Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Dan Media Kartu Tebak Kata Pada Peserta Didik di SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas Tahun Ajaran 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v12i2.853Keywords:
Hasil Belajar, IPS, Metode Pemberian TugasAbstract
Upaya meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pemberian tugas dan media tebak kata pada peserta didik di SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas tahun ajaran 2016/2017. Skripsi. Palangkaraya: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui aktivitas belajar IPS dengan menggunakan metode Pemberian tugas pada peserta didik kelas V SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas tahun pelajaran 2016/2017, 2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode Pemberian Tugas pada peserta didik kelas V SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas tahun pelajaran 2016/2017.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian sebanyak 20 orang peserta didik terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Aktivitas belajar IPS dengan menggunakan metode Pemberian tugas pada peserta didik kelas V SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas tahun pelajaran 2016/2017 baik. Aktivitas peserta didik pada siklus I yang menggunakan metode Pemberian Tugasrata-rata 3,0 cukup baik dan pada siklus II rata-rata 3,7 baik. 2) Ada peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode Pemberian tugas pada peserta didik kelas VSDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas tahun pelajaran 2016/20/17. Hasil belajar IPS pada siklus I diperoleh rata-rata 63,25 dan ketuntasan 60 % dan pada siklus II diperoleh rata-rata 70 dan ketuntasan 100%.
Downloads
References
Hasbullah, (2006), Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai. Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajawali Press.
Nasution, 2004. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Sapriya, 2009. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana,Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sudjana dan Rifai, 2002, Media Pembelajaran, Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License