Pengaruh Terapi Bermain Flashcard Terhadap Interaksi Sosial pada Anak Autis di Yayasan Pendidikan Melati Ceria di Kota Palangka Raya

The Effect of Playing Flashcard Thetaphy to Social Interaction in Toddlers in Melati Ceria Educational Foundation of Palangka Raya City

Authors

  • Neneng Safitri STIKES Eka Harap
  • Angga Arsesiana STIKES Eka Harap
  • Vina Agustina STIKES Eka Harap
  • Risti Mawarni STIKES Eka Harap

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsm.v9i3.6576

Keywords:

Terapi, Flashcard, Autis

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) memiliki berbagai hambatan gangguan kelainan yang diakibatkan dari berbagai faktor penyebab, diantaranya adalah dikarenakan adanya kerusakan bentuk/kondisi organ mata, telinga, fisik/tubuh yang berpengaruh pada gerak, mental emosional dan sosial sehingga mempengaruhi dalam aktifitas kehidupan sehari-hari. Autis merupakan gangguan perkembangan neurobiologis yang sangat komplek/berat dalam kehidupan yang panjang, yang meliputi gangguan aspek interaksi sosial, komunikasi dan bahasa serta gangguan emosi dan persepsi sensori bahkan pada aspek motoriknya. Berdasarkan fenomena didapatkan ada beberapa anak autis yang berada di Yayasan Pendidikan Melati Ceria Kota Palangka Raya mengalami gangguan interaksi sosial. Hal ini terjadi karena anak tidak bersosialisasi dengan teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terapi bermain terhadap interaksi sosial pada anak autis di Yayasan Pendidikan Melati Ceria Kota Palangka Raya. Metode Penelitian ini menggunakan metode  pre eksperiment dengan pendekatan one group pre post test design. Populasi berjumlah 15 responden. Sampel berjumlah 12 responden dengan  teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, kemudian data dianalisa menggunakan uji wilcoxon. Hasil analisa pengaruh terapi bermain flashcard terhadap interaksi sosial pada anak autis di Yayasan Pendidikan Melati Ceria Kota Palangka Raya, interaksi sosial pre dan post didapatkan signifikansi diperoleh sig. (2-tailed) 0.001 yang berarti lebih kecil dari 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa p value <α (0.001< 0.05) maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya adanya pengaruh terapi bermain flashcard terhadap interaksi sosial. Diharapkan kepada guru sekolah luar biasa (SLB) dan petugas kesehatan dapat memberikan terapi bermain flashcard kepada anak autis sehingga dapat meningkatkan interaksi sosial mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Neneng Safitri, STIKES Eka Harap

Angga Arsesiana, STIKES Eka Harap

Vina Agustina, STIKES Eka Harap

Risti Mawarni, STIKES Eka Harap

References

Achjar, Henny Ayu Komang. 2010. Achamad Chusairi, Hamidah Dan Tino Leonardi, “Efektifitas Terapi Bermain Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuan Dan Keterampilan Sosial Bagi Anak Dengan Gangguan Autisme”, Http://Jurnal Unair.Ac.Id/ Files Pdf/Jurnal Diks. Hamidah.Pdf, Diakses Tanggal 10 Februari 2017.

Astuti, Puji. 2014. Mengenal Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Menuju Layanan Belajar Sebagai Pengetahuan Dasar Bagi Orang Tua, Masyarakat, Pemerhati Dan Guru Pada Sekolah Penyelenggara Inklusif Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Budaya Direktorat Jendral Pendidikan Dasar.

Adriana, D. 2011. Tumbuh Kembang & Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Doman, G. 1991. Mengajar Bayi Anda Membaca. Terjemahan Oleh Ismaik Marahimin. Jakarta: Gaya Favorit Press.

Dinas Provinsi Kalimantan Tengah. 2012. Data Individu Dan Data Siswa Sekolah Luar Biasa Tingkat Pendidikan Dasar Sd Dan Smp. Http;//Www.Tkplb.Net. Diakses, Tanggal 10 Maret 2017.

Friendman, Marilyn M. 2010. Buku Ajar Keperawatan keluarga Riset, Teori Dan Praktik. Jakarta: Egc.

Hadis, Abdul. 2006. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autistik. Bandung: Alfabeta.

Hidayat, Aziz Alimul. 2009. Metode Penelitian Keperawatan Dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.

Hidayat. 2008. Pedoman Riset Praktis Untuk Profesi Perawat. Jakarta: EGC

Kemenkes RI. 2011. Pedoman Pelayanan Kesehatan Disekolah Luar Biasa Untuk Petugas Kesehatan. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Gizi Dan Kia.

Mubarak, Wahit Iqbal. 2009. Sosiologi Keperawatan Pengantar Dan Teori. Jakarta: Salemba Medika

Nursalam. 2011. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis Dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Sidik, Juzri. 2014. Gambaran Dukungan Keluarga Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus Disekolah Khusus Kota Tangerang Selatan Skripsi. Jakarta: Uin Syarif Hidayatullah.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantatif Dan R Dan D. Bandung: Alfabeta.

Sunu, Christoper. 2012. Panduan Memecahkan Masalah Autisme Unlocking Autism. Yogyakarta: Lintang Terbit.

Susanto, Tantut. 2012. Buku Ajar Keperawatan Keluarga Aplikasi Teori Pada Praktif Asuhan Keperawatan Keluarga. Jakarta: Trans Info Media.

Yusuf, Syamsu. 2011. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.Yuwono, Joko. 2012. Memahami Anak Autistik (Kajian Teoritis Dan Empirik). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Safitri, N., Arsesiana, A., Agustina, V., & Mawarni, R. (2023). Pengaruh Terapi Bermain Flashcard Terhadap Interaksi Sosial pada Anak Autis di Yayasan Pendidikan Melati Ceria di Kota Palangka Raya: The Effect of Playing Flashcard Thetaphy to Social Interaction in Toddlers in Melati Ceria Educational Foundation of Palangka Raya City. Jurnal Surya Medika (JSM), 9(3), 173–178. https://doi.org/10.33084/jsm.v9i3.6576

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>