Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Model Role Playing Berbantuan Media Papan Flanel Pada Peserta Didik Kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Article Content

Muhammad Jailani
Siti Aminah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:  1) Untuk mendeskripsikan aktifitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan model role playing berbantuan media papan flanel pada kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan model role playing berbantuan media papan flanel pada kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya berjumlah 26 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) keaktifan belajar IPS peserta didik kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya meningkat dengan rata-rata 3,43 yang termasuk kriteria baik. 2) hasil belajar peserta didik kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya meningkat dari hasil pre test rata-rata nilai 62,11 dengan ketuntasan klasikal 46,15% , sedangkan hasil post test siklus I rata-rata nilai 76,53 dengan ketuntasan klasikal 100%.

Downloads

Article Details

How to Cite
Jailani, M., & Aminah, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Model Role Playing Berbantuan Media Papan Flanel Pada Peserta Didik Kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(1), 24–30. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i1.723
Section
Articles
Author Biographies

Muhammad Jailani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Siti Aminah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Kustandi, Cecep. Bambang, Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia
Kunandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Mertler, Craig A. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.
Sangadji, Etta Mamang. Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Siregar, Eveline. Hartini, Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia