Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Wayang Kreasi Pada Peserta Didik Kelas III A MIN 2 Kota Palangka Raya Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.33084/jhm.v6i1.876Keywords:
Hasil belajar bahasa Arab, Media Wayang KreasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas III A MIN 2 Kota Palangka Raya pada saat pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran Wayang Kreasi. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III A MIN 2 Kota Palangka Raya pada saat pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran Wayang Kreasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III A MIN 2 Kota Palangka Raya yang berjumlah sebanyak 38 orang peserta didik, terdiri dari 22 laki-laki dan 16 perempuan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan media pembelajaran Wayang Kreasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas belajar peserta didik kelas III A MIN 2 Kota Palangka Raya pada saat pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran Wayang Kreasi menjadi baik. Berdasarkan hasil pengamatan yang diperoleh pada siklus I aktivitas peserta didik dengan rata-rata 2,69 masih dalam kategori cukup baik dan pada siklus II aktivitas peserta didik dengan rata-rata 3,55 sudah termasuk dalam kategori baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III A MIN 2 Kota Palangka Raya setelah pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran Wayang Kreasi. Pada siklus I hasil belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 64 dengan ketuntasan klasikal 58% dan pada siklus II hasil belajar peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 75 dengan ketuntasan klasikal 89,5%.
Downloads
References
F. Hidayat, Amir dan E. N. Rahmani. 2009. Bahasa-Bahasa Dunia & Peristilahan dalam Bahasa. Jawa Barat: CV Pustaka Grafika.
Guntur Tarigan, Henry. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa 1. Bandung: ANGKASA.
Jennah, Rodhatul. 2009. Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.
Kirana, Vemaska. 2016. “Pembelajaran Kesenian Wayang Kreasi Untuk Mengetahui Minat Anak Terhadap Wayang”, Jurnal UNNES, Vol. 1, No. 1, Oktober 2016.
Kresna, Ardian. 2012. Mengenal Wayang. Yogyakarta: Laksana.
Paizaluddin dan Ermalinda. 2014. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Bandung: Alfabeta.
Suyadi. 2012. Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: ANDI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.