Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Writing Workshop pada Peserta Didik Kelas Iv SDN-2 Petuk Bukit Tahun Pelajaran 2015/2016

Authors

  • Ayu Lestari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Ichyatul Afrom

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v2i1.553

Keywords:

Menulis karangan, Metode Pembelajaran Writing Workshop

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas peserta didik dalam pembelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan metode writing workshop. (2) mengetahui peningkatan kemampuan menulis karangan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode writing workshop pada peserta didik kelas IV SDN-2 Petuk Bukit.
Penelitian ini dilakukan pada minggu ke-1 sampai dengan minggu ke-3 bulan juni 2016 yang berlokasi di SDN-2 Petuk Bukit, Jl Tumbang Talaken KM 86 Kecamatan Rakumpit Kota Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Petuk Bukit yang berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode writing workshop: (1) aktivitas pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode writing wokshop pada peserta didik kelas IV SDN-2 Petuk Bukit tahun pelajaran 2015/2016 lebih aktif dengan nilai rata-rata aktivitas peserta didik siklus I yaitu 2,8 (cukup) dan nilai rata-rata aktivitas peserta didik siklus 2 yaitu 3,8 (baik). (2) ada peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia dengan menggunakan metode pembelajaran writing workshop pada peserta didik kelas IV SDN-2 Petuk Bukit tahun pelajaran 2015/2016. Pada data awal nilai rata-rata peserta didik 59.16, ketuntasan peserta didik hanya memperoleh 33%. Pada siklus I nilai rata-rata 65, ketuntasan klasikal belajar peserta didik 67%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik memperoleh nilai 77.5, ketuntasan klasikal 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Wina Sanjaya. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2016-12-01

How to Cite

Lestari, A., & Afrom, I. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Writing Workshop pada Peserta Didik Kelas Iv SDN-2 Petuk Bukit Tahun Pelajaran 2015/2016. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.33084/tunas.v2i1.553

Most read articles by the same author(s)