Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Writing Workshop pada Peserta Didik Kelas Iv SDN-2 Petuk Bukit Tahun Pelajaran 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v2i1.553Keywords:
Menulis karangan, Metode Pembelajaran Writing WorkshopAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas peserta didik dalam pembelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan metode writing workshop. (2) mengetahui peningkatan kemampuan menulis karangan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode writing workshop pada peserta didik kelas IV SDN-2 Petuk Bukit.
Penelitian ini dilakukan pada minggu ke-1 sampai dengan minggu ke-3 bulan juni 2016 yang berlokasi di SDN-2 Petuk Bukit, Jl Tumbang Talaken KM 86 Kecamatan Rakumpit Kota Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Petuk Bukit yang berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode writing workshop: (1) aktivitas pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode writing wokshop pada peserta didik kelas IV SDN-2 Petuk Bukit tahun pelajaran 2015/2016 lebih aktif dengan nilai rata-rata aktivitas peserta didik siklus I yaitu 2,8 (cukup) dan nilai rata-rata aktivitas peserta didik siklus 2 yaitu 3,8 (baik). (2) ada peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia dengan menggunakan metode pembelajaran writing workshop pada peserta didik kelas IV SDN-2 Petuk Bukit tahun pelajaran 2015/2016. Pada data awal nilai rata-rata peserta didik 59.16, ketuntasan peserta didik hanya memperoleh 33%. Pada siklus I nilai rata-rata 65, ketuntasan klasikal belajar peserta didik 67%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik memperoleh nilai 77.5, ketuntasan klasikal 100%.
Downloads
References
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Wina Sanjaya. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License