Model Lesson Study Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kajian Puisi Mahasiswa
The Lesson Study Model as a Strategy to Improve the Learning Quality of Student Poetry Studies
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4482Keywords:
Lesson Study, Problem Based Learning, Kajian PuisiAbstract
Dalam mata kuliah Kajian Puisi terutama pada materi sarana retorika dan gaya bahasa dalam puisi, mahasiswa banyak mengalami kesulitan untuk menganalisis puisi berkaitan dengan dua hal tersebut. Salah satu alternatif perbaikan dalam upaya meningkatkan pembelajaran dengan melakukan Lesson Study. Pembelajaran yang sesuai masalah di atas adalah pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan kemampuan dosen dalam mengajar melalui model Lesson Study pada mata kuliah Kajian Puisi pokok bahasan sarana retorika dan gaya bahasa berbasis Problem Based Learning. 2) Peningkatan kualitas pembelajaran mahasiswa PBSI semester 3 kelas A melalui model Lesson Study pada mata kuliah Kajian Puisi pokok bahasan sarana retorika dan gaya bahasa berbasis Problem Based Learning. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pada pertemuan I, dosen masih belum sepenuhnya dapat menguasai kelas dan menyesuaikan alokasi waktu pada saat pembelajaran. Namun indikator tersebut akhirnya dapat diperbaiki pada pertemuan II. Hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan dosen dalam mengajar melalui model Lesson Study. 2) persentasi kelulusan mahasiswa pada siklus I sebesar 78,04%. Persentasi kelulusan mahasiswa pada siklus II sebesar 92,68%. Persentasi kelulusan tersebut juga mengalami peningkatan sebesar 14,64% jika dibandingkan dengan persentasi kelulusan pada siklus I. Hal ini berarti menunjukkan peningkatan kualitas pembelajaran.
Downloads
References
Arikunto, S. 2007. Dasar-Dasar evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Assidiq, A. K. 2008.Kamus Lengkap Fisika. Yogyakarta: Panji Pustaka.
Cerbin, W & Copp, B.2006. Lesson Study as a Model for Building Pedagogical Knowledge and Improving Teaching: proses and product. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. Vol 18.
Hendayana, S. Suryadi, D. Karim, M.A. Sukirman. Ariswan. Sutopo. Supriatna, A. Sutiman. Santoso. Imansyah, H. Paidi. Ibrohim. Sriyati, S. Permanasari, A. Hikmat. Nurjanah dan Joharmawan, R. 2006. Lesson Study Suatu strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik (Pengalaman IMSTEP- JICA). Bandung: JICA.
Ibrahim, M & Nur, M. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah.Surabaya: UNISA- Universty Press.
Lewis, C & Perry, R. 2006. Professional Development Through Lesson Study:Progress and Challenges in The U.S.: proses and product Tsukuba Journal of Educational Study in Mathematics. Vol.25.
Mulyasa, E.2006. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Angkasa
Nurfitria, L. 2006. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Konsep Lingkungan melalui Pendekatan SETS dengan Model PBI di SMA Masehi 1 PSAK Semarang. Skripsi Program Studi pendidikan Biologi Jurusan Biologi Universitas Negeri Semarang.
Sandjaja, B & Heriyanto, A. 2006. Panduan Penelitian.Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Santyasa, I.W. 2009. Implementasi Lesson Study dalam Pembelajaran. Makalah, Disajikan dalam ”Seminar Implementasi Lesson Study dalam Pembelajaran bagi Guru-Guru TK, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Nusa Penida,Tanggal 24 Januari 2009, di Nusa Penida Bali : Universitas Pendidikan Ganesha.
Semiawan, C. 1986. Pendekatan Keterampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.
Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.
Suherman, S., Turmudi, Suryadi D., Herman T. Suhendra. Prabawanto S. Nurjanah. Rohayati, A. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Bandung: JICA.
Wardana, I.W. 2004. Problem Based Learning (PBL) Berbasis Teknologi Informasi (ICT). Makalah. Disajikan dalam Seminar “Penumbuhan Inovasi Sistem Pembelajaran: Pendekatan Problem-Based Learning berbasis ICT (Information and Communication Technology)”. 15 Mei 2004 Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Wiyanto. 2008. Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kompetensi Laboratorium. Semarang: UNNES PRESS.
Yamin, M. 2006. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.
Yulianti, D. 2008. Pendahuluan Mekanika Klasik. Semarang: UNNES PRESS.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Alifiah Nurachmana, Albertus Purwaka, Yuliati Eka Asi, Erdha Tri Aprisna, Pirawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License