Penggunaan Media Visual dengan Program Power Point dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Kelas VIII B MTs Muslimat NU Palangkaraya
DOI:
https://doi.org/10.33084/jhm.v6i1.1567Keywords:
Amanat, media pembelajaranAbstract
Perkembangan teknologi pada saatini semakin canggih dan modern dan telah merambah kesemua lini kehidupan, takterkecuali dalam pelaksanaan pendidikan. Olehkarena itu, banyak orang percaya, dengan menggunakan teknologi, semuanya akan menjadi mudah, efektif, praktif dan cepat. Penggunaan teknologi tidak mengenal batas usia, dari anak sampai dewasa. Penggunaan teknologi dalam pendidikan merupakan alternative untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil dan proses, meliputi: sumber-sumber belajar, dimana guru dan peserta didik dituntut aktif untuk menggunakan teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran. Pemerintahtelah lama menyadari bahwaperan media dalam proses pembalajaran sangat oenting. Oleh karena itu, telah banyak dana diinvestasikan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan melalui penyalurean atau pendistribusian berbagaimacam media pembelajaran kesekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Ini sesuai dengan amanat konstitusi bahwa pemerintah wajib membiayai pendidikan dasar dan memajukan ilmupengetahuan dan teknologi untuk kemajuan peradaban dan kesejahteraan umatmanusia.
Downloads
References
Andayani Dian dan Abdul Majid. 2011, Pendidikan, KarakterPerspektif Islam, Bandung: PT RemajaRosdakarya
Baharuddin dan tim penulis, 2011, Dikotomi Pendidikan Islam; Historisitas dan Implikasi Pada Masyarakat Islam, cet.2, Bandung, PT Rosdakarya,
Depdiknas, KamusBesarBahasa Indonesia
Dharma Kesuma, et. all., 2011, PendidikanKarakter “KajianTeoridanPraktik di Sekolah” Bandung: PT RemajaRosdakarya,
Djatnika, Rahmat, 1987, SistemEthika Islam, Surabaya, Pustaka Islam,
DzakiahDrajat, dkk. 1992, IlmuPendidikan Islam, Jakarta; BumiAksara. cetke -2,
E.Mulyasa, 2012, Manajemen Pendidikan Karakter, Bandung : PT Rosda Karya,
Hasbullah, Dasar–dasarilmupendidikan, (Jakarta: PT Raja GrafindoPersad, 2005) cet ke-4,
Hery Nur Aly, 1999, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos,
J. Moleong, Lexy., 2013, Metode penelitian kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarja,
James Caplin, 1993, Kamus Lengkap Psikologi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
MohArdani, 2005, AkhlakTasawwufNilai – nilaiAkhlak / Budi PekertiDalamIbadatdanTasawwuf, Jakarta : Cv : KaryaMulia,
Moh.Ardani, 2005, Akhlak-Tasaowufnilai – nilaiakhlak/Budi PekertidalamibadatdanTasawuf, Jakarta: CV KaryaMulia,
PusatPembinaandanPengembanganBahasaDepartementPendidikandanKebudayaan, 1989, KamusBesarBahasa Indonesia, Jakarta: BalaiPustaka,
Ramayulis, 2004, IlmuPendidikan Islam, (Jakarta, KalamMula, cetke- 4
Sahilun A. Nasir, 1999, PerananPendidikan Agama TerhadapPemecahanproblemaRemaja, Jakarta :KalamMulia,
Suyadi, StrategiPembelajaranPendidikanKarakter, Bandung :RosdaKarya
Thomas Lichona,Educating for character .
ZakiahDrajat, 2001, Kesehatan Mental, Jakarta :TokoGunungAgung,
ZakiyahDarajat, 1995, MetodelogiPengajaran Agama Islam, Jakarta :BumiAksara,
ZamakhsyariDhofier, 1982, TradisiPesantrenStudiTentangPandanganHidupKyai, (Jakarta: LP3ES
Zuhairini, 1983, MetodikKhususPendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional
Jurnal
Ramdhani, M. T., Lastaria, L., & Ariyadi, A. (2019). Pembelajaran Ekonomi dalam Islam pada Materi Mudharabah di Pondok Pesantren. Anterior Jurnal, 19(1), 32-40.
Norcahyono, N., & Ariyadi, A. (2019). Pandangan Majlis Tarjih Muhammadiyah Kalimantan Tengah Tentang Tindakan Euthanasia Dalam Pendidikan Waris Islam. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 50-61.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.