Efektivitas Penggunaan Aplikasi Whatsapp Pada Pembelajaran Daring di Kelas III SD Negeri 1 Pahandut Seberang Kota Palangka Raya

The Effectiveness of Using the Whatsapp Application in Online Learning in Grade III SD Negeri 1 Pahandut Seberang City of Palangka Raya

Authors

  • Ichyatul Afrom Universitas Palangka Raya
  • Maspin E. Nadjan Universitas Palangka Raya
  • Darsan Bagus Universitas Palangka Raya
  • Manatap Siringo Ringo Universitas Palangka Raya
  • Ucok Setiawan Lubis Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4489

Keywords:

Aplikasi Whatsapp, Daring

Abstract

Pandemi covid 19 yang datang secara cepat dan tiba-tiba menyebar ke seluruh duni membuat semua negara terkejut. Sesuatu yang belum pernah di prediksi sebelumnya menyebabkan perubahan di seluruh sendi kehidupan manusia. Perubahan yang cepat hampir di seluruh sendi kehidupan ini telah membuat negara maupun masyarakat menjadi “gamang” tak terkecuali menempuh dunia pendidikan kita di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan aplikasi WhatSapp dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di SDN 1 Pahandut Seberang Palangka Raya di tengah pandemi covid 19.Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini digunakan karena perumusan gejala-gejala, informasi-informasi atau keterangan-keterangan mengenai cara yang digunakan pada proses pembelajaran di sekolah yang ada di SDN 1 Pahandut Seberang Palangka Raya selama pandemi. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini di lakukan melalui kajian atau telaah terhadap situasi dan kondisi serta sistem gagasan para pelaku yang terlibat di dalamnya. Jenis penelitian ini peneliti berusaha mengembangkan konsep dan menghimpun fakta dengan cermat tanpa berusaha melakukan hipotesis. Efektivitas Aplikasi WhatsApp untuk memaksimalkan pembelajaran daring  di kelas III SDN 1 Pahandut Seberang kota Palangka Raya sudah berjalan dengan baik. Dalam pelaksanaannya guru menggunakan media aplikasi whatsapp untuk memaksimalkan pembelajaran daring, dalam kegiatan pembelajaran memuat kegiatan pembuka, inti, dan penutup sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Metode yang biasa digunakan guru yaitu metode pemberian tugas, kemudian fitur yang sering digunakan guru dalam penggunaan aplikasi whatsapp yaitu fitur foto, fitur vidio, dan fitur whatsapp groub.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ichyatul Afrom, Universitas Palangka Raya

Maspin E. Nadjan, Universitas Palangka Raya

Darsan Bagus, Universitas Palangka Raya

Manatap Siringo Ringo, Universitas Palangka Raya

Ucok Setiawan Lubis , Universitas Palangka Raya

References

Afnibar dan Fajhriani. (2020). Pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Menunjang Kegiatan Belajar (Studi Terhadap Mahasiswa Uin Imam Bonjol Padang. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam.Vol.11(1).70-83.

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ali, Muhammad (1985). Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi. Bandung : Angkasa.

Amirin, Tatang. M. 1990. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: CV. Rajawali

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Bilfaqih & Qomarudin (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Jakarta: CV Budi Utama

Daheri, dkk.(2020).Efektifitas WhatsApp Sebagai Media Belajar Daring.Jurnal Basicedu.Vol 4 (4).775-783.

Dewi, Wahyu Aji Fatma.(2020).Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2 (1).85-61.

Edi Suryadi (2019). Metode Penelitian Komunikasi (dengan pendekatan Kuantitatif). Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Eva Margaretha Saragih dan Rahma Yunita Ansi (2020). Skripsi: Efektivitas Penggunaan WhatsApp Group Selama Pandemi COVID-19 Bagi Pelaku

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Afrom, I., Nadjan, M. E., Bagus, D., Ringo, M. S., & Lubis , U. S. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Whatsapp Pada Pembelajaran Daring di Kelas III SD Negeri 1 Pahandut Seberang Kota Palangka Raya: The Effectiveness of Using the Whatsapp Application in Online Learning in Grade III SD Negeri 1 Pahandut Seberang City of Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 36–40. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4489

Most read articles by the same author(s)