Hubungan Stres Kerja Terhadap Kinerja pada Pelayanan CV Glori Cipta Kuliner Nusantara

The Relationship Between Job Stress and Employe Performance in CV Glori Cipta Kuliner Nusantara

Authors

  • Muhammad Adam Universitas Balikpapan
  • Lina Yuliana Universitas Balikpapan
  • LM Zainul Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsm.v10i1.6875

Keywords:

Kerja, Kinerja, Karyawan, Kuliner, Stress

Abstract

Setiap karyawan pasti pernah mengalami stres kerja, stres kerja berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan, semakin tinggi stres kerja maka kinerja karyawan akan menurun. Oleh karena itu, stres kerja harus dicegah dan ditangani. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tekanan kerja yang dihadapi oleh karyawan CV Glori Cipta Kuliner Nusantara dan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan tersebut. Hasil yang diperoleh melalui penelitian ini dilakukan untuk mengurangi stres demi kemajuan organisasi. Tidak demikian halnya dengan variabel stres, kinerja karyawan berbanding terbalik dengan tingkat stres yang dialami karyawan. Banyak faktor penyebab stres dan topik yang harus diketahui adalah apa saja dampak dari stres yang dialami karyawan. Oleh karena itu, penting dan memakan waktu untuk mengetahui dampak stres untuk mencegah berbagai kerugian efisiensi dan kerugian ekonomi. Kinerja karyawan harus selalu dipantau dan dijaga agar tidak menurun dan terus berkembang seiring dengan pengalaman sebagai karyawan dan kesinambungan hubungan antara pekerja dan perusahaan. Penelitian korelasi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres kerja dengan kinerja karyawan. Total responden sebanyak 30 responden. Penelitian ini ditujukan kepada karyawan pada perusahaan CV Glori Cipta di Kota Balikpapan. Hasil analisis data menemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan kuat antara variabel stres kerja dengan kinerja karyawan. Temuan tersebut menunjukkan bahwa ketika variabel stres kerja meningkat maka variabel kinerja karyawan mengalami penurunan. Dengan rendahnya tingkat stres kerja maka kinerja karyawan akan meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Adam, Universitas Balikpapan

Lina Yuliana, Universitas Balikpapan

LM Zainul, Universitas Balikpapan

References

Permenaker No.5 Tahun 2018 tentang lingkungan kerja yang aman, sehat dan nyaman serta mencegah kecelakaan kerjavdan penyakit kerja

Fahrizal, A. A. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Kerja Perawat Anestesi Di Ruang Operasi Alif (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).

Madhani, A. F. 2022. Pengaruh Stres Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Divisi Kurir Studi Pada J&T Express Garut 01 (PT Global J&T Express). Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(04), 364-370.

Yuniarti dkk. 2021. Kinerja Karyawan Tinjauan Teori dan Praktis. Bandung: CV. Widina Media Utama Silaen dkk. 2021. Kinerja Karyawan. Bandung: CV. Widina Media Utama

SILAEN, Novia Ruth, et al. Kinerja Karyawan. 2021.

Issalillah, F., & Wahyuni, S. 2021. Analisis Hubungan Stres Kerja dan Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen (BION), 1(1), 1- 8.

Rosmiati, E., Sova, M., & Ahmadun, A. 2020. Hubungan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pasifik Satelit Nusantara Jakarta. Jurnal Administrasi dan Manajemen, 10(1), 99-104.

Priyoto. 2014. Konsep Manajemen Stres. Yogyakarta: Nuha Medika

Sugiyono. 2021. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Edisi Kedua, Cetakan Ke-3. Bandung: CV Alfabeta

STEVEN, Hartono Jessie; PRASETIO, Arif Partono. Pengaruh stres kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Penelitian Ipteks, 2020, 5.1: 78-88.

Downloads

Published

2024-04-27

How to Cite

Adam, M., Yuliana, L., & Zainul, L. (2024). Hubungan Stres Kerja Terhadap Kinerja pada Pelayanan CV Glori Cipta Kuliner Nusantara: The Relationship Between Job Stress and Employe Performance in CV Glori Cipta Kuliner Nusantara. Jurnal Surya Medika (JSM), 10(1), 192–198. https://doi.org/10.33084/jsm.v10i1.6875