Efektivitas Penggunaan Aplikasi Whatsapp Pada Pembelajaran Daring di Kelas III SD Negeri 1 Pahandut Seberang Kota Palangka Raya
The Effectiveness of Using the Whatsapp Application in Online Learning in Grade III SD Negeri 1 Pahandut Seberang City of Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4489Keywords:
Aplikasi Whatsapp, DaringAbstract
Pandemi covid 19 yang datang secara cepat dan tiba-tiba menyebar ke seluruh duni membuat semua negara terkejut. Sesuatu yang belum pernah di prediksi sebelumnya menyebabkan perubahan di seluruh sendi kehidupan manusia. Perubahan yang cepat hampir di seluruh sendi kehidupan ini telah membuat negara maupun masyarakat menjadi “gamang” tak terkecuali menempuh dunia pendidikan kita di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan aplikasi WhatSapp dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di SDN 1 Pahandut Seberang Palangka Raya di tengah pandemi covid 19.Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini digunakan karena perumusan gejala-gejala, informasi-informasi atau keterangan-keterangan mengenai cara yang digunakan pada proses pembelajaran di sekolah yang ada di SDN 1 Pahandut Seberang Palangka Raya selama pandemi. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini di lakukan melalui kajian atau telaah terhadap situasi dan kondisi serta sistem gagasan para pelaku yang terlibat di dalamnya. Jenis penelitian ini peneliti berusaha mengembangkan konsep dan menghimpun fakta dengan cermat tanpa berusaha melakukan hipotesis. Efektivitas Aplikasi WhatsApp untuk memaksimalkan pembelajaran daring di kelas III SDN 1 Pahandut Seberang kota Palangka Raya sudah berjalan dengan baik. Dalam pelaksanaannya guru menggunakan media aplikasi whatsapp untuk memaksimalkan pembelajaran daring, dalam kegiatan pembelajaran memuat kegiatan pembuka, inti, dan penutup sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Metode yang biasa digunakan guru yaitu metode pemberian tugas, kemudian fitur yang sering digunakan guru dalam penggunaan aplikasi whatsapp yaitu fitur foto, fitur vidio, dan fitur whatsapp groub.
Downloads
References
Afnibar dan Fajhriani. (2020). Pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Menunjang Kegiatan Belajar (Studi Terhadap Mahasiswa Uin Imam Bonjol Padang. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam.Vol.11(1).70-83.
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ali, Muhammad (1985). Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi. Bandung : Angkasa.
Amirin, Tatang. M. 1990. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: CV. Rajawali
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Bilfaqih & Qomarudin (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Jakarta: CV Budi Utama
Daheri, dkk.(2020).Efektifitas WhatsApp Sebagai Media Belajar Daring.Jurnal Basicedu.Vol 4 (4).775-783.
Dewi, Wahyu Aji Fatma.(2020).Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2 (1).85-61.
Edi Suryadi (2019). Metode Penelitian Komunikasi (dengan pendekatan Kuantitatif). Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Eva Margaretha Saragih dan Rahma Yunita Ansi (2020). Skripsi: Efektivitas Penggunaan WhatsApp Group Selama Pandemi COVID-19 Bagi Pelaku
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ichyatul Afrom, Maspin E. Nadjan, Darsan Bagus, Manatap Siringo Ringo, Ucok Setiawan Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License