Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament

Improving Collaboration Skills and Learning Outcomes Using Teams Games Tournament Learning Models

Authors

  • Chrismonika Ayu Wulandari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Rita Rahmaniati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Nurul Hikmah Kartini Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.2331

Keywords:

Keterampilan Kolaborasi, Hasil Belajar Tematik, model pembelajaran Teams Games Tournamen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik kelas V/B SDN 4 Pahandut Palangaka Raya Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament, (2) Mendeskripsikan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas V/B SDN 4 Pahandut Palangka Raya dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament, (3) Meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V/B SDN 4 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament.

Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V/B SDN 4 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 14 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model Teams Games Tournamen pada kelas V/B SDN 4 Pahandut mencapai kriteria baik. (2) Keterampilan kolaborasi peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournamen meningkat dan mencapai kriteria sangat tinggi. (3) Ada peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Teams Games Tournamen pada kelas V/B SDN 4 Pahandut.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Chrismonika Ayu Wulandari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Rita Rahmaniati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Nurul Hikmah Kartini, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Anantyarta, P., & Sari, R. L. 2017. Keterampilan Kolaboratif dan Metakognitif Melalui Multimedia Berbasis Means Ends Analysis. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 2(2):33-43.
Damayanti, S., & Apriyanto, M. T. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 235-244.
Diplan, & Setiawan, Andi. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Fathurrohman, M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Kadir, A., & Asrohah, H. 2015. Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Rajagrafaindo Persada.
Lubis, M. A., & Azizan, N. 2020. Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta: KENCANA.
Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat , 03 (01), 171-178.
Octavia, S. A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Prastowo, A. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.
Puspitasari, N. 2018. Peningkatan Collaboration Skill Siswa Sebagai Kecakapan Abad 21 Melalui Pembelajaran Model Cooperative Learning Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) Mata Pelajaran IPA di SD Negeri KOTAGEDE 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 38 Tahun ke-7, 3767-3780.
Rahmaniati, R., Aslamiyah, J., & Lastaria, L. 2019. Penerapan Model Pembelajaran TAI Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika peserta Didik kelas IV MIN-2 Kota Palangkaraya. Jurnal Hadratul Madaniyah, 6(2):29-34.
Redhana, I. W. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1):2239-2253.
Rohmah, E. A., & Wahyudin. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Game Online Terhadap Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Siswa. Edu Humaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2):126-143.
Setiawan, Redno & Iin Nurbudiyani. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas XI IIS SMA Negeri 2 Palangka Raya. Jurnal Neraca 3(1):45-51.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sofyana, Anisa & Sonedi. 2020. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Penunjang Kegiatan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X IIS pada SMAN-3 Palangka Raya. Jurnal Neraca 3(1):1-6.
Sinar. 2018. Metode Active Learning. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Yantol, R., Diplan, D., & Kartini, N. H. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa dengan Model Pembelajaran Scramble-Media Visual Peserta Didik Kelas IV SDN 4 Panarung Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Hadratul Madaniyah, 5(1):27-31.
Yudianto, W. D., Sumardi, K., & Berman, E. T. 2014. Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2).

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Ayu Wulandari, C., Rahmaniati, R., & Hikmah Kartini, N. (2021). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament: Improving Collaboration Skills and Learning Outcomes Using Teams Games Tournament Learning Models. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 1–11. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.2331