INTEGRASI PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM MATA PELAJARAN IPA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKOLABORASI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/jhm.v11i2.8205

Keywords:

Kata kunci:  Pembelajaran, sosial emosional, IPA, keterampilan kolaborasi.

Abstract

Pembelajaran abad-21 berfokus pada student center dengan tujuan untuk memberikan peserta didik keterampilan. Mengasah keterampilan siswa dapat dilakukan oleh pendidik melalui pembiasaan diri yang positif dalam proses pembelajaran. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan integrasi pembelajaran sosial emosional dalam mata pelajaran ipa sebagai upaya peningkatan keterampilan berkolaborasi. Metode penelitian  adalah metode library research, peneliti menggunakan buku-buku ataupun jurnal dan hasil penelitian sebagai bahan referensi. Hasil menunjukkan  bahwa integrasi pembelajaran soisal emosional (kesadaran diri, pengelolaan diri kesadaran sosial, keterampilan membangun relasi dan  pengambilan keputusan yang bertanggung jawab) dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan berkolaborasi siswa SD melalui penerapan model pembelajaran  TGT, penyelidikan kelompok, dan model diccovery learning. Keteranpilan kolaborasi  membantu peserta didik berinteraksi dan saling berkontribusi secara aktif, bekerja secara produktif, fleksibel, mampu bertanggung jawab, dan menghargai perbedaan yang ada sebagai bekal menghadapi era globalisasi abad ini. Keterampilan berkolaborasi juga dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik yang membantu mereka dalam mencapai hasil belajar lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anantyarta, Primadya dan Sari, Ririn Listya Ika. (2017) Keterampilan Kolaboratif dan Metakognitif melalui multimedia berbasis Means Ends Analysis. Universitas Muhammadiyah Jember. Vol. 2 No 2.

A'yun, Qurrota. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Kelas VII Secara Daring. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar. Vol. 5 No. 1.

Berutu, Reni Ester. dan P, Julita Herawati. (2023). Pembelajaran Sosial Emosional Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora. Vol. 2 No.3.

Chrismonika Ayu Wulandari, Rita Rahmaniati dan Nurul Hikmah Kartini. PENINGKATANKETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT. Pedagogik Jurnal Pendidikan. Volume 16 Nomor 1, (1-11).

Hadi Mustofa, Nurul and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko, M.Pd. and , Dr. Choiriyah Widyasari, M.Psi., Psi (2023) Pembelajaran Sosial Emosional Di Sekolah Penggerak SDN 3 Glinggangan Kecamatan Pringkuku Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hamzah,A. (2019). Metode Penelitian Kepustakaan Library Research Kajian Fisiologis, Teoritis, dan Aplikatif. Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Mas, Sitti Roskina. (2008). Profesionaltias guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Inovasi. Vol. 5 No. 2.

Nuraeni, Irawati et al. Mengintegrasikan Pembelajaran Sosial dan Emosional Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 449 – 458.

Puspitasari, N. (2018). Peningkatan Collaboration Skill Siswa Sebagai Kecakapan Abad 21 Melalui Pembelajaran Model Cooperative Learning Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) Mata Pelajaran IPA di SD Negeri kotagede 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 38 Tahun ke-7, 3767-3780.

Ramadhani, W., Miyono, N., & Masudah, M. (2024). Pelaksanaan Pembelajaran Sosial Emosional melalui Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) di Kelas II SD Negeri Bugangan 03 Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 11443–11451.

Redhana, I.W. (2019) Mengembangkan keterampilan Abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 13 No.1.

Sutarningsih, N. L. (2022). Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 116–123.

Widiastuti, S. (2022). Pembelajaran Sosial Emosional dalam Domain Pendidikan: Implementasi dan Asesmen. JUPEMA: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 964–972.

Downloads

Published

2025-01-08

How to Cite

Rahmaniati, R., Sayyidana, Z. A., & Aulia, A. (2025). INTEGRASI PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM MATA PELAJARAN IPA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKOLABORASI . Jurnal Hadratul Madaniyah, 11(2), 67–74. https://doi.org/10.33084/jhm.v11i2.8205