Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Orang Tua Tentang Vaksin Tifoid pada Anak di UPTD Puskesmas Panarung Palangka Raya

The Influence of Health Education on Parents’ Knowledge About Typhoid Vaccines in Children at UPTD Puskesmas Panarung Palangka Raya

Authors

  • Meilitha Carolina STIKES Eka Harap
  • Eva Priskila STIKES Eka Harap
  • Dwi Agustian Faruk Ibrahim STIKES Eka Harap
  • Friskila Febrianti STIKES Eka Harap

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsm.v10i1.7157

Keywords:

Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Orang Tua, Vaksin Tifoid

Abstract

Latar Belakang: Pendidikan kesehatan merupakan bagian dari promosi kesehatan yaitu suatu proses untuk meningkatkan kesehatanya (Nurhayati & Saputri, 2019). Pengetahuan seseorang merupakan faktor yang dapat mempengaruhi orang tua dalam melakukan tindakan, semakin baik pengetahuan dan wawasan yang orangtua tahu mengenai penyakit atau masalah kesehatan maka semakin baik juga dalam penanganan atau penatalaksanaannya.  Demam tifoid atau tifus adalah salah satu infeksi berbahaya yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Salah satu pencegahannya yaitu dengan vaksin Tifoid. Vaksin tifoid merupakan vaksin yang disarankan karena dapat melindungi banyak anak dari penyakit dan kematian, sehingga mengurangi penderitaan banyak orang tua. Fenomena yang terjadi adalah vaksin tifoid bukanlah vaksin yang diwajibkan oleh pemerintah, dikarenakan mahalnya vaksin ini, biaya tinggi dan tidak ditanggung oleh pemerintah, orang tua khawatir untuk diberikan vaksin tifoid pada anaknya dan sebagian orang tua belum mengetahui bahwa ada vaksin tifoid pada anak sehingga masih banyak anak yang belum mendapatkan vaksin tifoid tersebut sehingga anak masih rentan mengalami demam tifoid. Tujuan: Untuk Menganalisis Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Orang Tua Tentang Vaksin Tifoid Pada Anak Di UPTD Puskesmas Panarung Palangka Raya. Metode: Penelitian ini menggunakan desain Pre Eksperimental dengan pendekatan One Group Pre Dan Post Test. Teknik pengambilan sampel Purposive Sampling dengan jumlah 59 responden. Hasil: Berdasarkan hasil uji Wilcoxon yaitu didapat p value yaitu  0.000 atau tingkat signifikasi p < 0,05, maka Ha diterima sehingga ada Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Orang Tua Tentang Vaksin Tifoid Pada Anak. Kesimpulan: Ada Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Orang Tua Tentang Vaksin Tifoid Pada Anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Meilitha Carolina, STIKES Eka Harap

Eva Priskila, STIKES Eka Harap

Dwi Agustian Faruk Ibrahim, STIKES Eka Harap

Friskila Febrianti, STIKES Eka Harap

References

Alini, T. 2021. Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Ibu Hamil Tentang Pemanfaatan Buku Kia. Jurnal Ilmiah Maksitek, 6(3), 18–25.

Arianti, M. 2023. Pentingnya Pengetahuan Kesehatan Demam Typhoid Anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 7–14.

Atmawati, N. 2023. Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Demam Tifoid Dengan Tindakan Pencegahan Dan Penatalaksanaan Demam Tifoid Pada Anak Di Puskesmas Rarang. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Hamzar.

Cookson, Dimova, M., Stirk, & M.R., P. 2019. Pendidikan Kesehatan. 9–35.

Efendi. 2019. Pendidikan Kesehatan. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Mahendra, D. 2019. Buku Ajar Promosi Kesehatan. Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Vokasi Uki, 1–107.

Martina Pakpahan, .Dkk. 2021. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan (1st Ed.). Yayasan Kita Menulis.

Nugroho, S. A., Istiqomah, B., & Rohanisa, F. 2021. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Self Efficacy Vaksinasi Covid-19 Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Universitas Nurul Jadid. Jurnal Keperawatan Profesional. Https://Doi.Org/10.33650/Jkp.V9i2.2768

Nurhayati, L., & Saputri, L. D. 2019. Penerapan Pemberian Pendidikan Kesehatan Nutrisi Untuk Mengatasi Ketidakseimbangan Nutrisi Kurang Dari Kebutuhan Tubuh Pada Demam Tifoid. Jurnal Keperawatan Karya Bhakti, 5(1), 31–37.

Permatasari, & Indah. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan. Journal Of Chemical Information And Modeling, 120(11), 259.

Pratiwi, L. P. L. 2021. Efektivitas Pendidikan Kesehatan Dengan Media E-Leaflet Terhadap Pengetahuan Remaja Putri. 7–22.

Rahmi, M. 2022. Asuhan Keperawatan Pada An. R Dengan Gangguan Sistem Pencernaan: Demam Typoid Dengan Pemberian Kompres Daun Kembang Sepatu Untuk Menurunkan Demam.

Salam, M. R., Endarti, D., & Andayani, T. M. 2020. Tingkat Pengetahuan Terhadap Vaksin Tifoid: Survei Pada Orang Tua Di Indonesia. Pharmacy: Jurnal Farmasi Indonesia (Pharmaceutical Journal Of Indonesia), 17(1), 22–34.

Santoso, A. P. R., Kawuri, R., & Besung, I. N. K. (N.D.). Vaccine Alternative.

Simaremare, A. P., Simanjuntak, N. H., & Simorangkir, S. J. V. 2020. Hubungan Pengetahuan, Sikap, Dan Tindakan Terhadap DBD Dengan Keberadaan Jentik Di Lingkungan Rumah Masyarakat Kecamatan Medan Marelan Tahun 2018. Jurnal Vektor Penyakit. Https://Doi.Org/10.22435/Vektorp.V14i1.1671

Susilawati, S. 2019. Pengetahuan Murid Tentang Personal Safety Skills Usia. Universitas Siliwangi, 7–30.

Downloads

Published

2024-04-27

How to Cite

Carolina, M., Priskila, E., Faruk Ibrahim, D. A., & Febrianti, F. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Orang Tua Tentang Vaksin Tifoid pada Anak di UPTD Puskesmas Panarung Palangka Raya: The Influence of Health Education on Parents’ Knowledge About Typhoid Vaccines in Children at UPTD Puskesmas Panarung Palangka Raya. Jurnal Surya Medika (JSM), 10(1), 70–79. https://doi.org/10.33084/jsm.v10i1.7157