Penerapan Media Tiktok pada Pembelajaran Mengungkapkan Nilai Keteladanan Toko dalam Teks Biografi Siswa
The Application of Tiktok Media in Learning to Reveal Toko's exemplary Values in Student Biography Texts
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4493Keywords:
Media Tiktok, Teks Biografi SiswaAbstract
Tiktok merupakan salah satu aplikasi yang memberikan efek-efek spesial untuk video berdurasi pendek sehingga terlihat menarik dan ditonton oleh siapa saja selama masih memiliki jaringan internet. Jika semakin unik video yang dibagikan, maka semakin banyak pula yang ingin melihat video tersebut. Tiktok dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif. Pertama aplikasi tiktok memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Kedua aplikasi tiktok menarik minat peserta didik karena keterbaruannya, dan memiliki banyak fitur yang dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran. Terakhir, aplikasi tiktok ekuivalen dengan perkembangan kematangan dan pengalamannya serta karakteristik peserta didik yang merupakan generasi milenial, yang lekat dan dekat dengan dunia digital khususnya pegawai. Hal ini dapat ditarik hipotesis bahwa aplikasi tiktok memenuhi kriteria sebuah media pembelajaran yang baik, karena aplikasi tiktok dekat dengan peserta didik khususnya dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
Berdasarkan hasil analisis wawancara dengan guru, dapat diketahui bahwa sebelumnya, guru belum pernah mendengar tentang media tiktok, jadi baru kali ini beliau mengetahui media tiktok dapat dijadikan sebuah metode di dalam pembelajaran, khususnya teks biografi. Setelah melihat hasil dari media tiktok dalam pembelajaran teks biografi, guru dapat melihat keunggulan/kelebihan dari metode tersebut, yaitu peserta didik jadi termotivasi dalam mencari jawaban untuk kelompoknya masing-masing. Guru pun juga tertarik untuk menggunakan media tiktok pada materi yang akan datang.
Downloads
References
Aji, Wisnu Nugroho dan Setiyadi, Dwi Bambang Patut. 2020. Aplikasi Tik Tok sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Jurnal Metafora, Vol. VI, No. 2, 2020, h. 149.
Aqib, Zainal. 2011. Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung. Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran Edisi 2. Jakarta: PT Raja Grafindo Pers. Darmawan, S. L. 2013. Promoting Students’ Explicit Information Skill In Reading.
Comprehension Through Graphic Organizers. Premise Journal: ISSNOnline: 2442-482x, ISSN Printed: 2089-3345, 2(2), 112–118.
https://doi.org/10.24127/pj.v2i2.684Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Fuad, Z. 2011. Menulis Biografi. Jawa Timur: Garuda Mas Sejahtera.
Hapitri, Tantri. 2017. Pembelajaran Menganalisis Teks Biografi Berorientasi pada Nilai yang Dapat Diteladani dengan Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition pada Peserta didik Kelas X SMAN Negeri 1 parongpong Tahun Pelajaran 2016/2017, (Skripsi Sarjana, Fakulta Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan, Bandung, 2017), hlm.20.
Hasan, Muhammad dkk, 2021. Media Pembelajaran. Klaten: CV Tahta Media Group.
Hindun. 2018. Pembelajaran Mendongeng sebagai Sarana Mengembangkan Nilai- Nilai Profetik dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42663). Diakses tanggal 9 Februari 2022.
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran, Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Loren, F. T. A. 2017. The Use Of Learning Media On Listening Skill In Teaching Indonesian To Speakers Of Other Language (TISOL). Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa, 11(1), 1. https://doi.org/10.24036/ld.v11i1.7625
Sulasih. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Tematik Tema Persatuan Dalam Perbedaan Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas VI. Tunas : Jurnal Guru Sekolah Dasar, 7(1), 82–89.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seranius Ray Pascal, Albertus Purwaka, Yuliati Eka Asi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License