Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha

Authors

  • Muhammad Jailani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.835

Keywords:

mengetahui dan menganalisis hubungan, sosial ekonomi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi berwirausaha pada anak di SMK Muhammadiyah 1 Sampit. Dengan populasi sebanyak 60 orang, digunakan teknik Simple Random Sampling untuk mendapatkan sampel sebanyak 51 orang. Diketahui bahwa sosial ekonomi orang tua signifikan dengan nilai F (1,49) = 5,799, R= 0,325 (p<0,05). Berdasarkan nilai R-sq dapat diketahui bahwa motivasi berwirausaha siswa dipengaruhi oleh sosial ekonomi orang tua yaitu sebesar 32,5 (33%).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Jailani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Amalia, R. 2011. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pekerja untuk berwirausaha di Kota Pekanbaru (analisis pendekatan etnis). Tesis. Sekolah Pascasarjana, Universitas Andalas. Padang, Indonesia.
Benzing, C., Chu, H. M., Kara, O. 2009. Entrepreneurs in Turkey: a factor analysis of motivation, success factors, and problems. Journal of Small Business Management, 47(1),58-91
Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Eko S Wensislaus. 2008. Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Faktor Lingkungan Belajar dan Prestasi Belajar Dengan Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma. Yogyakarya. Dipublikasikan.
Goldsmith, E. B. 2010. Resource management for individuals and families. New Jersey, GD: Person Education, Inc.
Narwoko, J. dan. dan Suyanto Bagong. 2004. Sosiologi: Teks Pengantar dan Terapan. Kencana: Jakarta.
Perren, L. (1999). Factors in the growth of micro-entreprises: developing a framework. Journal of Small Business and Enterprise Development, 6(4), 366385.
Soerjono. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: CV. Rajawali.
Stefanovic, I., Prokic, S., Rankovic, L. 2010. Motivational and succes factors of entrepreneur: The evidence a developing country. Zb. Rad. Ekon. Fak. Rij, 28(2), 251-269.
Thohir Muhammad, Soesatyo Yoyok, Harti. 2016. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Literasi Ekonomi Dan Percaya Diri Terhadap Minat Wirausaha Siswa Smp Negeri Di Kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol. 4. No. 2, Tahun 2016. Hal 149-163.
Toledo, L. A., Diaz, P. R., Jimenez, C. J. C., Sanchez, M. P. S. 2012. Defining success in subsistence businesses. Journal of Bussiness Reserch, 65, 16581664.
Wahyudin, Agus, Dr. M.Si. 2015. Metodologi Penelitian, Penelitian Bisnis & Pendidikan. Edisi 1. UNNES Press. Semarang.
Wulandari Retno. 2013. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Artikel Penelitian. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjung Pura.Pontianak.

Downloads

Published

2019-03-10

How to Cite

Jailani, M. (2019). Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1), 35–42. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.835