INTERPRETASI PADA SISTEM SOSIAL PENDIDIKAN ISLAM DAN ANALISIS TEORI STRUKTUR FUNGSIONAL
DOI:
https://doi.org/10.33084/jhm.v8i2.3077Keywords:
Interpretasi, sistem, sosial, pendidikan, IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interpretasi pada sistem sosial pendidikan Islam. Metode yang digunakan ialah metode survey dengan teknik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam sistem sosial pada pendidikan Islam ialah sampai saat ini masyarakat Indonesia ditandai oleh dua ciri yang unik. Secara horizontal ditandai oleh adanya kesatuan sosial atau komunitas berdasarkan suku, agama, adat istiadat dan kedaerahan. Secara vertikal ditandai oleh adanya perbedaan pola kehidupan antara lapisan atas, menengah dan bawah.
Downloads
References
Maliki, Z. (2017). Rekontruksi Teori Sosial Modern. Depok: Kencana.
Raho, B. (2007). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Pretasi Pustaka.
Ritzer, G. (2010). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana.
Ritzer, G. (2011). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: Raja Grafindo.
Ariyadi, A. (2019). BUDAYA KOSMOPOLITANISME DALAM PRAKTIK JUAL BELI DI PASAR TERAPUNG PADA KALIMANTAN SELATAN. At-Taradhi: Jurnal Studi Ekonomi, 9(2), 84-90.
Ariyadi, A. (2017). Metodologi Istinbath Hukum Prof. Dr. Wahbah Az Zuhaili. Jurnal Hadratul Madaniyah, 4(1), 32-39.
Suroso, A. (2008). Sosiologi I. Jakarta: Yudhistira Qudra.
Syafril, & Zein, Z. (2019). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.