Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil dalam Pencegahan Terjadinya Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Pahandut Palangka Raya

The Influence of Health Education Against the Level of Knowledge of Pregnant Women in the Prevention of the Accurance of the Birth of a Baby of Low Birth Weight (LBW) in the Working Area UNIT for Clinics Pahandut Palangka Raya

Authors

  • Neneng Safitri STIKES Eka Harap
  • Karmitasari Karmitasari STIKES Eka Harap
  • Meyska Widyandini STIKES Eka Harap
  • Roby Kristian STIKES Eka Harap

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsm.v10i2.7756

Keywords:

Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan Ibu Hamil, Berat Badan Lahir Rendah

Abstract

Pendidikan kesehatan adalah merupakan komponen program kesehatan (kedokteran) yang isinya perencanaan untuk perubahan perilaku individu, kelompok dan masyarakat sehubungan dengan pencegahan penyakit, penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan. Fenomena yang terjadi pada ibu hamil yang berkunjung ke Puskesmas Pahandut Palangka Raya, mengatakan bahwa belum mengetahui apa itu bayi berat badan lahir rendah (BBLR) dan bagaimana cara pencegahannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan ibu hamil sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang pencegahan terjadinya kelahiran bayi berat badan lahir rendah (BBLR) di wilayah kerja UPTD Puskesmas Pahandut Palangka Raya. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra eksperimental dengan pendekatan one group pra-post test design. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, dengan responden yaitu ibu hamil yang melakukan pemeriksaan ANC/Antenatal Care di Puskesmas Pahandut Palangka Raya sebanyak 30 responden. Uji statistik ini menggunakan wilcoxon. Ada perbedaan yang signifikan antara pengetahuan pre-test dan post-test dengan hasil p=0,000 < α=0,005. Hasil ini dikarenakan responden telah mendapatkan pendidikan kesehatan yang cukup tentang pencegahan terjadinya kelahiran bayi berat badan lahir rendah. Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan ibu hamil dalam pencegahan terjadinya kelahiran bayi berat badan lahir rendah. Diharapkan dengan adanya hasil penelitian ini, dapat dijadikan sebagai sumber informasi bagi tempat penelitian dan meningkatkan pelayanan kesehatan dengan memberikan pendidikan kesehatan kepada ibu-ibu hamil agar dapat mencegah terjadinya kelahiran bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Neneng Safitri, STIKES Eka Harap

Karmitasari Karmitasari, STIKES Eka Harap

Meyska Widyandini, STIKES Eka Harap

Roby Kristian, STIKES Eka Harap

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Detikcom. 2016. Bahaya Rokok, (Online). (http://www.detikcom.or.id/bahaya-rokok, diakses 24 April 2016)

Dinkes Prop. Kalteng. 2016. Angka Kejadian BBLR Dari Tahun 2010-2015 Di Kalteng. Palangka Raya: Dinkes Prop. Kalteng

Fitriani, Sinta. 2011. Promosi kesehatan. Jakarta: Graha Ilmu.

Ika Pantiawati. 2010. Bayi Dengan BBLR (Berat Badan Lahir Rendah). Yogyakarta: Nuha Medika

JNPK-KR. 2008. Pelatihan Klinik Asuhan Persalinan Normal: Asuhan Esensial, Pencegahan dan Penanggulangan Segera Komplikasi Persalinan dan Bayi baru Lahir. Jakarta: Direktorat Bina Kesehatan Keluarga DepKes RI.

Lisa Eilizabet Aula. 2010. Stop Merokok!. Jogjakarta: Garailmu.

Mubarak, Wahid Iqbal dan Nurul Chayatin. 2007. Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia: Teori dan Aplikasi dalam Praktik. Jakarta: EGC.

Maulana, Mirza. 2008. Penyakit Kehamilan Dan Pencegahannya. Jogjakarta: Katahati.

Maulana, Hari. D. J. 2009. Promosi Kesehatan. Jakarta: EGC.

Mitayani, 2009. Asuhan Keperawatan Maternitas. Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Nanny Lia Dewi, Vivian. 2010. Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita. Jakarta: Salemba Medika.

Nining Hasanah. 2010. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Bayi Berat Barat Lahir Rendah (BBLR) Di Ruang BBLR RSUP Dr. Kariadi Semarang Tahun 2010, (Online), (http://nining.org/faktor-faktor-yang-berhubungan-dengan-kejadian-bayi-berat-badan-lahir-rendah-(BBLR)-di-ruangan-BBLR-RSUP-Dr-Kariadi-Semarang-tahun-2010, diakses 16 Mei 2016)

Nursalam. Ferry, Efendy. 2012. Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Proverawati, Sulistyorini. 2010. Berat Badan Lahir Rendah (BBLR). Yogyakarta: Nuha Medika.

Sarwono, 2006. Buku Acuan Nasional: Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka.

Saputra, Lyndon. 2014. Asuhan Neonatus Bayi, dan Balita. Tangerang Selatan: Binarupa Aksara Publisher.

Saputra, Lyndon. 2014. Instant Access Ilmu Kebidanan. Tangerang Selatan: Binarupa Aksara Publisher.

UPTD Puskesmas Pahandut Palangka Raya. 2016. Data Kunjungan Ibu Hamil K1-K4 Di UPTD Puskesmas Pahandut Palangka Raya. Palangka Raya: UPTD Puskesmas Pahandut Palangka Raya.

Weni Kristiyanasari, 2011. Asukan Keperawatan Neonatus dan Anak . Yogyakarta: Nuha Medika.

Widya Apriyanti. 2015. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Anemia Dengan Resiko Kejadian BBLR Di Desa Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember, (Online), (http://id.widya.org/hubungan-tingkat-pengetahuan-ibu-hamil-tentang-anemia-dengan-resiko-kejadian-bblr-di-desa-gebang-kecamatan-patrang-kabupaten-jember, diakses 16 Mei 2016)

Downloads

Published

2024-08-04

How to Cite

Safitri, N., Karmitasari, K., Widyandini, M., & Kristian, R. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil dalam Pencegahan Terjadinya Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Pahandut Palangka Raya: The Influence of Health Education Against the Level of Knowledge of Pregnant Women in the Prevention of the Accurance of the Birth of a Baby of Low Birth Weight (LBW) in the Working Area UNIT for Clinics Pahandut Palangka Raya. Jurnal Surya Medika (JSM), 10(2), 310–314. https://doi.org/10.33084/jsm.v10i2.7756

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>