METODE PEMBELAJARAN BERDASARKAN KONSEP STIFIN DALAM BUKU I KNOW YOU SCHOOL KARYA MISS HIDAY
DOI:
https://doi.org/10.33084/jhm.v11i2.7846Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya konsep STIFIn (Sensing, Thinking, Feeling, Intuiting, Feeling, Insting) yang merupakan sebuah konsep untuk mengidentifikasi kecerdasan manusia berdasarkan sistem operasi otak dominan dan dapat diketahui dengan memindai sidik jari. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana metode pembelajaran berdasarkan konsep STIFIn dalam buku I Know You School Karya Miss Hiday. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran berdasarkan konsep STIFIn dalam buku I Know You School Karya Miss Hiday. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif analisis dengan metode studi pustaka untuk menganalisis data dan informasi dari berbagai macam sumber literatur seperti buku-buku, majalah, dokumen karya ilmiah, dan lain-lain. Teknik pengambilan data menggunakan teknik analisis isi pada buku teks I Know You School Karya Miss Hiday. Hasil Penelitian ini, menunjukan adanya metode pembelajaran berdasarkan STIFIn yang terkandung dalam buku I Know You School Karya Miss Hiday meliputi (1) Sensing yaitu merekam, mencatat, mengulang, membuktikan, menulis kembali, mewarnai gambar, dan mudah mencontoh; (2) Thinking yaitu menilai, menganalisis, menyederhanakan, mengelola informasi, mensistematiskan data, dan menggunakan sebuah organizer grafik. (3) Intuiting yaitu ciptakan produk, buatlah eksperimen, ciptakan pertanyaan, beri ruang eksplorasi, konstruksikan imajinasi, perluas jangkauan persepsi, simulasi atau lakukan lakon pendek dan lucu; (4) Feeling yaitu katakan informasi itu kepada diri sendiri atau katakan dengan lantang, diskusikan dengan kelompok atau teman, ajari orang lain dengan penjelasan, komunikasi interaktif, lakukan wawancara, dengarkan rekaman, rekam tanggapan, dan berdebat; (5) Insting yaitu tunjukkan, gambarkan, beri ketenangan, gunakan post it-notes, fasilitasi keseimbangan, buatlah label atau kategorisasi, libatkan dalam aktivitas tolong menolong, gunakan huruf-huruf kertas pasir, dan kertas yang bisa diraba.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
A Sundari, A Mahrudin, dan A Kholik. 2019. “Hubungan STIFIn dengan Profesionalitas Guru STIFIn Relationship With Profesionalism Teacher,” Tadbir Muwahhid, Volume 3.1.
Agung, Brili dan Dodi Rustandi. 2015. ME: Fokus pada Kekuatan, Jangan Sibuk dengan Kelemahan. Jakarta: Qultum Media.
Agung, Brili dan Dodi Rustandi. 2017. Ini Gue Banget. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Aini, Unikotul. 2021. Konsep Pendidikan Prenatal Menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah (Studi Kitab Tuhfat al-Maudud bi Ahkam al-Maulud), vol. 1, ed Purwokerto: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAN Purwokerto.
Alindra, Afridha Laily. 2018. “Kajian Aksiologi Metode STIFIn dalam Pemetaan Mesin Kecerdasan Manusia,”
Aqib, Zainal. 2013. “Model-model media strategi pembelajaran konstektual (inovatif)”. Bandung: Yrama Widya.
Azlan, Mohd Bin Adnan Norliza Binti Abdul Razak Baha Hj. Nordin 2016. STIFIn Personality Menurut Perspektif Islam. Jurnal Psikologi Kebangsaan, Sabah. Kota Kina Balu.
Basri, Hasan. 2013. Lembaga Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Efendi, Agus. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Eriyanto. 2010. Analisis Isi Pengantar Metode untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Penerbit Kencana Prenda Media Group.
Farida, Khusna. 2022. Aplikasi Metode STIFIn dan Ilham Terhadap Hasil Hafalan Al-Qur’an (Eksperimen terhadap mahasantri IIQ).Jurnal Lentera Vol 1 Jakarta: IIQ
Hekmiati. 2013. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Jufri, Muhammad dan Alimuddin Mahmud. 2015. “Pengaruh STIFIn (Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling) Learning Guidance untuk meningkatkan Minat pembelajaran siswa di SMP Rajawali Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.”
Komaruddin. 2020. Ensiklopedia manajemen.. Jakarta: Bumi Aksara.
Kusumawati, Naniek dan Endang sri maruti. 2019. Strategi belajar mengajar di sekolah dasar. Jakarta: CV.Ae Media Grafika.
Mardalis. 2004. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mundiri, Akmal dan Irma Zahra. 2017. “Implementasi Metode STIFIn dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an di Rumah Qur’an STIFIn Paiton Probolinggo,” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies).
Narbuko Chalid dan Ahmad Abu. 1997. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Askara.
Nurrokhmah, Hidayati. 2019. I Know You Parenting. Bekasi: STIFIn Institute.
Nurrokhmah, Hidayati. 2020. I Know You School. Bekasi: STIFIn Institute.
Pasmawati, Hermi.2019. Bimbingan Karir Farid Poniman dan Relevansinya dengan Konsep Islam: Telaah STIFIn Test. Jurnal Ilmiah Syiar Fuad IAIN Bengkulu.
Poniman, Farid. 2019. Pancarona Buku Pegangan Peserta Workshop Stifin level II. Bekasi: Yayasan Stifin.
Poniman, Farid. 2012. Penjelasan Hasil Tes STIFIn. Bekasi: STIFIn Fingerprint. Cet. ke-5. Bekasi: Yayasan STIFIn.
Poniman, Farid. 2013. Konsep Palugada (Apa Lu Mau Gua Ada). Jakarta: STIFIn Institue.
Poniman, Farid. 2017. Penjelasan Hasil Tes STIFIn 9 Personaliti Gentetik. Bekasi: STIFIn Institute.
Poniman, Farid. Et.All. 2009. Kubik Leadership. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sholeh, Abdul Halim, Arina Alfa Khasnatin, dan Syahidah Rena. 2022. Implementasi Metode STIFIn dalam Meningkatkan Karakter Islami Peserta Didik di Sekolah Alam Ibnu Hajar. Jurnal Pendidikan Islam Vol.2
Supriyono, 2009. Implementasi Pembelajaran Ekonomi di SMA 1 Bae Kudus sebagai Rintisan Sekolah Kategori Mandiri. Surakarta: Universitas Sebelas maret Surakarta.
Suyanto, dkk. 2013. Bagaimana Menjadi Calon Guru Dan Guru Professional. Yogyakarta: Multi Presssindo.
Tim Penyusun. 2021. Pedoman Skripsi Fakultas Agama Islam Universitas Muhamamdiyah Palangkaraya. Palangka Raya: UMPR.
Toyyibah, Ibay. 2017. Cara Belajar Gue Bangeeet. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lastaria Lastaria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.