Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament
Improving Collaboration Skills and Learning Outcomes Using Teams Games Tournament Learning Models
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.2331Keywords:
Keterampilan Kolaborasi, Hasil Belajar Tematik, model pembelajaran Teams Games TournamenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik kelas V/B SDN 4 Pahandut Palangaka Raya Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament, (2) Mendeskripsikan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas V/B SDN 4 Pahandut Palangka Raya dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament, (3) Meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V/B SDN 4 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament.
Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V/B SDN 4 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 14 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model Teams Games Tournamen pada kelas V/B SDN 4 Pahandut mencapai kriteria baik. (2) Keterampilan kolaborasi peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournamen meningkat dan mencapai kriteria sangat tinggi. (3) Ada peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Teams Games Tournamen pada kelas V/B SDN 4 Pahandut.
Downloads
References
Damayanti, S., & Apriyanto, M. T. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 235-244.
Diplan, & Setiawan, Andi. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Fathurrohman, M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Kadir, A., & Asrohah, H. 2015. Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Rajagrafaindo Persada.
Lubis, M. A., & Azizan, N. 2020. Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta: KENCANA.
Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat , 03 (01), 171-178.
Octavia, S. A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Prastowo, A. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.
Puspitasari, N. 2018. Peningkatan Collaboration Skill Siswa Sebagai Kecakapan Abad 21 Melalui Pembelajaran Model Cooperative Learning Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) Mata Pelajaran IPA di SD Negeri KOTAGEDE 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 38 Tahun ke-7, 3767-3780.
Rahmaniati, R., Aslamiyah, J., & Lastaria, L. 2019. Penerapan Model Pembelajaran TAI Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika peserta Didik kelas IV MIN-2 Kota Palangkaraya. Jurnal Hadratul Madaniyah, 6(2):29-34.
Redhana, I. W. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1):2239-2253.
Rohmah, E. A., & Wahyudin. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Game Online Terhadap Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Siswa. Edu Humaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2):126-143.
Setiawan, Redno & Iin Nurbudiyani. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas XI IIS SMA Negeri 2 Palangka Raya. Jurnal Neraca 3(1):45-51.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sofyana, Anisa & Sonedi. 2020. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Penunjang Kegiatan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X IIS pada SMAN-3 Palangka Raya. Jurnal Neraca 3(1):1-6.
Sinar. 2018. Metode Active Learning. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Yantol, R., Diplan, D., & Kartini, N. H. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa dengan Model Pembelajaran Scramble-Media Visual Peserta Didik Kelas IV SDN 4 Panarung Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Hadratul Madaniyah, 5(1):27-31.
Yudianto, W. D., Sumardi, K., & Berman, E. T. 2014. Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License