Analisa Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Radiologi pada Pemeriksaan Ultrasonografi (USG) di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Bali Med Karangsem
Analysis of Patient Satisfaction Levels the Quality of Radiology Service in Ultrasound (USG) Examninations at the Radiology Department of Bali Med Karangsem Hospital
DOI:
https://doi.org/10.33084/jsm.v11i2.7642Keywords:
Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan, UltrasonografiAbstract
Rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan, menyediakan layanan rawat inap, rawat jalan, gawat darurat serta bagian penunjang lainnya termasuk radiologi. Untuk memberikan pelayanan berkualitas, rumah sakit harus memperhatikan mutu dan keselamatan pasien. Mutu pelayanan kesehatan ditandai dengan karakteristik aman, tepat waktu, efisien, efektif, berorientasi pada pasien, adil, dan terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan radiologi terhadap kepuasan pasien pada pemeriksaan Ultrasonografi (USG). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan penyebaran kuesioner kepada pasien yang menjadi responden di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Bali Med Karangasem. Jumlah responden sebanyak 30 orang. Data yang ada diuji validitas dan uji reliabilitas akan dilakukan terhadap setiap pertanyaan yang digunakan dalam kuesioner. Uji kolerasi akan menggunakan teknik korelasi Spearman Product Moment (r). Hasil penelitian menunjukkan bahwa data reliable dan pasien merasa puas terhadap pelayanan USG di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Bali Med Karangasem.
Downloads
References
REFERENSI
Aryati, K. E., & Hariyanto, T. (2020). Analisis mutu pelayanan radiologi terhadap kepuasan pasien rawat jalan di instalasi radiologi rumah sakit x. Health Care Media, 55–58.
Di, K., & Sepatan, P. (2021). Epuasan Pasien Merupakan Salah Satu Indikator Penting Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan, Karena Pasien Sebagai Makhluk Bio-Psiko- Sosial Memerlukan Terpenuhinya Harapan Dari Aspek Kesehatan (Biologis), Aspek Kepuasan (Psikologis), Serta Aspek Budaya 01(02), 169-180
Kemenkes RI. (2022). Standar Akreditasi Rumah Sakit Berdasarkan KMK 1128.
Peraturan Pemerintah. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan (Issue 086146).
Permenkes RI, N. 30. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, Dan Unit Transfu. In Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Issue 879).
Sari Yanti Hayanti, Amrozi, ., Aryogi, ., & Ulum, M. F. (2020). Potensi diagnostik pencitraan ultrasonografi pada otot perineal sebagai sarana diagnosa penunjang kesehatan reproduksi sapi. ARSHI Veterinary Letters, 4(2), 39–40. https://doi.org/10.29244/avl.4.2.39-40
Sesrianty, V., Machmud, R., & Yeni, F. (2019). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 6(2), 116–126. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.317
Rahmiati, R., & Temesveri, N. A. (2020). Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang Tahun 2019. Jurnal Kesehatan, 13(1), 13–21.
Hartia Ningsih, S. M., Haeruddin, & Andi Multazam. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Di Puskesmas Antang Perumnas Kota Makassar. Window of Public Health Journal, 4(6), 1085–1093. https://doi.org/10.33096/woph.v4i6.455
Rahmaddian, T. Dkk. 2019. Evaluasi Implementasi Kebijakan Standar Pelayanan Minimal Unit Radiologi Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Rasidin Padang. Jurnal Kesehatan Andalas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 I Wayan Angga Wirajaya, Ni Made Dwi Candra Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.