Tinjauan Literatur Tentang Potensi Penerapan Model Synectics, Mind Map, dan Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Main Article Content

Mu'minatun Ni'mah
Septian Aji Permana

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Pancasila di tingkat SMP masih menghadapi tantangan dalam membentuk karakter siswa secara utuh. Metode konvensional yang menekankan hafalan nilai-nilai sering kali membuat siswa pasif dan kurang mampu mengaitkan nilai Pancasila dengan realitas kehidupan sehari-hari. Berdasarkan data Kemendikbud (2023), sekitar 70% guru PPKn masih menggunakan pendekatan ceramah yang minim melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan menganalisis potensi penerapan gabungan tiga model pembelajaran, yaitu Synectics, Mind Map, dan Cooperative Learning (SM2CL), sebagai strategi inovatif dalam meningkatkan kreativitas, kolaborasi, dan internalisasi nilai Pancasila pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan analisis konseptual dan tematik terhadap berbagai hasil penelitian relevan selama sepuluh tahun terakhir. Analisis dilakukan dengan menelaah karakteristik, prinsip dasar, dan kontribusi masing-masing model terhadap pembelajaran aktif dan berkarakter. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi model SM2CL dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif melalui analogi (Synectics), memperjelas hubungan konsep nilai melalui peta konsep (Mind Map), serta mengembangkan kerja sama sosial melalui kegiatan kelompok (Cooperative Learning). Penerapan model gabungan ini juga mendorong siswa untuk merefleksikan nilai-nilai Pancasila secara kontekstual dan kritis. Dengan demikian, model SM2CL berpotensi menjadi inovasi pedagogis yang efektif dan relevan dengan semangat Kurikulum Merdeka dalam memperkuat pendidikan karakter kebangsaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ni’mah, M., & Permana, S. A. (2025). Tinjauan Literatur Tentang Potensi Penerapan Model Synectics, Mind Map, dan Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 20(2), 154–160. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v20i2.11148
Section
Articles
Author Biographies

Mu'minatun Ni'mah, universitas PGRI Yogyakarta

universitas PGRI Yogyakarta]

Septian Aji Permana, universitas PGRI Yogyakarta

universitas PGRI Yogyakarta

References

Amin, S. 2022. Inovasi Pembelajaran Abad 21: Tantangan dan Solusi Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Braun, V., & Clarke, V. 2006. Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Buzan, T. 2018. The Mind Map Book: Unlock your creativity, boost your memory, change your life. BBC Active. https://www.bbcactive.com/mind-map-book.

Buzan, T. 2018. The Ultimate Book of Mind Maps: Unlock Your Creativity, Boost Your Memory, Change Your Life. London: HarperCollins.

Damayanti, P., Hindriana, A. F., & Abidin, Z. 2022. Implementation of SM2CL Model to Improve Students’ Critical Thinking and Motivation. Quagga: Journal of Biology Education, 14(1):55–63. https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/4821

Gordon, W. J. J. 1961. Synectics: The development of creative capacity. Harper & Row.

https://archive.org/details/synecticsgordon.

Hamalik, O. 2021. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. 2014. Cooperative learning in 21st century. Anales de Psicología, 30(3): 841–851. https://doi.org/10.6018/analesps.30.3.201241.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. 2019. Learning Together and Alone: Cooperative, Competitive, and Individualistic Learning (9th ed.). Boston: Allyn & Bacon.

Joyce, B., & Weil, M. 2015. Models of Teaching (9th ed.). Boston: Pearson.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud). 2022. Kurikulum Merdeka: Panduan pelaksanaan pembelajaran berpusat pada peserta didik. Jakarta: Kemdikbudristek. https://kurikulum.kemdikbud.go.id.

Lestari, D. 2022. Pengaruh model cooperative learning terhadap sikap demokratis siswa dalam pembelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2):155–165. https://doi.org/10.21831/jpk.v12i2.45321.

Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., ... & Moher, D. 2021. The PRISMA 2020 statement: An updated guideline for reporting systematic reviews. Systematic Reviews, 10(1), 89. https://doi.org/10.1186/s13643-021-01626-4

Prasetyo, A., & Handayani, M. 2023. Integrasi model pembelajaran kreatif dan kolaboratif untuk meningkatkan nilai karakter siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1):45–59.

https://doi.org/10.23887/jip.v9i1.5279

Rahmawati, L. 2020. Penerapan model Synectics untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan moral siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(3):201–210.

https://doi.org/10.17977/jpp.v27i3.14182

Santrock, J. W. 2018. Educational Psychology. McGraw-Hill Education.

https://www.mheducation.com

Sari, N., & Nugroho, B. 2021. Pengaruh penggunaan Mind Mapping terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa SMP. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2):85–94.

https://doi.org/10.31004/jpkn.v11i2.3312.

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Suryadi, A. 2020. Pendidikan Pancasila dalam Perspektif Globalisasi. Bandung: Alfabeta.

Taufik, M. S. 2018. Penerapan Model SM2CL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA. Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. https://repositori.uin-alauddin.ac.id/11600

Tewal, I., Nanlohy, F. N., & Manampiring, N. 2022. Penerapan Model SM2CL untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Pentagon Journal of Science Education, 7(2):123–133. https://journal.arimsi.or.id/index.php/Pentagon/article/view/394

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen