Penerapan Model Pembelajaran TAI Untukmeningkatkan Hasil Belajar Matematikapeserta Didikkelas IVMIN-2 Kota Palangkaraya

Authors

  • Rita Rahmaniati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Jakiyah Aslamiyah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Lastaria Lastaria Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jhm.v6i2.1228

Keywords:

Model pembelajaranTAI, Hasi lBelajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik selama proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model  TAI  kelas IV  MIN 2 Kota PalangkaRaya Tahun Pelajaran 2018/2019, (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran TAI kelas IV MIN 2 Kota Palangka Raya.Jenis   penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi. Subjek  dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIN 2 Kota Palangka Raya yang berjumlah 36 orang dengan 18 laki-laki dan 18 perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1). Aktivitas belajar sangat baik pada proses pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran TAI pada peserta didik kelas  IV MIN 2 Kota Palangka Raya  (2). Peningkatan hasil belajar Matematika setelah menggunakan model pembelajaran TAI pada peserta didik kelas IV MIN 2 Kota Palangka Raya hal ini terlihat dari data hasil belajar peserta didik pada siklus I peserta didik memperoleh nilai rata-rata 59 dengan persentase ketuntasan klasikal 47% dan pada siklus II hasil belajar peserta didik meningkat dengan skor nilai rata-rata 91,25 dengan persentase ketuntasan klasikal 91%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rita Rahmaniati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Jakiyah Aslamiyah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Lastaria Lastaria, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Aris, Shoimin.2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Asep, Jihad. 2013. Evaluasipembelajaran, Yogyakarta:Multipressindo
Eveline, Siregar.2010. Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia.
Heri, Hermawan. 2015. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI(Team-Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 4 Bajugan Pada Operasi Hitung Campuran”, Jurnal Kreatif Tadulako Online, Bajugan: Universitas Tadulako
Kunandar, 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Miftahul, Huda. 2013. Model-model PengajarandanPembelajaran, Yogyakarta :PustakaBelajar.
Muhammad Syarif Sumantri, 2016.Strategi Pembelajaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, h 40
Nurul, Ramadhani.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Peserta Didik Kelas III SDN-6 Selat Hilir Kuala Kapuas Tahun Pelajaran 2014/2015.Jurnal Pendidikan Guru Dasar.(Online)Vol 2 No (ojs.umpalangkaraya.ac.id, di akses 28 Mei 2018)
Slavin Robert E. 2005. Cooperative Learning, London : Nusa Media.
Sangadji & Sopiah. 2010. Metodologi PenelitianPendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: PT. C.V Andi Offset.
Ramdhani, M. T., & Istiqlaliyah, I. (2018). Manajemen Pembelajaran di MIS Hidayatul Insan Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(2), 125-129.
Ujiati, Cahyaningsih. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI(Team-Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada materi kesebangungan dan simetri.Jurnal Cakrawala Pendas Vol.4 No 1.(Jurnal.Unma.ac.id diakses 20 Maret 2018).
Wina,Sanjaya. 2011. PenelitianTidakanKelas, Jakarta :KencanaPrenada Media Group

Downloads

Published

2019-12-10

How to Cite

Rahmaniati, R., Aslamiyah, J., & Lastaria, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TAI Untukmeningkatkan Hasil Belajar Matematikapeserta Didikkelas IVMIN-2 Kota Palangkaraya. Jurnal Hadratul Madaniyah, 6(2), 29–34. https://doi.org/10.33084/jhm.v6i2.1228

Most read articles by the same author(s)