Hubungan Prestasi Belajar dan Motivasi dengan Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Sarjana Keperawatan dalam Menyelesaikan Skripsi di STIKES Eka Harap Palangka raya
The Correlation Between Learning Achivement and Motivation with the Level of Anxiety in Final Year Students of the Undergraduate Nursing Study Program in Completing Their Thesis at STIKES Eka Harap Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/jsm.v10i1.7200Keywords:
Prestasi Belajar, Motivasi, Tingkat Kecemasan, Tugas AkhirAbstract
Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi, kemampuan dan kesiapannya akan diuji dengan diberikan tugas akhir berupa skripsi sebagai syarat kelulusan untuk memperoleh gelar sarjana. Prestasi belejar mahasiswa menjadi tolak ukur dalam memperkirakan progres penyelesaian tugas akhir, selain itu juga dibutuhkan motivasi dari luar maupun dalam, dikarenakan akan dihadapkan berbagai hambatan atau kesulitan dalam proses menulis skripsi. Kurangnya pengalaman dalam pembelajaran dan hilangnya motivasi pada mahasiswa tingkat akhir dapat menyebabkan kecemasan sehingga membuat mahasiswa menunda proses penyelesaian skripsi. Dampaknya kecemasan akan mengganggu hasil tugas akhir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir program studi sarjana keperawatan dalam menyelesaikan skripsi di STIKES Eka Harap Palangka Raya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Korelasional dengan pendekatan Cross-sectional menggunakan Uji Spearman Rank Teknik Sampling yang digunakan Total Sampling dengan jumlah sampel 61 Mahasiswa tingkat akhir Program Studi Sarjana Keperawatan. Berdasarkan hasil Uji Analisis hubungan prestasi belajar dengan tingkat kecemasan didapatkan nilai p value 0,825>0,05 sehingga tidak ada hubungan antara prestasai belajar dengan tingkat kecemasan pada masiswa tingkat akhir, sedangkn hubungan motivasi dengan tingkat cemas didapatkan nilai p value 0,006<0,05 sehingga terdapat hubungan antara motivasi dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir. Tidak ada hubungan restasi belajar dengan tingkat kecemasan dan ada hubungan antara motivasi dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan skripsi. Tidak adanya hubungan dari prestasi belajar menggambarkan bahwa kecemasan dapat di sebabkan oleh banyak hal lain. Sedangkan adanya hubungan antara motivasi dengan kecemasan menggambarkan bahwa motivasi menjadi salah satu sumber kecemasan seseorang.
Downloads
References
Andyani, N. A. 2021. Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fk Ums Masa Pandemi Covid-19. Urecol, 172–177.
Astuti, D., Wasidi, & Sinthia, R. 2019. TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI DI PRODI PENJASKESREK FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Jurnal Consilia, 2(1), 66–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia
Bukit, E. br, & Widodo, Y. H. 2022. Tingkat Kecemasan dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Perantau Berdomisili di Yogyakarta. Jurnal of Courseling and Personal Development, 4(1), 44–49.
Firmansyah, Q. D., Qorahman, W., & Ningtyas, N. W. R. 2022. Hubungan Kecemasan Dengan Kualitas Tidur Mahasiswa Dalam Penyelesaian Tugas Akhir Di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Cendekia Medika. Jurnal Borneo Cendekia, 5(2), 148. https://doi.org/10.54411/jbc.v5i2.253
Haiya, N. N. 2019. Motivasi Mahasiswa Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Menghadapi Tugas Akhir. Jurnal Smart Keperawatan, 5(2), 40. https://doi.org/10.34310/jskp.v5i2.186
Henny Syapitri, Amalia, J. A. 2020. Metodelogi Penelitian Kesehatan.
Ilmiati, M., Sari, N. P., & Sholihat, N. 2021. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Motivasi Mahasiswa Pada Saat Menyelesaikan Skripsi. Healthcare Nursing Journal, 3(2), 125–131.
Lutfianawati, D., Puji Lestari, S. M., & Istiana, S. 2019. Hubungan Kesiapan Belajar Mandiri Dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Tahun 2017. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 5(4), 232–244. https://doi.org/10.33024/.v5i4.967
Mustamin, S. H. 2015. Analisis Faktor Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Kualifikasi Guru Raudhatul Athfal. Auladuna, 2(2), 309–324.
Relica, C., & Mariyati. 2024. MOTIVASI DAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA MENGERJAKAN SKRIPSI. Peran Mikronutrisi Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19, 14(3), 75–82. https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/1979/1260
Seto, S. B., Wondo, M. T. S., & Mei, M. F. 2020. Hubungan Motivasi Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Dalam Menulis Tugas Akhir (Skripsi). Jurnal Basicedu, 4(3), 733–739. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.431
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dwi Agustian Faruk Ibrahim, Karmitasari Y.K, Yulia Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.