Penerapan Media Tiktok pada Pembelajaran Mengungkapkan Nilai Keteladanan Toko dalam Teks Biografi Siswa

The Application of Tiktok Media in Learning to Reveal Toko's exemplary Values in Student Biography Texts

Authors

  • Seranius Ray Pascal Universitas Palangka Raya
  • Albertus Purwaka Universitas Palangka Raya
  • Yuliati Eka Asi Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4493

Keywords:

Media Tiktok, Teks Biografi Siswa

Abstract

Tiktok merupakan salah satu aplikasi yang memberikan efek-efek spesial untuk video berdurasi pendek sehingga terlihat menarik dan ditonton oleh siapa saja selama masih memiliki jaringan internet. Jika semakin unik video yang dibagikan, maka semakin banyak pula yang ingin melihat video tersebut. Tiktok dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif. Pertama aplikasi tiktok memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Kedua aplikasi tiktok menarik minat peserta didik karena keterbaruannya, dan memiliki banyak fitur yang dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran. Terakhir, aplikasi tiktok ekuivalen dengan perkembangan kematangan dan pengalamannya serta karakteristik peserta didik yang merupakan generasi milenial, yang lekat dan dekat dengan dunia digital    khususnya pegawai. Hal ini dapat ditarik hipotesis bahwa aplikasi tiktok memenuhi kriteria sebuah media pembelajaran yang baik, karena aplikasi tiktok dekat dengan peserta didik khususnya dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

Berdasarkan hasil analisis wawancara dengan guru, dapat diketahui bahwa sebelumnya, guru belum pernah mendengar tentang media tiktok, jadi baru kali ini beliau mengetahui media tiktok dapat dijadikan sebuah metode di dalam pembelajaran, khususnya teks biografi. Setelah melihat hasil dari media tiktok dalam pembelajaran teks biografi, guru dapat melihat keunggulan/kelebihan dari metode tersebut, yaitu peserta didik jadi termotivasi dalam mencari jawaban untuk kelompoknya masing-masing. Guru pun juga tertarik untuk menggunakan media tiktok pada materi yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Seranius Ray Pascal, Universitas Palangka Raya

Albertus Purwaka, Universitas Palangka Raya

Yuliati Eka Asi, Universitas Palangka Raya

References

Aji, Wisnu Nugroho dan Setiyadi, Dwi Bambang Patut. 2020. Aplikasi Tik Tok sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Jurnal Metafora, Vol. VI, No. 2, 2020, h. 149.

Aqib, Zainal. 2011. Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung. Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran Edisi 2. Jakarta: PT Raja Grafindo Pers. Darmawan, S. L. 2013. Promoting Students’ Explicit Information Skill In Reading.

Comprehension Through Graphic Organizers. Premise Journal: ISSNOnline: 2442-482x, ISSN Printed: 2089-3345, 2(2), 112–118.

https://doi.org/10.24127/pj.v2i2.684Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Fuad, Z. 2011. Menulis Biografi. Jawa Timur: Garuda Mas Sejahtera.

Hapitri, Tantri. 2017. Pembelajaran Menganalisis Teks Biografi Berorientasi pada Nilai yang Dapat Diteladani dengan Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition pada Peserta didik Kelas X SMAN Negeri 1 parongpong Tahun Pelajaran 2016/2017, (Skripsi Sarjana, Fakulta Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan, Bandung, 2017), hlm.20.

Hasan, Muhammad dkk, 2021. Media Pembelajaran. Klaten: CV Tahta Media Group.

Hindun. 2018. Pembelajaran Mendongeng sebagai Sarana Mengembangkan Nilai- Nilai Profetik dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42663). Diakses tanggal 9 Februari 2022.

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran, Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Loren, F. T. A. 2017. The Use Of Learning Media On Listening Skill In Teaching Indonesian To Speakers Of Other Language (TISOL). Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa, 11(1), 1. https://doi.org/10.24036/ld.v11i1.7625

Sulasih. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Tematik Tema Persatuan Dalam Perbedaan Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas VI. Tunas : Jurnal Guru Sekolah Dasar, 7(1), 82–89.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Pascal, S. R., Purwaka, A., & Asi, Y. E. (2022). Penerapan Media Tiktok pada Pembelajaran Mengungkapkan Nilai Keteladanan Toko dalam Teks Biografi Siswa : The Application of Tiktok Media in Learning to Reveal Toko’s exemplary Values in Student Biography Texts. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 106–111. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4493