PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL HUMA BETANG DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN ISMUBA KELAS X IPS DI SMA MUHAMMADIYAH KASONGAN
DOI:
https://doi.org/10.33084/jhm.v8i2.3082Keywords:
pendidikan karakter, kearifan lokal, pembelajaran ISMUBAAbstract
Penelitian ini difokuskan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana pendidikan karakter berbasis kearifan lokal huma betang pada kegiatan pembelajaran ISMUBA kelas X di SMA Muhammadiyah Kasongan?, (2) Bagaimana nilai karakter berbasis kearifan lokal huma betang dalam kegiatan pembelajaran ISMUBA kelas X IPS di SMA Muhammadiyah Kasongan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif kualitatif, adapun subjek dalam penelitian ini adalah 1 (satu) orang guru ISMUBA, sedangkan informan dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah bagian kurikulum dan Kepala SMA Muhammadiyah Kasongan. Sekolah. Data yang dicari dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi langsung, wawancara dan dokumentasi yang divalidasi dengan Triangulasi, kemudian dianalisis melalui beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil di lapangan menunjukkan bahwa: (1). Pendidikan karakter di SMA Muhammadiyah Kasongan berjalan dengan baik ditandai dengan perubahan nilai-nilai filosofis Huma Betang seperti nilai kejujuran, kebersamaan, kerukunan, serta nilai taat hukum dan agama. (2) Nilai karakter yang muncul dari pendidikan karakter berbasis kearifan lokal huma betang dalam kegiatan pembelajaran ISMUBA kelas X IPS di SMA Muhammadiyah Kasongan adalah nilai karakter disiplin, religi, religi, sosial, rasa ingin tahu, gemar membaca, kerja keras, tanggung jawab, kreatif, jujur, ramah/komunikatif dan penghargaan prestasi. Tugas guru ISMUBA dalam pendidikan karakter berbasis kearifan lokal adalah menjadi pendidik, pengajar dan pelatih. Terkait perannya sebagai motivator, direktur/direktur, inisiator, mediator, fasilitator dan evaluator
Downloads
References
Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Koesoema Dhoni, 2007, Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Muslich Masnur, 2011, pendidikan karakter menjawab tantangan krisis multidimensional,
Jakarta : Bumi Aksara
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2008
Salahudin Anas, 2013, Pendidikan Karakter (pendidikan Berbasis agama dan budaya bangsa), Bandung: CV Pustaka Setia
Sardiman, 2014, Interaksi dan Motivasi belajar mengajar, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Samani Muchlas dan Hariyanto, 2012, Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Tindakan Komprehensif (Untuk Perbaikan Kinerja dan Pengembangan Ilmu Tindakan). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Tindakan Komprehensif (Untuk Perbaikan Kinerja dan Pengembangan Ilmu Tindakan). Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta, Cet. Ke-6
Supriadi Gito, 2015 Modul mata kuliah metodologi penelitian pendidikan, Palangkaraya : Cetakan Pribad
Ramdhani, M. T., Lastaria, L., & Ariyadi, A. (2019). Pembelajaran Ekonomi dalam Islam pada Materi Mudharabah di Pondok Pesantren. Anterior Jurnal, 19(1), 32-40.
Ramdhani, M. T., LASTARIA, L., & ARIYADI, A. (2020, September). PEMBELAJARAN EKONOMI DALAM ISLAM PADA MATERI SYIRKAH DI PONDOK PESANTREN. In Proceeding Antasari International Conference (Vol. 1, No. 1).
Ramdhani, M. T. (2018). Manajemen Pengembangan Kurikulum 2013 Berbasis Komputer di SMPN 6 Palangka Raya. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 1(1), 11-19.
Ramdhani, M. T., & Istiqlaliyah, I. (2018). Manajemen Pembelajaran di MIS Hidayatul Insan Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(2), 125-129.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.