Penerapan Model Pembelajaran TAI Untukmeningkatkan Hasil Belajar Matematikapeserta Didikkelas IVMIN-2 Kota Palangkaraya
DOI:
https://doi.org/10.33084/jhm.v6i2.1228Keywords:
Model pembelajaranTAI, Hasi lBelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik selama proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model TAI kelas IV MIN 2 Kota PalangkaRaya Tahun Pelajaran 2018/2019, (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran TAI kelas IV MIN 2 Kota Palangka Raya.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIN 2 Kota Palangka Raya yang berjumlah 36 orang dengan 18 laki-laki dan 18 perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1). Aktivitas belajar sangat baik pada proses pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran TAI pada peserta didik kelas IV MIN 2 Kota Palangka Raya (2). Peningkatan hasil belajar Matematika setelah menggunakan model pembelajaran TAI pada peserta didik kelas IV MIN 2 Kota Palangka Raya hal ini terlihat dari data hasil belajar peserta didik pada siklus I peserta didik memperoleh nilai rata-rata 59 dengan persentase ketuntasan klasikal 47% dan pada siklus II hasil belajar peserta didik meningkat dengan skor nilai rata-rata 91,25 dengan persentase ketuntasan klasikal 91%.
Downloads
References
Asep, Jihad. 2013. Evaluasipembelajaran, Yogyakarta:Multipressindo
Eveline, Siregar.2010. Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia.
Heri, Hermawan. 2015. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI(Team-Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 4 Bajugan Pada Operasi Hitung Campuran”, Jurnal Kreatif Tadulako Online, Bajugan: Universitas Tadulako
Kunandar, 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Miftahul, Huda. 2013. Model-model PengajarandanPembelajaran, Yogyakarta :PustakaBelajar.
Muhammad Syarif Sumantri, 2016.Strategi Pembelajaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, h 40
Nurul, Ramadhani.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Peserta Didik Kelas III SDN-6 Selat Hilir Kuala Kapuas Tahun Pelajaran 2014/2015.Jurnal Pendidikan Guru Dasar.(Online)Vol 2 No (ojs.umpalangkaraya.ac.id, di akses 28 Mei 2018)
Slavin Robert E. 2005. Cooperative Learning, London : Nusa Media.
Sangadji & Sopiah. 2010. Metodologi PenelitianPendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: PT. C.V Andi Offset.
Ramdhani, M. T., & Istiqlaliyah, I. (2018). Manajemen Pembelajaran di MIS Hidayatul Insan Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(2), 125-129.
Ujiati, Cahyaningsih. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI(Team-Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada materi kesebangungan dan simetri.Jurnal Cakrawala Pendas Vol.4 No 1.(Jurnal.Unma.ac.id diakses 20 Maret 2018).
Wina,Sanjaya. 2011. PenelitianTidakanKelas, Jakarta :KencanaPrenada Media Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.