahuan kepada siswa.Pandemi covid 19 yang datang secara cepat dan tiba-tiba menyebar ke seluruh dunia membuat semua negara terkejut. Sesuatu yang belum pernah di prediksi sebelumnya menyebabkan perubahan di seluruh sendi kehidupan manusia. Perubahan yang cepat hampir di seluruh sendi kehidupan ini telah membuat negara maupun masyarakat menjadi “gamang” tak terkecuali menempuh dunia pendidikan kita di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran yang dilaksanakan di SDN 8 Langkai Palangka Raya di tengah pandemi covid 19. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini digunakan karena perumusan gejala-gejala, informasi-informasi atau keterangan-keterangan mengenai cara yang digunakan pada proses pembelajaran di sekolah yang ada di SD Negeri 8 Langkai Kota Palangka Raya selama pandemi. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini di lakukan melalui kajian atau telaah terhadap situasi dan kondisi serta sistem gagasan para pelaku yang terlibat di dalamnya. Jenis penelitian ini peneliti berusaha mengembangkan konsep dan menghimpun fakta dengan cermat tanpa berusaha melakukan hipotesis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Afrom, I., E Nadjan, M., Bagus, D., & Oktaviany, D. (2021). Proses Pembelajaran Di Sd 8 Langkai Selama Pandemi Covid 19: The Learning Process In SD 8 Langkai During The Covid Pandemic 19. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 57–69. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2524
Section
Articles
Author Biographies

Ichyatul Afrom, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya

Maspin E Nadjan, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya

Darsan Bagus, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya

Dian Oktaviany, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Strategi Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa. Depdiknas. Jakarta.
Hamdayama, dan Jumanta. 2014. Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkreakter. Ghalia Indonesia. Bogor.
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. PT Refika Aditama. Bandung.
Kemendikbud. 2014. Impelementasi Kurikulum 2013.
Komalasari, Kokom. 2015. Pembelajaran Kontekstual. Refika Aditama : Bandung.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Pt. Remaja Rosdakaraya. Bandung.
Riadin, Agung, Muhammad Jailani dan Ummi Qudsiyah. 2020. Optimalisasi Kompetensi Dan Kinerja Guru Ekonomi Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid-19 Berbasis ICT. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). 4:6(1250-1261).
Rusman. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik Dan Penilaian. Rajawali Pers. Jakarta.
Setiawan, M Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Artikel Scholar. 1:(184).

Most read articles by the same author(s)