Model Lesson Study Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kajian Puisi Mahasiswa

The Lesson Study Model as a Strategy to Improve the Learning Quality of Student Poetry Studies

Authors

  • Alifiah Nurachmana Universitas Palangka Raya
  • Albertus Purwaka Universitas Palangka Raya
  • Yuliati Eka Asi Universitas Palangka Raya
  • Erdha Tri Aprisna Universitas Palangka Raya
  • Pirawati Pirawati Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4482

Keywords:

Lesson Study, Problem Based Learning, Kajian Puisi

Abstract

Dalam mata kuliah Kajian Puisi terutama pada materi sarana retorika dan gaya bahasa dalam puisi, mahasiswa banyak mengalami kesulitan untuk menganalisis puisi berkaitan dengan dua hal tersebut. Salah satu alternatif perbaikan dalam upaya meningkatkan pembelajaran dengan melakukan Lesson Study. Pembelajaran yang sesuai masalah di atas adalah pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan kemampuan dosen dalam mengajar melalui model Lesson Study pada mata kuliah Kajian Puisi pokok bahasan sarana retorika dan gaya bahasa berbasis Problem Based Learning. 2) Peningkatan kualitas pembelajaran mahasiswa PBSI semester 3 kelas A melalui model Lesson Study pada mata kuliah Kajian Puisi pokok bahasan sarana retorika dan gaya bahasa berbasis Problem Based Learning. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pada pertemuan I, dosen masih belum sepenuhnya dapat menguasai kelas  dan menyesuaikan alokasi waktu pada saat pembelajaran. Namun indikator tersebut akhirnya dapat diperbaiki pada pertemuan II. Hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan dosen dalam mengajar melalui model Lesson Study. 2) persentasi kelulusan mahasiswa pada siklus I sebesar 78,04%. Persentasi kelulusan mahasiswa pada siklus II sebesar 92,68%. Persentasi kelulusan tersebut juga mengalami peningkatan sebesar 14,64% jika dibandingkan dengan persentasi kelulusan pada siklus I. Hal ini berarti menunjukkan peningkatan kualitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Alifiah Nurachmana, Universitas Palangka Raya

Albertus Purwaka, Universitas Palangka Raya

Yuliati Eka Asi, Universitas Palangka Raya

Erdha Tri Aprisna, Universitas Palangka Raya

Pirawati Pirawati, Universitas Palangka Raya

References

Arikunto, S. 2007. Dasar-Dasar evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Assidiq, A. K. 2008.Kamus Lengkap Fisika. Yogyakarta: Panji Pustaka.

Cerbin, W & Copp, B.2006. Lesson Study as a Model for Building Pedagogical Knowledge and Improving Teaching: proses and product. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. Vol 18.

Hendayana, S. Suryadi, D. Karim, M.A. Sukirman. Ariswan. Sutopo. Supriatna, A. Sutiman. Santoso. Imansyah, H. Paidi. Ibrohim. Sriyati, S. Permanasari, A. Hikmat. Nurjanah dan Joharmawan, R. 2006. Lesson Study Suatu strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik (Pengalaman IMSTEP- JICA). Bandung: JICA.

Ibrahim, M & Nur, M. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah.Surabaya: UNISA- Universty Press.

Lewis, C & Perry, R. 2006. Professional Development Through Lesson Study:Progress and Challenges in The U.S.: proses and product Tsukuba Journal of Educational Study in Mathematics. Vol.25.

Mulyasa, E.2006. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Angkasa

Nurfitria, L. 2006. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Konsep Lingkungan melalui Pendekatan SETS dengan Model PBI di SMA Masehi 1 PSAK Semarang. Skripsi Program Studi pendidikan Biologi Jurusan Biologi Universitas Negeri Semarang.

Sandjaja, B & Heriyanto, A. 2006. Panduan Penelitian.Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Santyasa, I.W. 2009. Implementasi Lesson Study dalam Pembelajaran. Makalah, Disajikan dalam ”Seminar Implementasi Lesson Study dalam Pembelajaran bagi Guru-Guru TK, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Nusa Penida,Tanggal 24 Januari 2009, di Nusa Penida Bali : Universitas Pendidikan Ganesha.

Semiawan, C. 1986. Pendekatan Keterampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Suherman, S., Turmudi, Suryadi D., Herman T. Suhendra. Prabawanto S. Nurjanah. Rohayati, A. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Bandung: JICA.

Wardana, I.W. 2004. Problem Based Learning (PBL) Berbasis Teknologi Informasi (ICT). Makalah. Disajikan dalam Seminar “Penumbuhan Inovasi Sistem Pembelajaran: Pendekatan Problem-Based Learning berbasis ICT (Information and Communication Technology)”. 15 Mei 2004 Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Wiyanto. 2008. Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kompetensi Laboratorium. Semarang: UNNES PRESS.

Yamin, M. 2006. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yulianti, D. 2008. Pendahuluan Mekanika Klasik. Semarang: UNNES PRESS.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Nurachmana, A., Purwaka, A., Asi, Y. E., Aprisna, E. T., & Pirawati, P. (2022). Model Lesson Study Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kajian Puisi Mahasiswa: The Lesson Study Model as a Strategy to Improve the Learning Quality of Student Poetry Studies. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 18–22. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4482

Most read articles by the same author(s)